Sukses

Ternyata, Lionel Messi Pernah Galau Saat Barcelona Datangkan Striker Terbaik Dunia

Lionel Messi ternyata pernah merasa tidak lagi penting untuk Barcelona setelah klub datangkan Zlatan Ibrahimovic.

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi adalah salah satu pemain terhebat yang pernah ada di dunia sepakbola. Meski demikian, itu bukan berarti legenda Barcelona dan Argentina itu sama sekali tidak tersentuh di Nou Camp.

Lionel Messi ternyata pernah merasa "tidak lagi penting" untuk Barcelona setelah kedatangan Zlatan Ibrahimovic. Dia pun sempat mengadukan masalah ini pada manajernya saat itu Pep Guardiola.

Pemenang Piala Dunia 2022 ini bisa dibilang adalah pemain terhebat yang pernah mengenakan seragam Argentina dan Barcelona. Namun, kecemerlangannya yang abadi tidak selalu membuatnya kebal terhadap kecemasan khas pesepakbola pada umumnya.

Setelah memenangkan treble pada tahun 2009, manajer Barcelona Pep Guardiola membeli Ibrahimovic dalam kesepakatan yang juga membuat Samuel Eto'o pindah ke Inter Milan. Dan transfer titanic ini dilaporkan membuat Messi merenungkan masa depannya dalam rencana Guardiola.

Saat itu, Ibrahimovic adalah salah satu striker terbaik di dunia. Sementara Messi bermain melebar untuk Barcelona. Dia secara bertahap bergerak lebih jauh ke dalam, apakah itu dengan memotong kaki kirinya dari sayap kanan, atau dengan bertukar posisi dengan pemain seperti Eto'o dan Thierry Henry.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Takut Kehilangan Tempat

Menurut Sebastian Fest dan Alex Juillard, penulis buku 'The Messi Mystery', Messi kaget dengan kedatangan Ibrahimovic yang mengejutkan. Diklaim Messi mengirim pesan ke Guardiola yang mengatakan "Saya dapat melihat bahwa saya tidak lagi penting bagi tim, jadi ..."

Buku itu juga mengklaim pesan teks dikirim di bus tim karena Messi terkadang kesulitan mengekspresikan dirinya secara langsung. Messi juga mengalami awal yang sulit di musim 2009/10 dan mungkin merasa akan kehilangan tempatnya di skuat.

3 dari 5 halaman

Bertahan Lama

Namun demikian, dia tidak mencoba dan mencari jalan keluar dari klub, untuk menyenangkan semua fans fanatik Barcelona.

Pada akhirnya, Messi akan bertahan lebih lama dari Ibrahimovic di Nou Camp, karena pemain Argentina itu adalah opsi yang lebih disukai Guardiola melalui lini tengah Barcelona, hingga menimbulkan kemarahan Ibrahimovic.

4 dari 5 halaman

Luar Biasa

Dalam bukunya sendiri, 'Saya Zlatan', Ibrahimovic mengklaim Messi meminta Guardiola dimainkan di tengah. “Messi mulai mengatakan banyak hal. Lionel Messi luar biasa. Dia benar-benar luar biasa.

Dia bergabung dengan Barca saat berusia 13 tahun. Dia dibesarkan dalam budaya itu dan tidak bermasalah dengan omong kosong sekolah itu. Tapi sekarang saya ada di sana, dan saya mencetak lebih banyak gol daripada dia," tulis Ibrahimovic.

“Dia pergi ke Guardiola dan berkata: 'Saya tidak ingin berada di sayap kanan lagi, saya ingin bermain di tengah.' Saya adalah penyerangnya. Namun, Guardiola tidak peduli tentang itu. Dia mengubah formasi taktis. Guardiola harus mendengarkannya. Tapi maksud saya, ayolah, saya telah mencetak banyak gol di Barca dan saya juga cukup hebat."

5 dari 5 halaman

Kontrak Baru

Sebelumnya, dikabarkan Lionel Messi sudah mencapai kesepakatan dengan Paris Saint-Germain untuk perpanjangan kontrak. Laporan harian Prancis Le Parisien mengklaim pemain berjuluk La Pulga tersebut bakal tetap bersama dengan PSG setidaknya untuk musim 2023-2024.

Messi sebelumnya telah dikaitkan dengan kepindahan kembali ke Barcelona. Tetapi, setelah mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar, muncul laporan pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu sudah berjanji kepada presiden PSG Nasser Al-Khelaifi untuk memperpanjang masa kerjanya hingga setidaknya 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.