Sukses

Nyalon Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Bertekad Tumpas Mafia Bola

Erick Thohir bertekad membersihkan tangan-tangan kotor yang berkecimpung di kancah sepak bola Indonesia jika terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memanaskan persaingan di bursa calon ketua umum PSSI periode 2023-2027. Ia resmi mendaftar sebagai bakal ketum anyar dengan menyerahkan formulir ke kantor PSSI yang berlokasi di GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Erick datang ke lokasi sekitar pukul setengah sebelas WIB. Ia didampingi oleh sejumlah pendukung, yang terdiri atas voters serta figur publik, seperti Kaesang Pangarep, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, serta Baim Wong.

Menurut laporan, terdapat setidaknya 60 voters yang sudah menunjukkan kecondongannya terhadap pencalonan Erick. Sejumlah pihak memang menilai mantan Presiden Inter Milan itu punya kapabilitas untuk menduduki kursi tertinggi federasi, sekaligus membenahi dan mengangkat prestasi sepak bola Tanah Air.

Pasca pendaftarannya di kantor PSSI, Erick Thohir ditanyai soal rencana melakukan reformasi serta menghentikan pergerakan mafia bola.

Menteri berusia 52 tahun itu sempat melempar balik pertanyaan kepada awak media, sebelum akhirnya menegaskan misinya untuk menumpas tangan-tangan kotor yang berkecimpung di sepak bola Indonesia.

"Gas terus, jadi bongkar-bongkar untuk perbaikan masa depan sepak bola Indonesia, kita harus pastikan ke depan jangan ada tangan-tangan kotor di sepak bola Indonesia karena kita harus perbaiki ini," ujar Erick di GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merasa Terpanggil

Sebelumnya, Erick memang mengaku merasa terpanggil untuk membenahi carut-marut yang terjadi di kancah sepak bola dalam Negeri. Ia berambisi menerobos keterbatasan dengan mendaftarkan diri sebagao bakal ketua umum PSSI.

"Sebagai anak bangsa, saya terpanggil untuk mengubah keadaan, membuat yang bengkok menjadi lurus. Yang dibutuhkan PSSI untuk maju hari ini adalah nyali untuk menerobos keterbatasan, dan berani menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri sepakbola nasional," tuturnya.

"Hari ini, untuk maju, PSSI hanya butuh satu hal yaitu nyali," tegas Erick.

3 dari 3 halaman

Caketum Kedua

Erick Thohir menjadi orang kedua yang masuk dalam bursa calon ketua umum PSSI. Sebelumnya, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti telah lebih dulu menyelesaikan pendaftaran di kantor PSSI pada Jumat (13/1/2023) siang WIB. Ia hadir dengan ditemani oleh Calon Exco Gede Widiade serta Bustami Zainudin. 

"Terima kasih kepada rekan-rekan wartawan dan wartawati, sesuai dengan janji, saya hadir pada hari ini, tanggal 13 Januari sesudah salat Jumat. Saya mendaftar di kantor PSSI untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI," ujarnya kepada awak media saat ditemui di GBK Arena pada Jumat (13/1/2023) siang WIB.

"Alhamdulillah sudah lengkap, kami sudah mendapatkan bukti, semuanya lengkap. Saya didampingi oleh calon Exco, Pak Gede Widiade dan juga Pak Bustami Zainudin," sambungnya dalam kesempatan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.