Sukses

Prancis Tantang Argentina di Final Piala Dunia 2022, Peluang Didier Deschamps Samai Legenda Italia

Prancis mencapai final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Maroko 2-0 di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Les Bleus selanjutnya menghadapi Argentina pada perebutan gelar.

Liputan6.com, Jakarta - Prancis mencapai final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Maroko 2-0 di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Les Bleus selanjutnya menghadapi Argentina pada perebutan gelar.

Didier Deschamps jadi arsitek di balik kesuksesan Prancis. Dia pun menggoreskan sejarah lewat pencapaiannya di Qatar.

Deschamps jadi sosok keempat yang membawa tim asuhannya mencapai final Piala Dunia secara beruntun. Tiga pendahulunya adalah Vittorio Pozzo (1934, 1938), Carlos Bilardo (1986, 1990), dan Franz Beckenbauer (1986, 1990).

Pozzo membawa Italia berjaya di tanah sendiri pada 1934. Dia lalu membuktikan timnya bukanlah jago kandang dengan memenangkan edisi berikutnya di Prancis.

Bilardo memiliki kans mengikuti jejak Pozzo. Setelah menyaksikan anak asuhnya berjaya di Meksiko pada 1986, dia meloloskan Argentina ke laga puncak turnamen selanjutnya. Namun, Tim Tango harus mengakui keunggulan Jerman Barat.

Final 1990 merupakan ulangan 1986. Artinya, Beckenbauer menjalani alur berbeda dari Bilardo. Dia sukses meraih penebusan.

Lalu, jalan mana yang bakal ditempuh Deschamps? Apakah dia mengikuti Pozzo atau Bilardo?

Pecinta sepak bola Tanah Air bisa mendapatkan jawaban dengan menyaksikan final Piala Dunia 2022 melalui SCM Group. Pertandingan disiarkan SCTV, Moji, streaming Vidio, atau layanan televisi satelit Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hentikan Maroko

Juara bertahan Prancis melaju ke final Piala Dunia 2022. Les Bleus menghentikan dongeng tim kuda hitam Maroko setelah menang 2-0 pada babak semifinal di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Prancis akan bertemu Argentina di final Piala Dunia 2022 pada 18 Desember 2022. Maroko sendiri akan bersua Kroasia di perebutan tempat ketiga.

Di laga ini Prancis tak bisa menurunkan dua pemain intinya yakni Adrien Rabiot dan Dayot Upamecano karena tidak bugar. Posisi keduanya digantikan oleh Ibrahima Konate dan Youssouf Fofana.

Prancis memulai laga dengan sangat baik. Pertandingan baru berjalan lima menit mereka sudah bisa membuka keunggulan melalui gol indah bek kiri Theo Hernandez.

Kemelut di kotak penalti dimana sepakan Kylian Mbappe diblok pemain belakang Maroko langsung disambar oleh Hernandez dengan tendangan akrobatik. Bola meluncur deras meski Yassine Bono sudah berusaha menutup ruang tembak.

Theo Hernandez pun menjadi pemain lawan pertama yang bisa menjebol gawang Maroko di Piala Dunia 2022. Sebelumnya di lima laga awal, Maroko tidak pernah bisa dijebol pemain lawan. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Bono tercipta dari gol bunuh diri.

Maroko merespons dengan baik. Selang lima menit kemudian papan skor hampir berimbang 1-1 bila saja tembakan jarak jauh yang dilepaskan gelandang Azzedine Ounahi tidak ditepis kiper Hugo Lloris.

Prancis nyaris menggandakan skor di menit 17. Olivier Giroud lolos dari jebakan off-side. Beruntung bagi Maroko, tembakan pemain AC Milan itu masih membentur tiang gawang.

Malapetaka menimpa Maroko di menit 20. Pemain belakang yang juga kapten tim Romain Saiss tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Saiss digantikan Selim Amallah.

Prancis berpeluang menambah gol di menit 36. Mbappe melakukan penetrasi ke kotak penalti Maroko. Sepakannya sudah melewati Bono, tapi bisa dihalau pemain Maroko. Bola rebound yang disambar Giroud sayangnya melebar.

Maroko hampir saja menyamakan kedudukan semenit jelang turun minum. Pemain belakang Jawad El Yamiq melepaskan tendangan salto. Namun bola menerpa tiang gawang Prancis. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Maroko mencoba meningkatkan tempo permainan. Mereka terus menekan Prancis lewat Ziyech dan Hakimi. Namun pertahanan Prancis begitu disiplin.

Kesempatan terbaik Maroko menyamakan skor hadir di menit 53. Bek kiri Yahia Attiyat Allah lolos dari Jules Kounde dan melepaskan umpan tarik. Tapi bola bisa disapu Ibrahima Konate.

Pemain pengganti Maroko Abderrazak Hamadallah membuang kesempatan menyamakan skor di menit 76. Setelah mencuri bola dari Tchouameni, Hamadallah terlalu lama menggoreng si kulit bundar dan terlambat melepas tembakan sehingga bisa dimentahkan pertahanan Prancis.

Kesalahan Hamadallah harus di bayar mahal. Tiga menit kemudian Prancis yang menggandakan skor. Mbappe meliuk-liuk melewat empat pemain Maroko. Tembakannya dilepaskan dan mengenai pemain Maroko sehingga bergulir lemah ke tiang jauh. Beruntung bagi Prancis, disana ada pemain pengganti Randal Kolo Muani yang langsung menyambarnya guna membawa Prancis unggul 2-0.

Maroko hampir memperkecil ketertinggalan di menit tiga injury time. Pemain pengganti Abdessamad Ezzalzouli melakukan penetrasi yang menimbulkan kemelut di kotak penalti Prancis. Hamdallah menyambarnya di mulut gawang. Secara luar biasa bola dihentikan Jules Kounde sebelum melintasi garis gawang. Skor 2-0 bertahan sampai laga berakhir.

 

Susunan Pemain

Prancis: Lloris; Theo Hernandez, Varane, Konate, Kounde; Fofana, Tchouameni; Griezmann, Dembele (Kolo Muani 79'), Mbappe; Giroud (Thuram 65')

Maroko: Bounou; Saiss (Amallah 21', Ezzalzouli 78')), Mazraoui (Attiat-Allah 46'), Aguerd, El-Yamiq, Hakimi; Ounahi, Ziyech, Amrabat, Boufal (Aboukhlal 67'); En-Nesyri (Hamdallah 66')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.