Sukses

Jadwal Drawing Babak 8 Besar Liga Champions 2022/2023: Potensi Derby Milan Terbuka Lebar

Liga Champions tinggal menyisakan delapan klub yang akan bertarung memperebutkan untuk memperebutkan tempat di semi final, termasuk sang juara bertahan Real Madrid.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Liga Champions 2022/2023 akan segera beranjak ke babak perempat final. Kini peserta hanya tersisa delapan tim setelah seluruh pertandingan babak 16 besar rampung digelar, Kamis (16/3/2023). 

Alhasil kompetisi ini tinggal menyisakan delapan klub yang akan bertarung memperebutkan untuk memperebutkan tempat di semi final, termasuk sang juara bertahan Real Madrid.

Dilansir dari situs resmi UEFA, drawing atau pengundian babak 8 besar Liga Champions akan digelar di kantor pusat UEFA di Nyon, Swiss pada Jumat (17/3/2023) pukul 12.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Proses pengundian akan disiarkan secara langsung melalui situs resmi UEFA.

Berbeda dengan aturan pengundian di babak sebelumnya, sekarang semua tim memiliki kemungkinan untuk bertemu. Pasalnya, kali ini tidak ada pembagian pot dan larangan bertemu bagi tim dari negara yang sama. Selain itu, tim yang sebelumnya berada dalam satu grup juga memungkinkan untuk dipertemukan.

Pengundian semi final juga akan dilakukan di waktu yang sama setelah babak 8 besar selesai diundi.

Adapun leg pertama babak 8 besar Liga Champions ini akan digelar pada 11-12 April. Kemudian akan dilanjutkan dengan leg kedua yang diadakan pada 18-19 April. Semi final sendiri baru diadakan sekitar sebulan setelahnya, yaitu pada 9-10 dan 16-17 Mei. Dan partai puncak dari ajang paling bergengsi di Eropa ini akan mengambil waktu pada 10 Juni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rivalitas yang Terbawa ke Eropa

Seperti dibahas sebelumnya, dalam pengundian babak 8 besar Liga Champions 2022/2023 tidak ada aturan yang melarang tim dari negara yang sama untuk saling berhadapan. Artinya, ada kemungkinan dua raksasa Italia AC Milan dan Inter Milan akan bertemu di kompetisi sepak bola paling tinggi di Eropa ini.

Di samping itu, musim ini adalah pertama kalinya Milan dan Inter sama-sama menembus 8 besar Liga Champions sejak terakhir melakukannya pada musim 2005/2006. Oleh karena itu, akan sangat menarik jika kedua rival dengan sejarah perseteruan yang panjang ini dipertemukan.

Baik The Rossoneri maupun I Nerazzurri sama-sama sedang dalam performa yang tidak konsisten. Milan meskipun pada musim lalu berhasil keluar sebagai juara Serie A, sepanjang musim ini terlihat cukup kesulitan untuk memberikan penampilan yang bagus dari minggu ke minggunya.

Serupa dengan rival sekotanya, tim asuhan Simone Inzaghi meski saat ini menduduki posisi kedua klasemen Serie A, mereka hanya berjarak satu poin dari Lazio di urutan kedua dan dua poin dari Milan yang ada di posisi ketiga. Dan terpaut 18 poin dari calon kuat juara liga musim ini, Napoli.

3 dari 3 halaman

Daftar Tim yang Lolos

Bayern Munchen (GER)

Benfica (POR)

Chelsea (ENG)

Inter (ITA)

Manchester City (ENG)

AC Milan (ITA)

Napoli (ITA)

Real Madrid (ESP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.