Sukses

Gacor di Piala Dunia 2022, Mengapa Rafael Leao Belum Jadi Starter dengan Portugal?

Pelatih Portugal Fernando Santos punya alasan tidak menjadikan Rafael Leao starter dengan tim. Ini alasan pelatih senior Selecao das Quinas itu.

Liputan6.com, Lusail- Pelatih Portugal, Fernando Santos belum memilih Rafael Leao sebagai starter di Piala Dunia 2022. Winger AC Milan ini lebih banyak jadi cadangan dan main beberapa menit saja.

Meski begitu, Leao selalu cetak gol saat dipercaya Santos. Itu dibuktikannya saat melawan Ghana dan Swiss di 16 besar Piala Dunia 2022.

Rafael Leao kini sudah mencetak 2 gol dengan Portugal. Namun Santos punya alasan mengapa belum menjadikannya starter dengan Selecao Das Quinas.

"Dia punya potensi luar biasa. Dia bakal punya karier bagus tapi dia mengalami kesulitan normal seorang pemain yang diberi kebebasan di klub. Dia tak bisa bermain seimbang antara menyerang dan bertahan," kata Santos seperti dikutip Calciomercato.

"Dia sudah melakukan usaha yang fantastis, tapi ada pemain yang bisa hebat di satu tim tapi tidak di tim lain (timnas). Ini bukan berarti saya ragukan kualitas dia dan kepercayaan kepada dia."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bantu Ronaldo

 

Sementara itu pandangan menarik diberikan eks Inggris dan West Ham, Joe Cole. Dia mengatakan Santos harus mainkan Rafael Leao untuk bantu Ronaldo ke performa terbaiknya.

Cole menilai Portugal bisa memaksimalkan kecepatan Leao. Ini uga bisa menguntungkan Ronaldo yang main di depan bersama dia.

"Anda tahu masalah dengan Portugal karena manajernya tidak memilih Leao. Penting untuk masukkan Leao karena Ronaldo pasti akan searah dengan dia," kata Cole.

 

3 dari 5 halaman

Dirayu Milan

 

Di sisi lain, AC Milan sedang berusaha keras untuk merayu Leao untuk memperpanjang kontrak. Namun Leao dan agennya belum mau lakukan itu sehingga menimbulkan spekulasi hengkang.

Saat ini, beberapa klub besar meminati winger 23 tahun ini. Ada MU, Liverpool dan Chelsea yang berminat dengan Leao.

Jurnalis Football Italia, Susy Campanale pun menilai Leao belum siap pindah ke Inggris. Soalnya dia dimanjakan pelatih Milan, Stefano Pioli.

"Apakah Chelsea bakal memberi kebebasan kepada Leao baik saat dia tampil bagus atau buruk," katanya.

 

4 dari 5 halaman

Ronaldo Dicadangkan

Cristiano Ronaldo menjadi cadangan saat Portugal mengalahkan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Dia tergusur dari tim utama karena pertimbangan pelatih.

Laga Portugal vs Swiss berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Selasa (6/12/2022) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB. Portugal lolos ke perempat final usai menang 6-1.

Dalam laga tersebut, pelatih Portugal Fernando Santos memilih untuk memarkir Ronaldo. Posisi Ronaldo dipercayakan kepada Goncalo Ramos sejak awal laga. Keputusan Santos tepat dengan Ramos mencetak hattrick di laga ini.

Adapun Ronaldo Ronaldo baru dimasukkan Santos pada menit ke-74 menggantikan Ramos. Namun, ia gagal mencetak gol tambahan untuk Portugal.

Ini adalah untuk pertama kalinya Ronaldo bermain dari bangku cadangan selama Piala Dunia 2022. Sebelumnya, ia selalu jadi starter meski ditarik keluar di tengah laga.

Lantas, apa yang membuat Santos membangkucadangkan Ronaldo? Isu yang menyeruak lantaran sang pemain sempat ngambek usai diganti saat melawan Korea Selatan.

Namun, Santos membantah hal itu. Dia menegaskan, menaruh Ronaldo di bangku cadangan murni bagian dari taktik dan strategi. "Cristiano dan Ramos adalah tipe pemain yang berbeda. Tidak ada masalah dengan kapten tim nasional," kata Santos dikutip dari Metro.

"Ini strategi. Para pemain punya tipe berbeda. Saya juga memulai dengan [Diogo] Dalot, Raphael [Guerreiro], namun [Joao] Cancelo adalah pemain yang luar biasa. Itulah yang saya pikirkan untuk pertandingan melawan Swiss, di pertandingan lain mungkin akan berbeda," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Komentar Goncalo Ramos

Meski mampu menjadi pahlawan kemenangan Portugal, Ramos menjadi orang pertama yang mendukung pesepak bola berusia 37 tahun itu setelah pertandingan.

"Dia adalah kapten, dia adalah pemimpin dan kami selalu menantikan untuk bermain berdampingan dengannya," kata Ramos seperti dikutip Fot Mob.

Sementara Joao Felix menyebut, Ronaldo adalah pemain hebat dan penting di dalam tim.

"Itu adalah pertandingan yang hebat untuk seluruh tim. Kami memulai dengan baik sejak menit pertama. Kami memainkan permainan yang lengkap dan ketika seperti itu, lebih sulit bagi seseorang untuk mengalahkan kami," kata Felix

"Apakah Cristiano ada di sana atau tidak, yang terpenting adalah tim. Tim juga bermain bagus ketika Ronaldo ada di sana," ucap Felix menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.