Sukses

Shin Tae-yong Ragu Marselino Ferdinan Bisa Tampil di Piala Asia U-20 2023

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ragu Marselino Ferdinan bisa ikut membela Timnas Indonesia dalam kompetisi Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meragukan partisipasi Marselino Ferdinan dalam kompetisi Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Pasalnya, pemain berusia 18 tahun itu hingga kinibelum kunjung bergabung dengan rekan-rekannya di Tanah Air.

Padahal timnas U-20 dijadwalkan mentas di turnamen tersebut mulai 1 Maret mendatang.

Seperti diketahui, Marselino Ferdinan tengah melanjutkan karier di Belgia. Ia baru saja bergabung dengan klub Liga 2 KMSK Deinze.

PSSI sejatinya sudah lama dikabarkan menjalin komunikasi dengan tim anyar Marselino. Namun, eks Persebaya Surabaya itu belum dilepas ke Timnas Indonesia U-20.

Shin Tae-yong mengaku dirinya belum memiliki update terkait kondisi Marselino. Ia juga tak tahu-menahu apakah sang penggawa bisa turut memperkuat Garuda Nusantara di kompetisi sepak bola level Asia.

Walau begitu, juru taktik asal Korea Selatan berharap pihaknya masih punya kesempatan untuk memboyong Marselino ke Uzbekistan. 

"Belum ada update apa-apa (soal Marselino), jadi sedang koordinasi dengan klubnya," ujar Shin Tae-yong saat ditemui pasca memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A GBK, Senayan, Sabtu (18/2/2023).

"Ya, memang belum tahu (apakah) Marselino bisa dibawa ke Piala Asia atau tidak, tetapi semoga bisa dibawa ke Piala Asia," katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ronaldo Kwateh

Marselino Ferdinan bukan satu-satunya pemain yang terlambat bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 akibat tengah berada di luar negeri.

Ronaldo Kwateh juga sempat mengalami nasib serupa, sebelum akhirnya menampakkan diri saat Garuda Nusantara meladeni perlawanan Fiji dalam laga uji coba internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (17/2/2023).

Shin Tae-yong mengklaim pihaknya telah memutuskan untuk tidak menggunakan jasa Ronaldo di sisa turnamen mini melawan Selandia Baru dan Guatemala. Menurutnya pemain berusia 18 tahun tersebut masih kekurangan porsi latihan.

"Tadi (saya) sudah cek kondisinya Ronaldo seperti apa, dan setelah dicek memang kurang, ya, porsi latihan selama di Turki," tutur Shin Tae-yong selepas memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A, SUGBK, Jakarta pada Sabtu (18/2/2023).

"Jadi, untuk turnamen friendly match kali ini ya mungkin tidak akan dimainkan. (Ronaldo) pastinya akan dipersiapkan untuk Piala Asia," sambungnya kepada awak media.

3 dari 3 halaman

Persiapan Piala Asia

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-20 saat ini tengah menjalani rangkaian persiapan menuju Piala Asia U-20 2023. Hugo Samir dan kawan-kawan telah digembleng agenda super padat sejak dipanggil ke pemusatan latihan pada 1 Februari lalu.

Turnamen mini kali ini pun menjadi sarana uji coba bagi Timnas Indonesia U-20 sebelum mentas di kompetisi sepak bola level Asia.

Terdapat sisa dua laga yang harus dilakoni Garuda Nusantara di turnamen mini usai menang atas Fiji. Anak-anak asuh Shin Tae-yong diharuskan meladeni perlawanan Selandia Baru dan Guatemala, masing-masing pada 19 dan 21 Februari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.