Sukses

Hasil India Open 2023: Bungkam Wakil China, Anthony Sinisuka Ginting Melesat ke Semifinal

Anthony Sinisuka Ginting melesat ke semifinal India Open 2023 usai menuntaskan perlawanan wakil China Li Shi Feng lewat drama rubber game 21-11, 17-21, dan 21-18 dalam durasi waktu 65 menit di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, pada Jumat (20/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting sukses mengamankan tiket ke babak semifinal India Open 2023.

Kepastian ini diperoleh usai penggawa Tanah Air menuntaskan perlawanan wakil China Li Shi Feng lewat drama rubber game 21-11, 17-21, dan 21-18 dalam durasi waktu 65 menit di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, pada Jumat (20/1/2023).

Ginting memang tampil cukup menjanjikan di awal pertandingan. Pebulu tangkis peringkat tiga dunia itu lebih dulu unggul atas Li Shi Feng.  Wakil Tiongkok mencoba mengejar ketertinggalan dan menyamakan skor menjadi 3-3.

Walau begitu, Ginting mampu kembali bangkit dengan mengumpulkan tiga angka berturut-turut. Penggawa Merah Putih pun aktif melancarkan serangan yang sulit dikembalikan oleh Li.

Ginting masih memimpin perolehan poin jelang interval. Jumping smash yang dilancarkannya efektif mengantar tunggal putra kelahiran Cimahi unggul 11-8 saat jeda set pembuka.

Li Shi Feng comeback dengan mengoleksi dua poin beruntun selepas interval. Beruntung tren tersebut mampu segera diakhiri oleh Ginting.

Penggawa Indonesia segera menjauhi perolehan angka lawannya. Netting tipis yang dilakukan Ginting memaksa Li Shi Feng membuat kesalahan sendiri. Wakil Merah Putih makin nyaman memasuki poin-poin kritis.

Ginting sudah unggul delapan angka di kedudukan 19-11. Tak butuh waktu lama bagi pebulu tangkis Tanah Air untuk menuntaskan perlawanan di gim pertama. Dalam waktu relatif singkat, Ginting sukses mencuri kemenangan dengan skor akhir 21-11.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gim Kedua

Tunggal putra Indonesia mencoba mempertahankan dominasi di gim kedua. Ginting mampu menjaga keunggulan tiga poin hingga kedudukan 7-4.

Namun, Li Shi Feng perlahan-lahan bergerak memangkas selisih jarak. Wakil Tiongkok sukses menyamakan skor serta berbalik unggul 7-9 usai mendapat tambahan lima angka berturut-turut. Raihan poin Li baru terputus usai pengembaliannya melebar di sisi kanan lapangan.

Momentum ini coba dimanfaatkan oleh Ginting untuk mengambil alih kendali. Tunggal putra Indonesia memanaskan persaingan dengan mencetak angka penyeimbang 9-9. Sayangnya, Li Shi Feng melesat lagi. Ia memaksa Ginting berada di posisi minor 9-11 di interval gim kedua.

Penggawa Indonesia masih mencoba mengejar ketertinggalan selepas jeda. Namun, Li tampil lebih agresif dan banyak melancarkan serangan ke kubu pertahanan Indonesia. Ginting mau tak mau berada di posisi tertekan.

Ia terpaut lima angka dari Li dengan 11-16. Unforced errors yang dilakukan wakil Tanah Air kian memberi keuntungan tambahan buat tunggal putra Tiongkok. Ginting baru mendekati perolehan poin Li jelang pengujung gim kedua.

Akan tetapi, tren positifnya lagi-lagi terputus akibat kesalahan sendiri. Li Shi Feng mendapat game point opportunity di kedudukan 16-20. Wakil Indonesia pun terpaksa menyerah usai takluk 17-21 di akhir set kedua.

3 dari 4 halaman

Gim Ketiga

Ginting mencoba membayar kekalahan di set kedua. Ia unggul lebih dulu dengan 2-0 pada permulaan gim penentu. Sayangnya, raihan poin ini dengan cepat disejajarkan oleh Li Shi Feng. Wakil Tiongkok bahkan berbalik unggul di kedudukan 2-3.

Drama kejar-kejaran skor tersaji setelahnya. Ginting terus mencoba mengimbangi pola permainan Li. Namun, dirinya kerap terjebak dalam unforced errors. Di sisi lain, tunggal putra China juga tampil cukup agresif. Smash keras yang dilancarkannya sulit diantisipasi Ginting.

Tunggal putra Indonesia masih berada di posisi minor jelang interval. Ginting tertinggal tiga angka dengan 7-10. Akan tetapi, ia secara mengejutkan mampu mengoleksi tambahan empat angka berturut-turut. Hal ini membuat wakil Tanah Air unggul tipis 11-10 saat jeda.

Ginting kembali melesat pasca interval. Raihan poinnya tak terhenti hingga unggul lima angka di kedudukan 16-11. Li Shi Feng coba memangkas selisih jarak. Kedua pemain menjadi hanya berselisih satu poin dengan 17-16.

Tunggal putra Indonesia kembali menjauhi torehan angka Li jelang pengujung set ketiga. Namun, wakil Tiongkok lagi-lagi menebar ancaman. Ginting baru bisa mencuri kemenangan di gim penentu setelah unggul tipis 21-18.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Lapangan 1:

Pertandingan ke-3: Anthony Sinisuka Ginting vs Li Shi Feng (China);  21-11, 17-21, 21-18

Pertandingan ke-8: Jonatan Christie vs Chou Tien Chen (China Taipei)

Pertandingan ke-9: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman)

Pertandingan ke-10: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Liang Wi Keng/Wang Chang (China)

Catatan: pertandingan pertama dimulai pukul 13.30 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.