Sukses

Daftar Lengkap 5 Calon Ketua Umum PSSI dan 16 Calon Wakil Ketua Umum yang Lolos Verifikasi

Liputan6.com, Jakarta Komite Pemilihan (KP) resmi mengumumkan daftar nama calon sementara ketua umum dan wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027. Pengumuman dilakukan oleh Ketua KP Amir Burhanudin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa (31/1/2023).

Sebanyak lima bakal calon ketua umum PSSI dinyatakan lolos tahapan verifikasi yang dilakukan KP, terhitung sejak 22 Januari hingga 31 Januari 2023. Adapun untuk posisi calon wakil ketua umum PSSI, hanya 16 dari 21 bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat.

Sebagai informasi, KP memang sempat melakukan verifikasi awal terhadap nama-nama kandidat yang mengajukan diri sebagai bakal calon, baik untuk posisi ketua umum, wakil ketua umum, maupun komite eksekutif PSSI. Tahapan tersebut dilakukan dengan meninjau dokumen serta dukungan dari klub pengusung.

"Sebagaimana tahapan kongres, hari ini adalah masa pengumuman daftar calon sementara, yang terlebih dahulu kita awali dengan proses verifikasi. Jadwalnya, tanggal 22 hingga 31 (Januari 2023), kita lakukan verifikasi segala dokumen seluruh calon serta dukungan yang masuk ke komite pemilihan," ujar Amir kepada awak media, Selasa (31/1/2023).

Hasil verifikasi memutuskan seluruh bakal calon ketua umum masuk dalam daftar calon sementara. Akan tetapi, terdapat lima balon waketum yang tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya karena tidak menyerahkan lembar konfirmasi kesediaan atau pernyataan dukungannya dicabut oleh klub pengusung.

"Komite Pemilihan memutuskan calon-calon wakil ketua umum tidak lolos dan tidak dapat mengajukan banding disebabkan karena yang empat tidak memberikan lembar konfirmasi kesediaan, sehingga dengan bahasa awam atau interprestasi dari KP, yang bersangkutan tidak bersedia. Dan satu nama berkas dukungannya dicabut oleh klub pengusungnya."

"(Nama-nama yang dimaksud) yaitu Achsanul Qosasih, Azrul Ananda, Bambang Pamungkas, Iwan Budianto, Bambang Pamungkas, dan Ponaryo Astaman," pungkas Amir di SUGBK.

Daftar lengkap nama-nama calon sementara ketua umum dan wakil ketua umum PSSI yang dinyatakan lolos verifikasi oleh KP dapat disimak pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar 5 Calon Sementara Ketua Umum PSSI

1. AA Lanyalla Mahmud Mattaliti

2. Arif Putra Wicaksono

3. Doni Setiabudi

4. Erick Thohir

5. Fary Djemy Francis

3 dari 3 halaman

Daftar 16 Calon Sementara Wakil Ketua Umum PSSI

1. Ahmad Riyadh

2. Ahmad Syauqi Soeratno

3. Andre Rosiade

4. Doni Setiabudi

5. Duddy S. Sutandi

6. Fary Djemy Francis

7. Gede Widiade

8. Hasani Abdulgani

9. Hasnuryadi Sulaeman

10. Juni Rachman

11. Maya Damayanti

12. Ratu Tisha Destria

13. Sadikin Aksa

14. Yesayas Oktavianus

15. Yunus Nusi

16. Zainudin Amali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.