Sukses

Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam: Suporter Kembali Padati SUGBK

Ribuan suporter memadati area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) guna menyaksikan laga semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam pada Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bakal segera menjamu Vietnam dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Pertandingan ini diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, duo kesebelasan memang dikenal sebagai rival bebuyutan di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Timnas Indonesia pernah menahan imbang Vietnam saat melakoni duel penyisihan grup Piala AFF edisi lalu. Namun tak lama berselang, The Golden Stars mampu menumbangkan skuad Garuda di SEA Games 2021.

Jelang dihelatnya duel klasik tersebut, ribuan suporter mulai memadati area Stadion Utama Gelora Bung Karno sejak pukul 15.00 WIB. Antrean panjang penonton terlihat di depan Zona 3A, jauh sebelum dimulainya kick-off babak pertama Indonesia vs Vietnam.

Seperti pertandingan-pertandingan terdahulu, penonton yang datang pun hadir mengenakan atribut lengkap bernuansa Timnas Indonesia. Kebanyakan dari mereka mengenakan jersey, serta beberapa di antaranya memakai ikat kepala.

Tak ada tanda-tanda gesekan antara suporter dengan tim lawan, seperti di duel kontra Thailand. Aparat keamanan memang telah diturunkan untuk mengawal bus yang mengangkut penggawa Timnas Vietnam serta Indonesia saat hendak memasuki area SUGBK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Insiden Indonesia vs Thailand

Seperti diketahui, kejadian kurang mengenakkan sempat terjadi jelang laga Indonesia vs Thailand dalam penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di SUGBK pada Kamis (29/12/2022) lalu.

Kendaraan yang ditumpangin Tim Gajah Perang dilempari batu saat hendak masuk ke area Stadion. Berdasarkan pantauan Liputan6.com pascakejadian, sisi kiri depan bus cukup terdampak akibat. Setidaknya dua bagian kaca retak signifikan, walau tidak ada serpihan pecahan.

Akibat kejadian ini, bus Timnas Thailand diganti. Pelatih Gajah Perang Alexandre Polking pun sempat menyayangkan kejadian yang menimpa anak-anak asuhnya.

"Sangat menyedihkan melihat kejadian itu. (Insiden) ini seharusnya tidak terjadi. Kami harusnya tetap fokus pada permainan dan tidak terpengaruh akibat peristiwa tersebut," ujarnya kala itu.

3 dari 3 halaman

Antisipasi

Langkah antisipasi pun dilakukan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Laporan Zing News mengungkap terdapat setidaknya 3.690 anggota kepolisian yang diterjunkan guna mengamankan laga ini.

Ribuat aparat pun telah mulai berjaga sejak pagi. Beberapa di antaranya ditugaskan untuk mengawal kedatangan Timnas Vietnam. Ada pula yang berjaga di dalam dengan kendaraan lapis baja.

Sekadar informasi, semifinal Piala AFF 2022 digelar dalam dua leg, yakni pada Jumat (6/1/2023) serta Senin (7/1/2023). Indonesia kebagian jatah menjadi tuan rumah di leg pertama. Adapun Vietnam bakal menghelat pertandingan kandang di leg kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.