Sukses

Intip Persiapan Pelari Indonesia Menghadapi Tokyo Marathon 2023

Pelari Indonesia banyak yang akan ikut serta di ajang Tokyo Marathon 2023 yang berlangsung 5 Maret nanti.

Liputan6.com, Jakarta- Ajang lomba lari Tokyo Marathon 2023 akan diikuti banyak pelari dari Indonesia. Jumlahnya mencapai 120 orang. Persiapan matang terus dilakukan agar meraih hasil maksimal pada lomba yang rencananya berlangsung 5 Maret nanti.

Pelari Indonesia yang sudah pasti akan ikut Tokyo Marathon 2023 antara lain Rahardi Marsito dan Devi Ardian. Keduaya merupakan Running Lead ARC (Asics Running Club) Indonesia.

Rahardi dan Devi sudah menggeber latihan sejak akhir tahun 2022 lalu. Mereka tak ingin tampil mengecewakan selama Tokyo Marathon 2023.

"Full Marathon di Tokyo nanti merupakan race perdana untuk saya di jarak tersebut (Virgin FM). Awalnya sangat menantang bagi saya, karena baru saja Virgin HM di September 2022 lalu. Namun setelah memasuki minggu ke-9 program latihan FM ARC Indonesia dengan bimbingan dan arahan Coach Andriyanto, dan juga didukung oleh Asics Running gear yang tepat, saya merasakan progress yang sangat signifikan," tutur Rahardi.

Sedangkan Devi sendiri mengaku persiapannya belum 100 persen. Namun yakin akan bisa mencapainya dalam kurun waktu sebulan ke depan.

"Tokyo Marathon 2023 merupakan Full Marathon kedua saya, setelah Virgin Full Marathon di Jakarta Marathon 2022 kemarin. Saat ini, persiapan latihan sudah 65% dan menuju minggu 9," terang Devi kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Andalan di Tokyo

Di Tokyo Marathon 2023, Devi dan Rahardi akan memakai 'senjata' baru berupa sepatu anyar dari Asics, Gel-Nimbus 25. Keduanya sudah beradaptasi dengan sepatu anyar ini sejak Desember 2022.

"Saya mulai berlatih dengan Nimbus 25 di Desember 2022 (prototype putih), dan merasa sangat nyaman dengan fitting dan feel selama lari. Karena latihan FM banyak menuntut weekly mileage yang lebih tinggi, jadi tiap berlari seringnya jarak selalu diatas 10K. Bahkan untuk Long Run selalu diatas 15K, dengan peak hingga 32K," ujar Rahardi.

"Nimbus 25 memberikan saya rasa aman dan nyaman. Saya akan menggunakan Nimbus 25 ini di Virgin FM Tokyo Marathon nanti karena selain memberikan kenyamanan terbaik dan sudah teruji, saya sendiri juga merasa lebih aman karena belum pernah berlari jarak marathon sebelumnya."

3 dari 3 halaman

Kekuatan Berlari

Bila selama latihan sebelumnya masih memakai sepatu prototype, Rahardi dan Devi sudah bisa memakai model resmi saat Tokyo Marathon 2023. Pasalnya sepatu tersebut telah resmi diluncurkan mulai 1 Februari 2023.

Gel-Nimbus 25 sendiri memang dirancang berdasarkan riset untuk membantu penggunanya merasakan kekuatan berlari yang membangkitkan semangat pada tubuh dan pikiran.

“Kenyamanan adalah faktor persepsi yang bukan merupakan variabel biomekanik dan tidak sama untuk setiap individu. Namun, hasil penelitian konklusif ini menunjukkan bahwa Gel Nimbus 25 secara statistik adalah sepatu lari paling nyaman yang telah diuji," ujar Dr. Chris Bishop PhD., ahli penyakit kaki dan peneliti di Universitas di Australia Selatan di The Biomechanics Lab.

Analisis statistik independen dari hasil menggunakan tiga model pengukuran yang berbeda dilakukan tersebut menghasilkan secara jelas bahwa Gel-Nimbus yang dinilai sebagai sepatu dengan tingkat kenyamanan nomor satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.