Sukses

Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Fastron Bertekad Perbaiki Peringkat di Proliga 2023

Tim putra Jakarta Pertamina Pertamax dan putri Jakarta Pertamina Fastron bertekad memperbaiki peringkat pada Proliga 2023. Tahun lalu, kedua tim finis di peringkat keempat.

Liputan6.com, Jakarta - Tim bola voli Pertamina akan kembali berlaga di PLN Mobile Proliga 2023 yang berlangsung mulai 5 Januari sampai 19 Maret. Pertamina menurunkan atlet-atlet terbaiknya, Jakarta Pertamina Pertamax untuk tim putra dan putri Jakarta Pertamina Fastron.

Pertamina untuk Proliga tahun ini membawa semangat pembinaan atlet. Pasalnya, Jakarta Pertamina Pertamax serta Jakarta Pertamina Fastron dihuni kombinasi pemain senior dan junior.

Direktur SDM PT Pertamina (Persero) Erry Sugiharto mengatakan pihaknya terus mendukung pengembangan atlet berprestasi nasional, khusus pada cabang olahraga voli. Apalagi, Pertamina sejak 2012 konsisten berkontribusi dalam tiap gelaran kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia itu dengan mengikutsertakan tim putra dan putri.

"Pertamina mendukung Proliga sebagai event olahraga voli terbesar di Tanah Air yang diharapkan bisa melahirkan atlet kelas dunia," kata Erry dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa, 3 Desember.

Werry Prayogi selaku Chief De Mission mengatakan tahun ini pemain junior Pertamina akan didorong lebih banyak turun bermain. Sehingga dapat membangun kepercayaan diri, memperkuat skill, dan pengalaman tanding.

"Di tim putra kami memiliki Luvi Febrian Nugraha di posisi Opposite Hitter yang masih berusia 18 tahun, serta di tim putri ada Gendis (Azzahra Dwi Febyane) yang baru berusia 15 tahun di posisi outside hitter sebagai pilar muda tim Pertamina tahun ini," papar Werry.

Hal ini sejalan dengan dukungan Pertamina terhadap pembinaan bola voli di Indonesia dengan memunculkan pemain muda potensial dan berbakat. Sehingga secara jangka panjang mampu membangun kader-kader pemain yang professional dan berprestasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain nasional

Werry Prayogi menambahkan Pertamina juga akan diperkuat pemain timnas di tim putri seperti Agustin Wulandari, Yolla Yuliana, Megawati Hangestri, dan Dita Azizah. Ditambah pemain asing asal Serbia yang sudah malang melintang di berbagai kompetisi international seperti USA, Rumania, dan Turki, yaitu Marija Zelenovic.

"Di tim putra, tim kami diperkuat pemain yang berasal dari klub dari Yogyakarta, Bandung, Bali, dan TNI AL. Pemain asing sekaligus kapten tim putra adalah Aleksandar Minic asal Montenegro dan Leiner Aponza Carabali dari Kolombia”, lanjut Werry.

Aleksandar Minic tercatat pernah membela Pertamina selama empat musim. Dia mencatatkan prestasi gelar individu sebagai Best Scorer Proliga 2017, Best Spiker Proliga 2018, dan Best Spiker Proliga 2019.

Pertamina juga berharap dapat memperbaiki torehan tahun lalu dimana tim putra dan putri mengakhiri kompetisi di peringkat keempat. "Kami akan terus memperbaiki pola permainan, menyusun variasi serangan yang terbaik dan tak lengah dalam pertahanan. Kami akan berupaya bermain bagus, fokus meraih poin maksimal di tiap pertandingan, kemudian baru fokus persiapan di babak berikutnya," kata Werry

"Dengan persiapan yang optimal, semoga akan muncul talenta baru penerus pemain Pertamina terdahulu seperti Doni Haryono, Jasen Natanael, dan Farhan Halim yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Sea Games dan kompetisi di negara lain," pungkasnya.

Kompetisi Proliga juga dijadikan sarana untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Pertamina, khususnya Pertamax dan Fastron.

 

3 dari 4 halaman

Daftar pemain

Jakarta Pertamina Fastron:

1. Komang Bumi Rekta - Setter

2. Shakira Dwi Kurnia Amanda - Setter

3. Arneta Putri Amelian - Setter

4. Agustin Wulandhari - Quicker (MB)

5. Meidita Fika Indriana - Quicker (MB)

6. Tasya Nur Rochmani - Quicker (MB)

7. Yolla Yuliana - Quicker (MB)

8. Ajeng Viona Adelea - Outside Hitter

9. Azzahra Dwi Febyane - Outside Hitter

10. Dilla Fadilla - Outside Hitter

11. Oleksandra Bytsenko - Outside Hitter

12. Marija Zelenovic - Outside Hitter

13. Megawati Hangestri Pertiwi - Opposite Hitter

14. Widya Rayi Fadhilah Lail - Opposite Hitter

15. Dita Azizah - Libero

16. Indah Guretno Dwi Margiani - Libero

17. Cindy Tiara Berliyan - Libero

Pelatih: Eko Waluyo

 

4 dari 4 halaman

Jakarta Pertamina Pertamax

1. Luvi Febrian Nugraha - Open Spike

2. I Made Edy Kumara Adi - Open Spike

3. Leiner Aponza Carabali - Open Spike

4. I Nyoman Julianta - Open Spike

5. Ryno Viagustama - Open Spike

6. Ogi Alexander - Opposite

7. Aleksandar Minic - Opposite

8. Delly Dwi P. Heryanto - Libero

9. Vilar Juni Hilal - Libero

10. I Made Adhi Suartama - Setter

11. Fadilla Rahmatullah Muharram - Setter

12. Febrian Adhe Baskoro - Setter

13. I Made Vandim Sanjaya Putra - Quicker (MB)

14. Antho Bertiyawan Quicker - (MB)

15. Yogi Kurniawan - Quicker (MB)

16. Robbi Rimbawan - Quicker (MB)

Pelatih: Putut Marhaento

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.