Sukses

Semifinal Piala AFF 2022: Park Hang-seo Cuma Incar Hasil Imbang Lawan Indonesia?

Meski hanya mampu bermain imbang melawan Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Park Hang-seo nampaknya tidak kecewa. Pelatih Timnas Vietnam malah menyebut anak-anak asuhnya sudah tampil sesuai target.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan Vietnam sama-sama gagal memetik kemenangan dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (6/1/2023) sore WIB.

Duo kesebelasan kesulitan membongkar lini pertahanan masing-masing. Sejumlah peluang yang tercipta pun tak berhasil dikonversi menjadi gol. Alhasil skor imbang 0-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo nampaknya tak terlalu kecewa dengan pencapaian ini. Malahan, juru taktik asal Korea Selatan mengeklaim hasil pertandingan kontra Indonesia sudah sesuai target.

“Seperti yang Anda tahu, pertandingan tandang selalu menjadi hal yang sangat sulit. Akan tetapi, saya pikir para pemain sudah menunjukkan semangat juang yang bagus,” ujarnya saat menghadiri konferensi pers selepas duel melawan Indonesia di SUGBK, Jumat (6/1/2023).

“Memang kami tidak menang, tetapi kami rasa kami sudah mencapai target. Jadi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain (Timnas Vietnam),” sambung Park Hang-seo di hadapan awak media.

Dengan catatan ini, leg kedua semifinal Piala AFF 2022 mau tak mau menandai laga hidup mati bagi duo kesebelasan. Kemenangan menjadi tugas mutlak yang harus dituntaskan jika ingin merebut tiket menuju partai puncak.

Timnas Indonesia bakal mendapat sedikit kerugian dalam pertandingan tersebut. Pasukan Merah Putih harus bertandang ke markas The Golden Stars, sehingga kemungkinan tak bakal terlalu dihujani dukungan seperti saat bermain di kandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Khawatir

Kendati demikian, juru taktik Skuad Garuda Shin Tae-yong tak terlalu khawatir dengan fakta itu. Pelatih berusia 52 tahun optimistis anak-anak asuhnya mampu menetralisir tekanan di kandang lawan, lantaran sudah lebih kuat secara fisik dan mental.

“Seperti yang saya bicarakan saat press conference (pra pertandingan) kemarin, saya sendiri yang memilih para pemain saat ini dan (mereka) sudah berlatih selama satu tahun lebih,” tutur Shin Tae-yong selepas duel melawan Vietnam.

“Wartawan dan masyarakat harus tahu bahwa (timnas) Indonesia saat ini bukanlah Indonesia yang dulu. Secara mental dan fisik, semua berbeda dari sebelumnya. Jadi tidak perlu dikhawatirkan,” sambungnya pada Jumat (6/1/2023).

3 dari 3 halaman

Bekerja Keras

Seperti halnya Park Hang-seo, Shin Tae-yong juga mengapresiasi performa anak-anak asuhnya saat menjamu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Pelatih asal Korea Selatan menilai Skuad Garuda sudah bekerja keras dan menunjukkan upaya maksimal.

Walau begitu, Shin Tae-yong tak menyangkal bahwa kecewa Dendy Sulistyawan dan kawan-kawan gagal mencetak gol. Dari sejumlah peluang yang didapat, Skuad Garuda tak sekali pun mampu mengoyak jaring The Golden Stars.

“Para pemain sudah bekerja maksimal di pertandingan hari ini. Memang ada beberapa peluang yang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak bisa mendapat kemenangan, itu yang sangat disayangkan. Tetapi, saya mau bilang bahwa kedua tim bekerja sangat keras hari ini,” tutur Shi Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.