Sukses

Hasil BRI Liga 1: Persija Hajar RANS Nusantara, Persebaya Taklukkan Borneo

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta dan Persebaya sukses memetik poin penuh dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 pada Jumat (3/2/2023). Macan Kemayoran berjaya 3-1 atas RANS Nusantara FC, sedangkan Bajul Ijo sukses menaklukkan Borneo dengan 3-2.

Hasil ini mengantar Persija naik sementara ke puncak klasemen dengan torehan 44 poin dari 22 pertandingan. Adapun Persebaya Surabaya juga berhasil menempel Bali United di urutan ketujuh setelah mengoleksi 34 angka dalam 21 laga.

RANS Nusantara memberi cukup banyak tekanan di menit-menit awal. Namun, The Prestige Phoenix belum mampu mencetak angka pembuka hingga pertandingan memasuki menit ke-7.

Persija Jakarta juga masih buntu di permulaan babak pertama. Macan Kemayoran mencoba mengais ruang untuk membongkar lini pertahanan tim tamu, tetapi belum ada kesempatan bagus yang didapat oleh anak-anak asuh Thomas Doll.

Persija akhirnya memperoleh peluang di menit 10. Aji Kusuma mencoba melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti. Malang, aksi ini gagal membuahkan angka. Si kulit bundar yang dikirimnya melambung di atas mistar gawang.

Macan Kemayoran belum jemu-jemu menggempur area pertahanan RANS Nusantara. Di menit 15, Firza Andika mampu mendekati jaring The Prestige Phoenix. Ia menggulirkan bola dari sisi kanan gawang, tetapi langsung diamankan oleh Wawan Hendrawan.

Kesempatan emas kembali didapat oleh tim tuan rumah tak lama berselang. Aji lagi-lagi menebar ancaman dengan mengirim umpan cantik ke arah Riko Simanjuntak. Akan tetapi, bola yang dieksekusi Riko lagi-lagi masih melambung.

Memasuki menit 24, giliran Yusuf Helal yang mencoba peruntungan. Ia melepaskan tembakan ke arah gawang RANS Nusantara, tetapi segera dimentahkan oleh Wawan. Bola rebound yang tercipta dari aksi tersebut pun gagal dimanfaatkan dengan baik.

Persija Jakarta baru bisa memecah kebuntuan di menit 27. Mereka mendapat hadiah tendangan penalti yang dieksekusi oleh Yusuf Helal.

Pemain berusia 29 tahun melepaskan tendangan keras yang menyasar sudut kiri bawah gawang The Prestige Phoenix. Wawan sejatinya sanggup membaca arah datangnya bola. Akan tetapi, kiper RANS Nusantara gagal mengamankan laju si kulit bundar.

Hanya butuh waktu 10 menit bagi Persija untuk menggandakan keunggulan. Rio Fahmi menyumbangkan gol kedua bagi tim tuan rumah di menit 37. Bola yang diarahkannya ke tiang jauh lagi-lagi tak mampu dihalau oleh Wawan.

RANS Nusantara sempat memperkecil ketertinggalan beberapa saat sebelum turun minum. Mitsuru Maruoka mencatatkan namanya di papan skor pada menit 45+1. Setelahnya, tak ada gol baru yang tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan Persija bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

RANS Nusantara mencoba melakukan sejumlah perubahan di awal babak kedua. Akan tetapi, upaya tersebut nampaknya belum cukup untuk menciptakan efek signifikan. The Prestige Phoenix kesulitan mencetak angka penyeimbang hingga laga berjalan lebih dari 60 menit.

Justru Persija Jakarta yang mendapat peluang untuk memperlebar selisih jarak di menit 65. Michael Krmencik berupaya mengoyak jaring RANS Nusantara. Keuntungan bagi tim tamu lantaran aksinya gagal membuahkan angka tambahan.

Macan Kemayoran kembali memperoleh kesempatan emas di menit 71. Persija Jakarta lagi-lagi dihadiahi tendangan penalti oleh wasit. Ondrej Kudela dikirim menjadi ekeskutor. Ia sukses membayar kepercayaan dengan melesakkan gol ketiga bagi tuan rumah.

Kedua tim kembali buntu di 15 menit akhir pertandingan waktu normal. Sejumlah peluang apik yang didapat Persija gagal dikonversi menjadi gol tambahan. Alhasil, skor 3-1 tak berubah hingga wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 5 halaman

Persebaya vs Borneo

Situasi berbeda terjadi di laga Persebaya Surabaya vs Borneo FC. Duel antara kedua kesebelasan di babak pertama tak diwarnai banyak gol. Malahan, Bajul Ijo dan Pesut Etam sama-sama kesulitan membongkar lini pertahanan masing-masing.

Duo tim masih buntu hingga pertandingan berjalan lebih dari 20 menit. Tidak ada peluang terlalu berbahaya yang mampu diciptakan, baik oleh Persebaya maupun Borneo.

Berbagai kesempatan yang didapat melalui skema tendangan bebas pun gagal dimanfaatkan oleh kedua tim. Alhasil, skor kacamata 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Bajul Ijo dan Pesut Etam mencoba mengais peluang untuk memecah kebuntuan di paruh kedua. Kesempatan didapat oleh Persebaya pada menit 48. Paulo Victor melepas tembakan keras ke arah gawang yang berpotensi mengubah kedudukan, andai bola gagal ditepis Angga Saputro.

Matheus Pato akhirnya berhasil mencetak angka pertama bagi Borneo di menit ke-57. Ia lolos dari penjagaan dan bergerak ke jaring Persebaya, sebelum melesakkan tendangan yang tak mampu dijangkau oleh Ernando Ari Sutaryadi. Skor sementara berubah menjadi 1-0.

Persebaya baru bisa memanaskan persaingan usai mencetak gol penyama kedudukan di menit 79. Sho Yamamoto menjadi pahlawan Bajul Ijo mendekati pengujung waktu normal babak kedua. Bola yang ditembakkannya dengan keras mulus menemui jaring Borneo.

Tak sampai dua menit, Persebaya mampu membalikkan keadaan. Kali ini giliran Altalariq Ballah yang membobol gawang Pesut Etam. Bola yang diarahkannya ke tiang jauh tak sanggup digapai oleh Angga Saputro.

Pesut Etam menggagalkan selebrasi kemenangan Bajul Ijo di menit 84. Kedudukan imbang kembali tersaji lantaran Agung Prasetyo berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Situasi ini segera dijawab oleh Persebaya di menit 90+3. Ahmad Nufiandani kembali mengantar timnya unggul dengan 3-2. Tak ada gol baru yang tercipta setelahnya. Bajul Ijo memimpin hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain Persija vs RANS

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Muhammad Ferarri, Ondrej Kudela, Hansamu Yama Pranata; Rio Fahmi, Resky Fandi Witriawan, Hanif Sjahbandi, Firza Andika; Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, Abdulla Yusuf Helal

RANS Nusantara: Wawan Hendrawan; Saddam Hi Tenang, Hamdan Zamzani, Arif Satria, Ady Setiawan; Makan Konate, Finky Pasamba, Mitsuru Maruoka; David Laly, Septian Bagaskara, Mochammad Kevy Syahertian

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain Persebaya vs Borneo

Persebaya Surabaya: Ernando Ari Sutaryadi; Koko Ari Araya, Riswan Lauhin, Rizky Ridho, Altalariq Ballah; Muhammad Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, Jose Valente; Saiful; Paulo Victor, Sho Yamamoto

Borneo FC: Angga Saputro; Diego Michiels, Agung Prasetyo, Julio Cesar, Abdul Rachman; Hendro Siswanto, Kei Hirose; Adam Alis, Jonathan Bustos, Stefano Lilipaly; Matheus Pato

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.