Sukses

Proliga 2023: Disaksikan SBY, Pemain LavAni Sempat Nervous

Para pemain Jakarta LavAni Allo Bank sempat nervous disaksikan langsung Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY saat mengalahkan Jakarta BNI 46 pada laga pertama PLN Mobile Proliga 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra Jakarta LavAni Allo Bank melewati laga perdana PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan. Sang juara bertahan mengalahkan Jakarta BNI 46 3-0 (25-20, 25-23, 25-20) di GOR Jalak Harupat, Bandung, Kamis (5/1/2023).

Meski demikian, para pemain LavAni sempat grogi pada laga itu karena disaksikan langsung Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tetapi, kehadiran sosok pembina Lavani itu juga menjadi motivasi bagi Dio Zulfikri dan kawan-kawan.

"Ya, jelas kehadiran Pak SBY dalam pertandingan perdana ini membuat motivasi anak-anak berlipat, sempat nervous tampil di hadapan bapak, tapi bersyukur anak-anak langsung bisa beradaptasi," kata asisten pelatih Lavani Erwin Rusli.

Selain menang motivasi, LavAni juga unggul dalam strategi dan materi pemain. Penampilandua legiun asingnya, yakni Leandro Martines Da Silva dan Jorge Gonzalez Garcia membuat serangan LavAni begitu dahsyat.

Poin demi poin diperoleh melalui dua legiun asing tersebut. Bahkan, Leandro menjadi penentu kemenangan pada set terakhir dengan smes kerasnya menghujam pertahanan Jakarta BNI 46.

"Tapi, tetap kita akan mengevaluasi setelah kemenangan ini, terutama bola pertama servis yang kadang- adang suka error," ucap Erwin.

Sementara itu, kapten LavAni Dio mengakui kehadiran SBY dan putranya Agus Harimurti Yudhoyono tak dipungkiri menambah semangat di lapangan. "Set kedua memang ada kesalahan tapi intruksi pelatih bisa diikutin sehingga bisa menang dan komposisi tidak jauh beberda jadi main enjoy aja" ujar Dio.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peak performa

Asisten pelatih Jakarta BNI 46 Imam Agus Faisal mengatakan Sigit Ardian dan kolega tidak dalam peak performance ketikat dikalahkan LavAni. "Anak-anak belum berada dalam perfomanya, mungkin ini faktor pertandingan pertama," kata mantan pemain timnas Indonesia yang akrab disapa Fafa itu.

Menurut Fafa, ada beberapa hal yang harus diperbaiki timnya. "Mulai dari servis, bertahan, itu menjadi kekurangan yang harus di evaluasi," ucapnya. "Bahkan persiapan kami hanya sebulan kurang sehingga seperti inilah kondisinya."

Menurutnya, pemain asing BNI, yakni Petar Premovic dan Samuel Connor Holt, baru dua pekan bergabung sehingga belum menemukan chemistry. "Dua minggu sebelum bertanding baru tiba, tapi secara kualitas bagus cuma memang butuh waktu penyesuaian," papar Fafa.

 

3 dari 4 halaman

Samator tumbang, Jakarta STIN BIN menang

Pada laga lainnya, Surabaya BIN Samator tumbang di tangan Palembang Bank SumselBabel 2-3 (25-16, 23-25, 17-25, 25-21, 17-19). Kekalahan ini akan menjadi evaluasi untuk menghadapi Kudus Sukun Badak, Sabtu (7/1/2023).

"Tentunya akan kita evaluasi untuk pertandingan berikutnya," kata pelatih Samator Ryan Masajedi .

Sedangkan pelatih Palembang Bank SumselBabel Youngtaek Lee mengaku anak asuhnya bermain baik. "Servis yang dilakukan anak-anak tidak banyak mati," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Kapten Bank SumselBabel Gunawan mengatakan dia teman-temannya bermain rileks. Kegagalan pada musim lalu dengan tidak lolos final four membuat dia dan rekannya ingin hasil lebih lagi.

Sementara itu, tim pendatang baru Jakarta STIN BIN juga memetik hasil maksimal. Tim asuhan Agus Jumaidi itu menang atas Kudus Sukun Badak 3-1 (25-22, 25-19, 21-25, 25-20).

 

4 dari 4 halaman

Jadwal pertandingan

Jumat, 6 Januari 2023

14:00 WIB, Jakarta Popsivo Polwan vs Jakarta Pertamina Fastron (putri)

16:00 WIB, Jakarta Pertamina Pertamax vs Jakarta Allo Bank 

18:30 WIB, Jakarta Bhayangkara Presisi vs Palembang Bank SumselBabel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.