Sukses

Hasil BWF World Tour Finals 2022: Dihajar Wakil China, Fajar/Rian Gagal Jumpa The Daddies di Final

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto batal berjumpa The Daddies di babak final BWF World Tour Finals 2022 usai tumbang di tangan wakil China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan 20–22, 21–11, dan 19–21 pada Sabtu (10/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menyusul seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, alias The Daddies ke final BWF World Tour Finals 2022.

Fajar/Rian tumbang di tangan wakil China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan rubber game 20–22, 21–11, dan 19–21 dalam pertarungan fase empat besar yang dihelat di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (10/12/2022).

Kedua pasangan bermain cepat di awal game pertama. Fajar/Rian dan Liu/Ou bergantian meraih poin melalui rally-rally pendek. Pasangan Tiongkok lebih banyak melancarkan serangan. Strategi itu efektif membuat wakil Indonesia berada di posisi minor 3–5.

Fajar/Rian baru berhasil menyamakan skor di kedudukan 6–6. Pengembalian shuttlecock Liu/Ou yang mengangkut di net memberi keuntungan buat penggawa Merah Putih. Sayang, situasi tersebut tak bertahan lama. Ganda putra Tanah Air kembali tercecer dua angka dengan 6–8.

Pasangan peringkat tiga dunia mencoba mengikis ketertinggalam mendekati interval. Fajar/Rian akhirnya sanggup mengambil alih kendali dan memimpin 11–9 saat jeda.

Wakil Indonesia berupaya menjaga keunggulan pasca interval. Namun, Liu/Ou terus menempel perolehan poin Fajar/Rian hingga duo pasangan kembali mencatatkan skor imbang 12–12.

Penggawa Merah Putih buru-buru bangkit dengan mengoleksi tambahan tiga angka berturut-turut. Akan tetapi, netting yang tidak sempurna dari kubu Indonesia lagi-lagi memberi angin segar buat pasangan Tiongkok.

Fajar/Rian tersalip 15–16. Unforced errors menjadi penyebab Liu/Ou mampu melangkahi wakil Tanah Air. Fajar/Rian masih tertinggal mendekati poin-poin kritis. Pasangan China lebih dulu mendapat game point opportunity di kedudukan 19–20.

Ganda putra Indonesia sempat memaksa terjadinya deuce usai mendapat satu angka tambahan. Sayang kesempatan ini gagal dimanfaatkan dengan baik. Liu/Ou mampu mencuri kemenangan di game pembuka lewat keunggulan 20–22.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Kedua

Fajar/Rian berusaha membalikkan keadaan di set kedua. Pasangan Indonesia unggul tipis 4–2. Liu/Ou mencari celah untuk mengembalikan keperkasaannya. Namun, wakil Tanah Air masih memimpin dengan 11–7 saat jeda.

Dominasi ganda putra peringkat tiga dunia terus berlanjut selepas interval. Fajar/Rian menciptakan selisih jarak makin jauh dengan Liu/Ou setelah mengumpulkan empat angka berturut-turut hingga kedudukan 15–7.

Duo China balas mengejar lewat tambahan dua poin. Untungnya, situasi ini mampu diredam oleh Fajar/Rian. Pasangan Indonesia mengamankan game kedua usai berjaya 21–11. Dengan demikian, permainan mau tak mau berlanjut ke set penentu.

3 dari 4 halaman

Game Ketiga

Persaingan sengit langsung tersaji di game ketiga. Kemenangan menjadi harga mati yang harus didapat Fajar/Rian jika ingin melangkah ke babak final untuk menghadapi Ahsan/Hendra.

Sayannya, justru Liu/Ou yang lebih dulu tancap gas. Pebulu tangkis asal Negeri Tirai Bambu unggul cepat dengan 0–3. Duo Indonesia baru mendapat satu angka, tetapi torehan poinnya sudah dihentikan oleh pasangan Tiongkok.

Fajar/Rian baru mendapat kesempatan menyamakan skor di kedudukan 8–8. Drama kejar-kejaran poin menjadi tak terhindarkan mendekati interval. Namun, Liu/Ou mampu membuktikan ketangguhannya dengan unggul 11–9 saat jeda.

Pasangan Indonesia memaksa bangkit pasca interval. Skenario kejar-mengejar skor pun kembali terjadi usai Fajar/Rian mencetak angka penyeimbang. Wakil Tanah Air memimpin dua angka di kedudukan 16–14. Akan tetapi, tren positifnya diganggu service error.

Angka kembar tercipta di poin-poin kritis. Liu/Ou mampu menyamakan skor menjadi 17–17, sebelum balik memimpin dengan 17–18. Duel makin panas mendekati pengujung game ketiga.

Kesalahan Fajar membuat pasangan Tiongkok mendapat match point opportunity di kedudukan 18–20. Ganda putra Indonesia akhirnya gagal menghidupkan asa untuk meraih gelar juara setelah keduanya tunduk 19–21 di tangan Liu/Ou.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Pertandingan ke-4: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia); 17–21, 21–13, 21–19

Pertandingan ke-6: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China); 20–22, 21–11, 19–21

Pertandingan ke-7: Jonatan Christie vs Anthony Sinisuka Ginting

Pertandingan ke-10: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 11.00 WIB

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.