Sukses

Pandemi Covid-19 Justru Bikin Popularitas Golf Meningkat

Jumlah pemain golf justru mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Angkanya naik signifikan.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 yang menghantam dunia pada awal 2020 telah memberi dampak begitu besar di berbagai sendi kehidupan manusia. Tak terkecuali dunia olahraga. Banyak kegiatan olahraga baik profesional maupun amatir terpaksa terhenti.

Maklum saja di awal pandemi Covid-19, kontak fisik dilarang. Pasalnya penularan begitu mudah dari kontak fisik. Cabang olahraga yang merupakan permainan tim begitu terganggu. Namun cabor yang bisa dimainkan sendiri tanpa kontak fisik justru mendapat durian runtuh.

Salah satunya adalah golf. Pandemi Covid-19 justru membuat olahraga golf naik daun. Banyak orang yang gemar olahraga beralih ke golf karena lebih aman dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Hal ini terlihat di Jababeka Golf & Country Club. Jumlah pemain golf di sana justru mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Angkanya naik signifikan.

"Pandemi covid-19 justru bikin golf booming. Saya percaya jumlah pemain golf baik di lapangan golf maupin drive range naik drastis. Di kami, pada tahun 2020 jumlah orang yang main 52 ribu dalam setahun. Tahun 2021 naik jadi 56 ribu. Kemudian di 2022 menembus 60 ribu," ujar Fachrully F. Lasahido, direktur padang golf Cikarang.

Peningkatan jumlah pemain golf selama pandemi Covid-19 ini tak hanya terjadi di Jababeka Golf & Country Club saja. Menurut Rully, lapangan golf lain di Indonesia juga mengalami hal serupa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aman

"Itu artinya ada penambahan trafik. Bukan dari jumlah member. Tetapi guest lebih banyak dari member, cukup mengejutkan. Ini dialami di semua lapangan golf jadi ada penambahan pemain baru," tegas Rully.

Olahraga golf memang terbilang aman dilakukan di masa pandemi Covid-19. Kegiatan berlangsung di lapangan terbuka. Pemain juga tidak perlu kontak fisik dan bisa bertanding jauh-jauhan.

3 dari 3 halaman

Membantu Atlet

Pada kesempatan yang sama Rully juga memastikan pihaknya sangat terbuka untuk membantu atlet golf untuk berlatih di Jababeka Golf & Country Club. Atlet golf bisa memanfaatkan fasilitas di sana dengan gratis.

"Kami berpartisipasi dalam pegembangan atlet golf di wilayah Jawa Barat. Atlet-atlet yang berlatih di tempat kami mampu berprestasi seperti menyabet emas di Porprov. Bekasi menjadi juara umum golf di Porprov 2022," tutur Rully.

"Kami kasih fasilitas latihan gratis untuk atlet. Kalau ada turnamen kita juga kasih dukungan dalam bentuk Rupiah. Untuk bisa berlatih gratis di Jababeka Golf & Country Club tentu harus menunjukkan bukti bila dirinya memang atlet golf. Kita akan periksa dulu baru dikasih fasilitas tersebut," pungkas Rully.

Jababeka Golf & Country Club sendiri dibangun sejak 1996. Dikelilingi pepohonan yang rindang dan ladang hijau, Jababeka Golf & Country Club memiliki luas 70 hektar.

Lokasi bermain golf bergengsi di kota Jababeka ini dirancang atlet golf dan arsitek kelas dunia Nick Faldo dengan menghadirkan 18 hole yang tertata apik sehingga memberikan tantangan dan kenikmatan bagi para pemain golf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.