Sukses

Hasil BRI Liga 1 PSS Sleman vs Bhayangkara: Super Elang Jawa Kalah Lagi

PSS Sleman gagal mencuri poin penuh saat menjamu Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Senin (6/3/2023) sore WIB. Gol semata wayang Alex Ferreira membuat Super Elang Jawa terpaksa takluk dengan skor akhir 0-1.

Liputan6.com, Jakarta PSS Sleman gagal mencuri poin penuh saat menjamu Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Senin (6/3/2023) sore WIB.

Super Elang Jawa takluk 0-1 di hadapan pendukung sendiri setelah gol tunggal Alex Ferreira gagal diseimbangkan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

Hasil ini membuat PSS Sleman masih terkunci di ambang zona merah dengan torehan 28 poin dari 29 pertandingan. Sementara itu, Bhayangkara FC menduduki peringkat tujuh setelah mencatatkan kemenangan beruntun dalam empat laga terakhir.

Kedua tim kesulitan membongkar lini pertahanan masing-masing di awak babak pertama. Baik PSS Sleman maupun Bhayangkara belum mampu mencetak gol hingga pertandingan berjalan lebih dari 15 menit.

Super Elang Jawa sejatinya sempat beberapa kali memperoleh kesempatan lewat bola mati. Namun, tak ada satu pun di antaranya yang mampu dikonversi menjadi angka.

Memasuki menit ke-23, giliran The Guardian yang menebar ancaman. Matias Mier mencoba memanfaatkan peluang tendangan bebas untuk melepas tembakan ke arah gawang PSS Sleman.

Sayang, lesakannya tidak terlalu keras. Meski berhasil melewati pagar pemain Super Elang Jawa, bola yang dikirimnya mengarah langsung ke tubuh Muhammad Ridwan, sehingga mampu diamankan dengan baik.

PSS Sleman balas memperoleh ruang untuk mencetak gol melalui skema tendangan bebas di menit 35 usai Adam Najem dianggap melakukan pelanggaran. Namun sayang, kesempatan ini lagi-lagi tak mampu dimaksimalkan oleh Jonathan Cantillana.

Duo kesebelasan terus berupaya memecah kebuntuan. Peluang bagus kembali menghampiri tim tuan rumah di menit ke-40.

Irkham Mila berada di depan gawang dan bersiap memberi tandukan untuk menjebol jaring Awan Setho Raharjo. Malang, placing header-nya belum akurat sehingga gagal membuahkan gol perdana.

Ancaman demi ancaman coba dihadirkan Super Elang Jawa mendekati pengujung babak pertama. Haris Tuharea berhasil memperoleh ruang untuk melakukan shooting mendatar ke kubu pertahanan Bhayangkara FC.

Akan tetapi, Awan masih terlalu tangguh untuk dilewati. Upaya Tuharea mampu dibaca dengan baik. Alhasil skor sementara 0-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak kedua

Terror langsung dihadirkan PSS Sleman di awal babak kedua. Yevhen Bokhashvili mampu mendekati jaring Bhayangkara FC dan melakukan tendangan dari dalam kotak penalti. Keuntungan bagi tim tamu lantaran aksinya segera ditepis oleh Awan Setho.

Sani Rizki yang baru dimasukkan di menit 63 nyaris memberi angin segar buat The Guardian. Ia mengirim umpan akurat di menit 64, tetapi gagal dituntaskan oleh Alex. Heading yang dilakukannya tidak terarah, sehingga gagal bersarang di jaring PSS.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit 70. Bhayangkara FC mampu memanfaatkan celah di lini pertahanan Super Elang Jawa. Alex Ferreira mengantar bola menemui jaring Muhammad Ridwan sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan The Guardian.

PSS Sleman gantian berada di posisi tertekan. Belum ada gol penyeimbang yang mampu diciptakan hingga memasuki 10 menit akhir pertandingan waktu normal.

Di sisi lain, Bhayangkara FC mendadak dipaksa bermain dengan 10 penggawa. Nurhidayat yang baru masuk dan melakukan pelanggaran pertama diusir keluar lapangan setelah wasit menunjukkan kartu merah.

Super Elang Jawa nyaris berhasil menjawab tantangan Bhayangkara di menit 88. Ia sempat menjebol jaring The Guardian, tetapi golnya dianulir lantaran tangannya dianggap sudah berada dalam posisi offside.

Nasib serupa dialami oleh Bhayangkara FC. Matias Mier menjebol jaring PSS Sleman di masa injury time. Malang, golnya tidak dihitung akibat dalam hand ball dalam proses penciptaan.

Tak ada gol baru yang dapat diciptakan hingga memasuki pengujung babak kedua. Tambahan waktu lima menit pun tak cukup bagi PSS Sleman untuk mengikis ketertinggalan. Skor 1-0 bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

PSS Sleman: Muhammad Ridwan; Ibrahim Sanjaya, Ifan Nanda Pratama, Bagus Nirwanto, Kevin Gomes de Oliveira; Jonathan Cantillana, Jihad Ayoub, Todd Rivaldo Ferre; Irkham Zahrul Mila, Yevhen Bokhashvili, Haris Tuharea

Bhayangkara FC: Awan Setho Raharjo; Muhammad Rochman, Anderson Salles, Aji Joko Sutopo, Ruben Sanadi; Adam Najem, Wahyu Subo Seto, Ripal Wahyudi; Matias Mier; Alex, Dendy Sulistyawan

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.