Sukses

Jelang Turnamen Mini Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan Diminta Cepat Kembali ke Tanah Air

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyarankan Marselino Ferdinan untuk segera kembali ke Tanah Air jelang dihelatnya mini tournament sebagai persiapan menyambut kompetisi Piala Asia U-20 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-20 bakal menjalani mini tournament yang dijadwalkan berlangsung pada 17, 19, dan 21 Februari mendatang. Ajang ini menjadi laga uji coba Garuda Nusantara sebelum mentas di Piala Asia U-20 2023.

Terdapat tiga negara yang dikonfirmasi bakal menjadi lawan anak-anak asuh Shin Tae-yong dalam perhelatan kali ini. Mereka adalah Fiji, Guatemala, dan Selandia Baru. Ketiganya pun sudah lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Sayang hingga kini, komposisi skuad Garuda Nusantara belum lengkap. Marselino Ferdinan masih bersama klubnya di Belgia. Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengeklaim federasi telah berupaya mengirim surat kepada KMSK Deinze, tetapi belum direspons.

Mantan pelatih Timnas Indonesia itu pun berharap eks pemain Persebaya Surabaya dapat segera bergabung dengan rekan-rekannya di Tanah Air, mengingat mini tournament dan kompetisi Piala Asia akan dimulai dalam hitungan hari.

“Jadi kan kalau dulu, kita ingin anak-anak kita main di Eropa. Sekarang sudah main di Eropa, kita ingin dia kembali cepat-cepat ke Tanah Air,” tuturnya saat ditemui di sela-sela FGD Penyempurnaan Inpres No 3 Tahun 2019 pada Senin (13/2/2023).

“Kalau dari sisi kita, timnas, kadang-kadang mereka memang butuh bareng-bareng. Karena siapa yang bisa jamin Marselino benar-benar (dapat menit) main di situ (di klub barunya)? Kan jadi menurun performanya (jika tidak main).”

“Walaupun latihannya bagus, tetapi kalau tidak ada main kan susah juga. Jadi kita berharap (mereka bisa kembali). PSSI bersurat ke klubnya, tetapi klubnya belum balas,” pungkas Indra Sjafri kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Satu-satunya

Marselino Ferdinan bukanlah satu-satunya penggawa yang masih tertahan di luar negeri. Ronaldo Kwateh hingga kini juga tak kunjung bergabung dengan skuad Garuda Nusantara lantaran tengah berada di Turki.

Menurut Indra Sjafri, Shin Tae-yong sejatinya sudah mengharapkan kehadiran mereka sejak hari pertama dimulainya pemusatan latihan (TC). Akan tetapi, sangat disayangkan, duo bintang Timnas Indonesia justru terlambat 13 hari dari jadwal.

“(Menurut) Coach Shin harusnya dari tanggal satu kemarin (mereka) sudah bareng (Timnas Indonesia). Coach Shin inginnya (begitu). Ini sudah terlambat 13 hari. Saya paham banget kesulitan Coach Shin. Sebagai pelatih, (dia) sudah pusing lah pasti,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Tentang Turnamen Mini

Sekadar informasi, turnamen mini Timnas Indonesia memang menjadi salah satu agenda penting jelang pelaksanaan Piala Asia U-20 di Uzbekistan.

Indra Sjafri menjelaskan, perhelatan tersebut merupakan rikues langsung dari pelatih Shin Tae-yong yang ingin menyaksikan anak-anak asuhnya tampil dalam laga uji coba sebelum melakoni turnamen sepak bola bergengsi level Asia.

“Kita memberikan supporting kepada Coach Shin untuk road map-nya dia, bahwa dia ingin ada uji coba tiga kali sebelum memasuki AFC itu,” beber Indra Sjafri pada Senin (13/2/2023).

“Saya sebagai (bagian dari) PSSI menyiapkan. Kan orang juga (pernah) bilang kenapa kok tidak ada uji coba, kali ini kita sudah pastikan ada uji coba tiga kali,” ujarnya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.