Sukses

Klub J-League Bantu Sepak Bola Indonesia, Pemain Berbakat Bisa Latihan di Jepang

Klub Liga Jepang Shonan Bellmare menjalin kerjasama untuk membantu pembinaan usia dini sepak bola Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Kabar mengembirakan datang dari klub Liga Jepang (J-League) Shonan Bellmare. Mereka siap membantu perkembangan sepak bola usia dini di Indonesia. Nantinya pemain muda berbakat Indonesia akan diundang latihan ke Jepang.

Bantuan untuk sepak bola usia dini di Indonesia ini akan diberikan Shonan Bellmare usai mereka resmi menjalin kerja sama dengan akademi sepak bola ASIOP pada Sabtu (10/12/2022) di di ASIOP Training Ground, Sentul, Bogor.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Chairman ASIOP Ade Wellington dan Presiden ASIOP Ade Prima Syarif bersama Technical Director Shonan Bellmare Kiyoshi Sekiguchi.

Shonan Bellmare punya rekam jejak bagus di Liga Jepang. Mereka telah memenangkan Piala Kaisar pada tahun 1994 dan menjadi Juara Asia di Piala Winners Asia pada tahun 1996.

Baru-baru ini, Bellmare memenangkan J-League Cup pada 2018 dan dinobatkan sebagai Klub Akademi Terbaik J-League pada 2021 oleh JFA.

Wataru Endo, yang memperkuat timnas Jepang dalam Piala Dunia 2022 di Qatar adalah pemain dari akademi Shonan Bellmare. Selain itu, Shuto Machino yang merupakan striker Bellmare yang memperkuat Jepang di Piala Dunia 2022.

“Seperti Akademi ASIOP, Shonan Bellmare juga berkomitmen untuk pengembangan pemain muda. Akademi Bellmare memiliki 1.700 pemain di usia U-12 dan 250 pemain di usia U-13 hingga U-18. Kami berharap kerja sama ini akan memajukan perkembangan kedua klub,” ucap pihak Shonan Bellmare.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantuan Berharga

“Secara khusus, mulai tahun depan di tahun 2023, kami sedang mempertimbangkan pengiriman pemain dari ASIOP ke Jepang untuk mengikuti pelatihan jangka pendek dan untuk berpartisipasi dalam Turnamen Internasional Copa Bellmare U-11 yang akan diadakan di Jepang pada bulan Juni. Kami juga berencana membuka sekolah sepak bola bersama ASIOP dan Bellmare di Jakarta,” tulis pihak Shonan Bellmare.

Sementara, manajemen ASIOP menyambut gembira kerjasama dengan Shonan Bellmare. Kerja sama ini tentu sangat bagus untuk ASIOP karena Jepang sekarang bukan hanya menjadi kiblat sepak bola Asia saja tapi juga telah menjadi bagian penting sepak bola dunia dengan gaya sepak bola yang berbeda. Kerja sama ASIOP dan Shonan Bellmare berlangsung selama tiga tahun hingga 2025.

Presiden ASIOP Ade Prima Syarif menjelaskan banyak aspek yang menjadi fokus kerja sama antara ASIOP dan Shonan Bellmare, salah satunya mengenai pengembangan dan pembinaan pemain muda serta peningkatan kualitas pelatih.

“Kerja sama ini meliputi beberapa hal terutama untuk membantu siswa-siswa ASIOP dan anak Indonesia bisa pentas di kancah internasional. Karena setelah ini dari Shonan Bellmare akan mengundang anak-anak bertalenta dari ASIOP khususnya anak-anak usia 16-17 tahun untuk bisa latihan di Jepang bersama klub Shonan Bellmare,” ucap Ade Prima Syarif.

3 dari 4 halaman

Pembinaan Pelatih

“Selain itu kerja sama ini juga meliputi pembinaan pelatih. Nanti beberapa pelatih ASIOP akan dikirim ke Jepang untuk menambah ilmu kepelatihan dan pengalaman. Kemudian kami juga mendapat undangan untuk ikut Turnamen Internasional Copa Bellmare yang diikuti 24 tim dari 16 negara pada Juni 2023 mendatang,” kata Ade Prima Syarif menambahkan.

Sementara itu Chairman ASIOP Ade Wellington mengatakan kerja sama dengan Shonan Bellmare ini semakin memperluas jaringan kerja sama ASIOP dengan beberapa klub dari sejumlah negara.

Sebelumnya ASIOP telah bekerja sama dengan beberapa klub di Spanyol yaitu UD Logrones, CP Villarrobledo, dan CD Polillas Ceuta. Kemudian ASIOP juga telah menjalin kerja sama dengan akademi Amerika Serikat, Brooklyn United.

“Kerja sama ini membuat ASIOP lebih banyak lagi membuka link kerja sama dengan pihak di luar negeri. Bahkan Shonan Bellmare juga akan menempatkan satu pelatihnya di ASIOP untuk berbagi ilmu kepelatihan kepada pelatih di ASIOP. Tapi selain itu banyak lagi program yang bisa membantu untuk program dan kemajuan sepak bola ini,” ucap Ade Wellington.

4 dari 4 halaman

Jersey dan Hall of Fame

Bersamaan dengan kolaborasi bersama klub Liga Jepang, Akademi sepak bola ASIOP menggelar peluncuran jersey terbaru dan launching hall of fame yang berlangsung secara meriah.

Acara peluncuran jersey ASIOP musim 2022/2023 ini dilangsungkan bersamaan dengan launching Hall of Fame. Hal ini terasa spesial karena bertepatan dalam momen 25 tahun ASIOP. Seperti diketahui, ASIOP telah menginjak usia 25 tahun pada 28 September.

Ada tiga jersey baru yang diluncurkan dalam momen perayaan HUT 25 Tahun ASIOP yaitu jersey kandang, tandang, dan latihan.

Jersey ASIOP kali ini masih diproduksi oleh Mills yang juga merupakan apparel resmi Timnas Indonesia. Jersey baru ASIOP ini juga dipastikan bakal terlihat berbeda karena memiliki model dan motif yang lebih modern dan kekinian sehingga akan menambah kepercayaan diri para pemain saat bertanding.

Di momen spesial HUT ke-25 tahun, ASIOP juga mengusung slogan baru yaitu ’25 Years of Fame, Always be a Champion’ yang memiliki makna ’25 Tahun Kemasyuran, Selalu Menjadi Juara’.

“Tema ini benar-benar spesial, makanya tahun ini kita juga launching Hall of Fame di momen spesial 25 tahun ASIOP,” kata Chairman ASIOP Ade Wellington.

Ade Wellington juga menjelaskan di dalam Hall of Fame ASIOP tersebut akan menguak sejarah ASIOP yang banyak belum diketahui. Kemudian akan menampilkan trofi-trofi ASIOP, dan foto-foto legenda ASIOP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.