Sukses

Erik Ten Hag Terima Kabar Buruk Jelang Barcelona vs MU

Tiga pemain andalan Ten Hag diragukan tampil saat MU menghadapi Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta - Erik Ten Hag mendapat kabar buruk sebelum Manchester United (MU) menghadapi Barcelona pada leg pertama play-off Liga Europa 2022/2023 di Camp Nou, Jumat (17/2/2023) dini hari WIB.

MU bakal pincang di kandang Barca. Pasalnya, ada tiga pemain penting yang diragukan tampil pada laga tersebut. Mereka adalah Antony, Anthony Martial, dan Scott McTominay.

Ketiga pemain ini cedera saat MU bermain imbang 2-2 lawan Leeds United pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Ellan Road, akhir pekan lalu.

Ten Hag menyatakan masih mengamati perkembangan kondisi tiga pemain ini. Setidaknya sampai laga terdekat yakni menghadapi Leeds, Minggu (12/2/2023). Jika masih absen, kemungkinan besar mereka juga menghilang di partai melawan Barca.

"Saya tidak berharap [Antony, Martial, dan McTominay bisa dimainkan]. Tapi, kami masih memiliki kesempatan beberapa hari untuk mengawasi perkembangan mereka," kata Ten Hag dikutip Sport Bible.

"Lawan Barcelona? Saya rasa jawabannya sama. Saya tidak bisa mengatakan kami dalam kondisi 100 persen, tapi saya tidak mengharapkan kehadiran mereka," sambung Ten Hag.

Martial menderita cedera pinggul. Selama musim 2022/2023 ini, pemain asal Prancis itu hanya bermain sembilan kali di Premier League. Padahal dia memainkan peran penting skuad tim Erik ten Hag di beberapa laga.

Antony mengalami masalah di kaki saat MU meraih kemenangan 2-1 atas Crystal Palace. Sementara McTominay absen selama tiga laga terakhir karena cedera yang tidak diumumkan.

Sebelumnya, Christian Eriksen dipastikan absen hingga April karena cedera pergelangan kaki. Yang terparah, gelandang asal Belanda Donny van de Beek harus absen hingga akhir musim karena cedera lutut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcelona Juga Bermasalah

Barcelona juga bukan tanpa masalah pada laga melawan MU. Pasalnya, mereka dikabarkan tidak akan diperkuat oleh sang kapten, Sergio Busquets.

Dia saat ini dalam proses pemulihan cedera. Pergelangan kakinya bermasalah. Ia terkapar sat memperkuat Blaugrana menghadapi Sevilla beberapa hari lalu.

Busquets pada awalnya diprediksi bakal pulih lebih cepat lantaran menggunakan obat penghilang rasa sakit. Namun, hal itu memperburuk keadaan. Alhasil pemulihan sang kapten melalui proses normal. Ia absen minimal selama 15 hari.

Total Busquets hanya jadi penonton dalam tiga pertandingan. Bukan hanya ketika melawan United. Saat Blaugrana jumpa Villarreal dan Cadiz, ia belum bisa membantu rekan-rekannya.

3 dari 4 halaman

Ten Hag Dilema

Selain harus memikirkan pemainnya yang absen, Ten Hag juga dikabarkan sedang pusing dengan status Mason Greenwood. Pemain muda itu sudah dibebaskan oleh kejaksaan dari dakwaan melakukan penganiayaan dan pelecehan seksual terhadap kekasihnya.

Ten Hag pusing karena pemain MU lainnya menolak Greenwood untuk kembali di musim 2022/2023. Penggawa MU khawatir performa bagus MU musim ini akan rusak dengan kembalinya Greenwood di tengah jalan.

Greenwood diminta menunggu sampai musim depan. Penolakan keras juga muncul dari tim wanita MU. Mereka merasa sangat tidak nyaman dengan kemungkinan Greenwood kembali ke Old Trafford meski dakwaan sudah dibatalkan.

Fans wanita MU sendiri juga tegas menolak Greenwood kembali memperkuat klub milik keluarga Glazer tersebut.

4 dari 4 halaman

Tambahan Kekuatan

Situasi ini jadi dilema besar bagi Ten Hag. Padahal Greenwood akan jadi tambahan yang bagus bagi skuad MU. Setan Merah butuh penyerang tambahan karena cuma mendatangkan Wout Weghorst di Januari 2023. Sedangkan Martial terus diganggu cedera.

Ten Hag sendiri dilaporkan sudah berbicara langsung dengan Greenwood melalui telepon tak lama setelah keluar keputusan pengadilan. Ten Hag menanyakan kondisi fisik dan mental sang pemain. Greenwood senang dengan perhatian Ten Hag ini.

Namun dalam telepon tersebut, Ten Hag belum bisa memastikan apakah Greenwood bisa kembali ke tim atau tidak. Ten Hag menyatakan sepenuhnya akan mengikuti keputusan yang dibuat MU.

MU sendiri masih belum mengambil keputusan atas putusan pengadilan. Mereka akan mempelajari lebih lanjut sebelum memutuskan apakah Greenwood dapat kembali ke tim utama atau tidak sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.