Sukses

Perjalanan Belanda ke Perempat Final Piala Dunia 2022: Kejar Trofi Tanpa Total Football

Liputan6.com, Jakarta Belanda masuk daftar 8 negara terakhir yang masih bertahan di Piala Dunia 2022 Qatar, setelah sukses menaklukkan Amerika Serikat 3-1 pada babak 16 besar.

Ketika menghadapi Amerika Serikat, beberapa pengamat menilai, Belanda mulai menerapkan permainan dengan standar tinggi. Salah satunya adalah Micah Richards, eks pemain Manchester City yang sekarang jadi pundit bola.

Dikutip dari Eurosport, Micah Richards yang memiliki 13 caps bersama Timnas Inggris, menilai Belanda di fase gugur menunjukkan reaksi berbeda dibandingkan saat melakoni pertandingan di babak grup.

Belanda menghajar Amerika Serikat dengan cara counter football. Mereka dengan sabar menunggu, lalu balik melepaskan pukulan. Dua gol pertama De Oranje ke gawang Matt Turner, menunjukkan rencana Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar adalah seperti itu.

Tidak ada total football dalam permainan Belanda ala Louis van Gaal. Yang ada adalah tuntutan bermain sabar dan bertarung secara efektif ketika menguasai bola, maupun ketika ditekan lawan.

"Mereka mengendalikan permainan dengan dan tanpa bola. Menjalankan game plan dengan standar tertinggi, dengan tempo di mana mereka tidak memaksakan diri," kata Micah Richards berbicara kepada BBC dikutip dari Eurosport.

Sebelum Micah Richards menyampaikan analisisnya, gelandang Atalanta, Marten De Roon sudah mengirim pesan kepada penggemar Belanda agar tidak terlalu berharap melihat permainan De Oranje yang menghibur.

Pernyataan De Roon disampaikan untuk menjawab para kritikus yang menilai permainan Belanda, khususnya di babak grup tidak sedap untuk dilihat. "Nilai hiburan (sepak bola indah) tidak begitu penting," tegas De Roon dikutip dari Voetbal Primeur.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Abaikan Total Football

Terlepas dari performa impresif penyerang muda mereka, Cody Gakpo, permainan Belanda di babak grup memang terlihat rada mengkhawatirkan, jauh dari kesan total football yang acap diidentikkan kepada De Oranje sejak Johan Cruyff Cs menunjukkannya di Piala Dunia 1974.

Di pertandingan pertama Grup A Piala Dunia 2022, Belanda banyak ditekan oleh Senegal meski akhirnya bisa menang 2-0 berkat dua gol telat. De Oranje juga dinilai cukup beruntung terhindar dari kekalahan saat bermain imbang 1-1 kontra Ekuador. Permainan Belanda rada mendingan saat mengandaskan Qatar 2-0 di laga terakhir Grup A.

Tapi semua tentu tahu, Qatar, tak memiliki kualitas permainan yang baik untuk bertarung di panggung besar Piala Dunia dan faktanya mereka adalah tuan rumah Piala Dunia terburuk dari segi hasil pertandingan.

Marten de Roon tak peduli dengan kritikan terhadap permainan timnas Belanda. Dia bersama para pemain pilihan Van Gaal, berada di Qatar karena satu alasan dan tujuan yakni membawa Belanda mendapatkan gelar juara dunia pertama setelah kegagalan di final 1974, 1978, dan 2010.

De Roon menyadari bahwa timnas Belanda tidak memainkan sepak bola yang atraktif di Piala Dunia kali ini. Tetapi dia setuju dan akan mendukung semua rencana serta ide-ide Van Gaal yang biasanya brilian.

Yang pasti, untuk mendapatkan trofi Piala Dunia pertama, Belanda memang butuh cara bermain yang efektif dan sedikit keberuntungan seperti yang pernah dikatakan Van Gaal.

"Kamu tidak boleh membuat kesalahan lagi, kamu tidak boleh kalah. Nilai hiburannya tidak begitu penting. Kami ingin menjadi juara dunia tanpa harus memainkan sepak bola yang bagus (atraktif)," tegasnya

"Kalian mungkin lebih suka (melihat Belanda) bermain dan menang dengan skor 5-0, tetapi tidak selalu demikian," kata De Roon. "Kami mendapatkan hasil dan kami tidak kalah. Saya harap ini menjadi lebih baik. Tujuan pertama hanya untuk melangkah lebih jauh."

Denzel Dumfries, yang tampil brilian saat Belanda menumpas Amerika Serikat, juga setuju dengan perkataan De Roon. "Saya mengkritik permainan saya sendiri, tetapi ini tentang tim. Kami tahu apa yang bisa diperbaiki. Ini tidak ada hubungannya dengan performa, karena itu bagus," tegas fullback Inter Milan yang kabarnya diincar Chelsea.

 

3 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan Belanda

Berikut adalah rekap hasil pertandingan Belanda, mulai dari fase grup hingga lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022:

Hasil Laga Grup A

21/11/2022 - Senegal vs Belanda 0-2 (Cody Gakpo 84, Davy Klaassen 90+4)

25/11/2022 - Belanda vs Ekuador 1-1 (Cody Gakpo 6; Enner Valencia 49)

29/11/2022 - Belanda vs Qatar 2-0 (Cody Gakpo 26, Frenkie De Jong 49)

Hasil Laga 16 Besar

03/12/2022 - Belanda vs Amerika Serikat 3-1 (Memphis Depay 10, Daley Blind 45+1, Denzel Dumfries 81; Haji Wrigth 76)

 

 

4 dari 5 halaman

Statistik Belanda

Jumlah gol: 8

Kebobolan: 2

Kartu Kuning: 4 (Matthijs de Ligt, Nathan Ake, Teun Koopmeiners, Frenkie De Jong)

Kartu Merah: -

Daftar Pencetak Gol

3 gol - Cody Gakpo

1 gol - Davy Klaassen, Frenkie De Jong, Memphis Depay, Daley Blind.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Selanjutnya

Tantangan Belanda selanjutnya akan berat, menghadapi salah satu favorit kuat juara Piala Dunia 2022, Argentina yang menunjukkan progres positif sejak kalah 1-2 dari Arab Saudi di laga pertama.

Pertandingan Belanda vs Argentina akan digelar di Stadion Lusail Iconic, pada Jumat (9/12/2022) malam pukul 22.00 waktu Qatar atau Sabtu (10/12/2022) dini hari pukul 02.00 WIB.

Di atas kertas, sulit memprediksi siapa yang bakal jadi pemenang duel Belanda vs Argentina. La Albiceleste sedikit lebih difavoritkan, tetapi komitmen pasukan De Oranje yang satu kata untuk memainkan sepak bola kolektif dan efektif bisa membuat impian besar Lionel Messi meraih trofi kandas.

Belanda dan Argentina terakhir kali jumpa di Piala Dunia 2014 pada babak semifinal yang dimenangkan La Albiceleste lewat adu penalti, di mana saat itu, Belanda juga dipegang oleh Van Gaal yang selepas turnamen kemudian melatih Manchester United.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS