Sukses

Bikin Blunder Melawan Arsenal, Emiliano Martinez Minta Dijual ke Klub Liga Champions

Sempat bikin kesalahan fatal saat menjamu Arsenal, Emiliano Martinez kabarnya telah mengutarakan niat untuk berpisah dengan Aston Villa demi mewujudkan ambisinya meraih gelar dalam kompetisi Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Aston Villa bakal bersiap mendengar tawaran dari klub lain untuk kipernya, Emiliano Martinez. Rekan setim Lionel Messi di Timnas Argentina itu telah mengutarakan niatnya untuk berpisah dari The Villa demi bergabung dengan tim Liga Champions.

Sekadar informasi, penjaga gawang berusia 30 tahun pertama kali hijrah ke Aston Villa pada 2020. Kala itu, transfernya dari Arsenal cuma dihargai 16 juta poundsterling.

Perlahan tapi pasti, Martinez mampu berkembang dan membuktikan kemampuannya sebagai salah satu kiper papan atas. Puncaknya terjadi saat pesepak bola asal Argentina mengantar negaranya keluar sebagai kampiun Piala Dunia 2022.

Malang, reputasi Emiliano Martinez sedikit tercoreng pada akhir pekan lalu. Dua blunder konyol yang dilakukannya membuat Aston Villa terpaksa tunduk 2-4 saat menjamu Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris, Sabtu (18/2/2023).

Martinez tercatat melesakkan gol bunuh diri pada menit 90+3. Berawal dari tembakan Jorginho, bola membentur mistar gawang dan mengenai punggung kiper Tim Tango, sebelum akhirnya bersarang di gawang The Villa.

Kesalahan fatal kedua kembali terjadi pada pengujung injury time. Martinez meninggalkan jaringnya yang berbuntut petaka bagi kubu tuan rumah.

Arsenal dengan leluasa mencetak gol melalui Gabriel Martinelli. Catatan tersebut akhirnya membalikkan situasi kedua kesebelasan sekaligus mengantar The Gunners memetik kemenangan atas Aston Villa dengan skor akhir 4-2.

Pelatih The Villa Unai Emery langsung angkat bicara mengomentari kegagalan timnya di kandang sendiri. Ia mengaku sangat kecewa dan malu kala menyaksikan proses terciptanya gol terakhir Arsenal ke gawang tuan rumah.

“Hari ini, saya sangat kecewa. Saya malu dengan gol terakhir. Saya tidak pernah meminta penjaga gawang saya untuk maju ke depan (meninggalkan gawang),” ujarnya kepada BBC Sport’s Match of The Day, seperti dilansir dari Eurosport.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Hengkang

Pasca membuat kesalahan tersebut, Emiliano Martinez kabarnya masuk dalam daftar jual Aston Villa. Klub besutan Unai Emery berencana mengincar harga tinggi dari klub yang meminati jasa kiper pemenang Piala Dunia tersebut.

Martinez sendiri memang sudah lama dikabarkan ingin hengkang dari Villa Park. Ia punya ambisi besar untuk memenangkan Liga Champions.

Cita-cita tersebut nampaknya tak bisa diwujudkan oleh Aston Villa dalam waktu dekat. Pasalnya, mereka saat ini hanya mampu bertengger di peringkat 11 klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 28 poin dari 23 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Calon Klub Baru

Sejumlah klub digadang-gadang berpotensi menyewa jasa penjaga gawang berusia 30 tahun tersebut. Manchester United (MU), Chelsea, dan Tottenham Hotspur kemungkinan bakal berada di bursa transfer demi berburu kiper anyar.

Seperti diketahui, masa depan David De Gea hingga kini masih abu-abu. Ia kemungkinan harus menerima pemotongan gaji jika masih ingin melanjutkan karier di Old Trafford.

Kepa Arrizabalaga dan Edouard Mendy cenderung kurang konsisten bersama Chelsea. Sementara itu, laporan Daily Mail mengeklaim kekuatan Hugo Lloris sedikit demi sedikit mulai memudar di Tottenham.

4 dari 4 halaman

Win-win Solution

Kepergian Emiliano Martinez dari Aston Villa bisa dianggap sebagai win-win solution bagi pihak klub. Pasalnya, dengan menjual pemain Timnas Argentina, Unai Emery jadi punya suntikan dana untuk menyegarkan skuadnya dalam bursa transfer musim panas.

Dilansir dari Daily Mail, The Villa tercatat nyaris tak pernah menggelontorkan dana besar untuk transfer pemain sejak mendapat promosi ke Premier League pada 2019. Penjualan Martinez pun menjadi langkah awal bagi Aston Villa untuk mulai bertindak agresif di jendela transfer demi memperbaiki komposisi timnya.

Walau begitu, pihak klub menegaskan bahwa sikap terhadap Martinez saat ini sama sekali tak berkaitan dengan blundernya di laga melawan Arsenal. Sebaliknya, keputusan menjual Martinez diambil The Villa dengan pertimbangan tujuan jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.