Sukses

PLN Mobile Proliga 2023: Jadi Tuan Rumah, Gresik Petrokimia Ingin Sapu Bersih

Gresik Petrokimia akan melawan Bandung bjb Tandamata dan Jakarta Pertamina Fastron pada seri pertama putaran kedua PLN Mobile Proliga 2023.

Liputan6.com, Gresik - PLN Mobile Proliga 2023 memasuki putaran kedua. Kompetisi bola voli kasta tertinggi di Tanah Air itu akan menggelar tiga seri yang berlangsung di Gresik, Malang, dan Yogyakarta mulai 2 hingga 19 Februari.

Gresik, tepatnya di GOR Tri Dharma, bakal menjadi venue pertarungan seri pertama putaran kedua Proliga 2023. Tim putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Gresik Petrokimia bakal menjalani dua laga kandang. Pertama, melawan juara bertahan Bandung bjb Tandamata dan Jakarta Pertamina Fastron.

Pada putaran pertama Proliga tahun ini Gresik Petrokimia kalah 1-3 dari Bandung bjb Tandamata. Sementara dengan Jakarta Pertamina Faston, tim asuhan Ayub Hidayat ini menang 3-2.

Manajer Gresik Petrokimia Nanda Kiswanto berharap laga di markas sendiri mampu menghasilkan poin positif. "Masih sangat mungkin dapat tiga poin dari tiap pertandingan di Gresik," ujar Nanda dalam jumpa pers di Gresik, Rabu (1/2).

Dia menambahkan, penampilan Mediol Stiovanny Yoku cs di Gresik pada musim ini merupakan yang perdana dengan nama perusahaan Petrokimia setelah terakhir 2018 silam. Karena pada 2019, Petrokimia absen dari Proliga dan 2020 bergabung dengan Puslatda KONI Jatim.

Karenanya, berharap Gresik Petrokimia tampil maksimal dengan dukungan publik tuan rumah. "Kekuatan tim dengan Bank bjb dan Fastron saya kira berimbang. Ini tinggal soal mental dari anak-anak Petrokimia," kata Nanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percaya diri

Pelatih Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Ayub Hidayat berharap kepercayaan diri anak asuhnya bertambah dengan bermain di kandang sendiri. "Itu harapan saya, semoga ada realisasi di lapangan," kata Ayub.

Selain itu, pelatih senior asal Jawa Timur tersebut juga berharap bermain di depan publik sendiri semakin menambah motivasi dan makin tegar. "Tentunya anak-anak tampil all-out," ucap Ayub.

Ayub melanjutkan pihaknya juga tidak akan menambah atau mengurangi pemain dalam timnya, termasuk dua legiun asingnya, Julieta Lazcano asal Argentina dan Bohdana Anisova dari Ukraina.

Seperti diketahui, menjelang putaran kedua Proliga 2023, semua tim masih diperbolehkan mengganti pemainnya atau menambah jika masih belum mencapai kuota 16 pemain. "Masih boleh mengganti atau menambah sampai technical meeting di Gresik, 1 Februari 2023," papar Direktur Proliga Hanny S. Surkatty.

"Jika sudah mulai berlangsung putaran kedua seri pertama di Gresik, tidak diperkenankan lagi mengganti atau menambah pemain, baik lokal maupun asing hingga berakhirnya Proliga musim ini."

Semakin ketat Hanny juga memprediksi pada putaran kedua ini persaingan akan semakin ketat. "Karena setiap tim berharap bisa lolos final four," tutur Hanny.

Karena itu, dia mengimbau kepada setiap klub peserta tetap tampil sportif dan fairplay selama berlangsungnya Proliga yang telah memasuki tahun ke-21 ini.

Pada putaran final four yang juga akan dimulai di Gresik, 23 Februari 2023, direncanakan sudah ada video challenge. Dengan adanya video challenge ini, Hanny berharap kualitas pelaksanaan Proliga semakin baik.

3 dari 3 halaman

Sektor Putra

Sementara di sektor putra, juga akan terjadi laga sengit. Surabaya BIN Samator akan menghadapi Jakarta BNI 46, 3 Februari 2023. Pada laga di Palembang, dua pekan lalau, Samator 1-3 dari Jakarta BNI 46.

Rivan Nurmulki dan kolega di Gresik akan menjalani tiga laga. Selain menghadapi Jakarta BNI 46, tim besutan Ryan Masajedi itu akan bertemu Jakarta STIN BIN dan Palembang Bank SumselBabel.

Seluruh laga ini nantinya akan disiarkan secara langsung pada aplikasi Vidio, Moji, Champions TV, Indiehome, dan NexParabola. Ini untuk memudahkan para penggemar olahraga Voli di Indonesia menyaksikan pertandingan PLN Mobile Proliga 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.