Sukses

Hasil PLN Mobile Proliga 2023: Kalahkan Jakarta Pertamina Fastron, Bandung BJB Tandamata Pertahankan Gelar Juara

Bandung bjb Tandamata mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron 3-2 pada laga grand final PLN Mobile Proliga 2023. Tim asuhan Alim Suseno ini sukses mempertahankan gelar juara.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bandung bjb Tandamata sukses mempertahankan gelar juara PLN Mobile Proliga 2023. Ini setelah pada laga grand final mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron 3-2 (27-25, 25-22, 24-26, 20-25, 15-8) di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (18/3) malam.

Ini merupakan gelar juara Proliga keempat yang dimenangkan oleh Bandung bjb Tandamata. Tiga gelar juara lainnya diraih pada 2003 dan 2006 saat memakai nama Bandung Art Deco Bank Jabar serta 2022.

Melawan Jakarta Pertamina Fastron di grand final Proliga 2023, Bandung bjb Tandamata tertinggal jauh pada set pertama 17-23. Namun, Wilda Siti Nurfadilah Sugandi dan kolega dapat menyamakan skor dan berbalik unggul untuk memenangkan set ini.

Menang di set pertama, Bandung bjb Tandamata tampil lebih percaya diri pada set kedua. Mereka selalu unggul dalam perolehan poin untuk kembali mengungguli Jakarta Pertamina Fastron.

Tertinggal 2-0, pelatih Jakarta Pertamina Fastron Eko Waluyo mengambil keputusan berani. Ajeng Viona Adelea dimainkan dengan mencadangkan pemain asing Marija Zelenovic.

Masuknya Ajeng menambah daya serang Jakarta Pertamina Fastron. Meski sempat kurang fokus di poin kritis, Megawati Hangestri dan kawan-kawan mampu merebut set keempat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antiklimaks di Set Kelima

Kemenangan di set ketiga menambah semangat para pemain Jakarta Pertamina Fastron. Mereka tampil begitu lepas di set keempat sehingga selalu memimpin perolehan poin untuk menang 25-20.

Skor 2-2 membuat pertandingan dilanjutkan ke set kelima atau penentuan. Jakarta Pertamina Fastron memulai laga dengan baik dengan memimpin 3-1.

Tetapi, setelah itu Jakarta Pertamina Fastron justru tampil tertekan. Mereka kerap membuat kesalahan sendiri.

Selain itu, pemain asing Bandung bjb Tandamata Madeline Jazmin Guillen Paredes tampil memukau di set penentuan. Spike-spike keras pemain asing asal Republik Dominika ini sulit dibendung.

Bandung bjb Tandamata pun akhirnya menang 15-8 setelah spike Ceren Kapucu tak bisa dikembalikan pemain Jakarta Pertamina Fastron.

 

3 dari 3 halaman

Peringkat ketiga

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia finis di urutan ketiga PLN Mobile Proliga 2023. Kepastian itu didapat usai menumbangkan Jakarta BIN dengan skor 3-0 (27-25, 25-20, 25-18) di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu, 18 Maret.

Hasil ini bagi Gresik Petrokimia sebenarnya merupakan penurunan prestasi dari yang dicapai di Proliga musim lalu. Saat itu, tim asuhan Ayub Hidayat melalu ke grand final tapi kalah dari Bandung Bank bjb Tandamata.

"Syukur Alhamdulillah masih bisa meraih posisi ketiga," kata Ayub usai pertandingan memperebutkan posisi ketiga PLN Mobile Proliga 2023.

Menurut Ayub, hasil tersebut bisa menjadi sedikit pengobat kecewa untuk timnya setelah gagal lolos ke grand final Proliga 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.