Sukses

Hasil BRI Liga 1 Persija vs Persebaya: Gol Telat Juninho Batalkan Kemenangan Macan Kemayoran

Persija Jakarta harus puas berbagi poin dengan Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Jumat (16/10/2022). Kedua tim bermain imbang 1-1.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta harus puas berbagi poin dengan Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Jumat (16/12/2022).

Macan Kemayoran yang lebih dulu unggul lewat gol Alfriyanto Nico (’48) gagal merayakan kemenangan lantaran Silvio Rodrigues Pereira Junior alias Juninho mampu mencetak angka penyeimbang di menit-menit akhir pertandingan.

Persija langsung menebar ancaman di kubu pertahanan Persebaya Surabaya sejak awal permainan. Macan Kemayoran mendapat peluang emas pertamanya pada menit ke-6.

Rio Fahmi mengirimkan umpan silang kepada Riko Simanjuntak yang sudah lepas dari pengawalan tim lawan. Hanya dengan satu sepakan, Persija harusnya bisa dibawa unggul 0–1.

Akan tetapi, secara mengejutkan, Riko malah gagal mengonversi kesempatan tersebut menjadi gol. Bola yang dikirim oleh pemain berusia 30 tahun justru meleset dari jaring Bajul Ijo.

Rio kembali berupaya menembus lini belakang Persebaya di menit 12. Malang aksinya masih mampu dihalau oleh penggawa Bajul Ijo.

Kebuntuan belum terpecah hingga pertandigan memasuki menit ke-30. Hanno Behrens sempat kembali mendapat ruang untuk membuka angka pertama bagi Persija. Akan tetapi, eksekusinya lagi-lagi melambung di atas mistar gawang.

Persebaya balas mendapat kesempatan emas di menit 37. Higor Vidal melepaskan tembakan yang mampu melewati penggawa Persija Jakarta. Sayangnya, si kulit bundar yang ia kirim dengan sigap mampu ditangkap oleh Andritany Ardhiyasa.

Kedua kubu terus mencoba membongkar pertahanan masing-masing mendekati akhir babak pertama. Namun, belum ada gol yang tercipta, baik dari kubu Macan Kemayoran maupun Bajul Ijo. Skor imbang 0–0 pun bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persija Jakarta kembali mencoba menggempur pertahanan Persebaya. Upaya tersebut akhirnya berbuah manis di menit 48.

Alfriyanto Nico memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi oleh Ernando Ari Sutaryadi. Kedudukan sementara berubah menjadi 1–0 untuk keunggulan Macan Kemayoran.

Persebaya berusaha membalas dengan mencetak angka penyeimbang. Akan tetapi hingga memasuki menit 60, Bajul Ijo masih ompong di depan gawang Persija Jakarta. Pergantian pemain yang dilakukan Aji Santoso pun belum mampu menambah ketajaman mereka.

Justru Macan Kemayoran yang nyaris mencetak angka kedua pada menit ke-66 lewat aksi Nico. Keuntungan bagi Persebaya lantaran tembakannya masih bisa diamankan oleh Ernando.

Kedua kesebelasan kembali buntu di 10 menit akhir pertandingan waktu normal. Sejumlah peluang sejatinya sempat tercipta, baik dari kubu Macan Kemayoran maupun Bajul Ijo. Sayang, tak satu pun di antaranya yang sanggup ditukar menjadi gol.

Persija nyaris merayakan kemenangan di pengujung laga. Akan tetapi, Juninho secara mengejutkan mampu mencetak angka penyeimbang sesaat sebelum wasit menipukan peluit panjang.

Dengan hasil ini, Macan Kemayoran gagal memetik poin penuh. Kedua kesebelasan harus puas berbagi angka usai bermain imbang 1–1.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ilham Rio Fahmi, Ondrej Kudela, Maman Abdurrahman, Firza Andika; Hanif Sjahbandi, Resky Fandi Witriawan; Riko Simanjuntak, Hanno Behrens, Alfriyanto Nico; Ginanjar Wahyu.

Persebaya Surabaya: Ernando Ari Sutaryadi; Koko Ari Araya, Leo Lelis, Riswan Lauhim, Salman Alfarid; Risky Dwiyan, Muhammad Alwi Slamat; Denny Agus Setiawan, Higor Vidal, Sho Yamamoto; Silvio Rodrigues Pereira Junior.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.