Sukses

Daftar Lengkap Tim Yang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Uruguay Juga Tersisih

Liputan6.com, Jakarta Fase penyisihan grup Piala Dunia 2022 sudah resmi berakhir saat Kamerun kalahkan Brasil 1-0 di stadion Lusail, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. Satu gol dari Vincent Aboubakar membungkam Brasil.

Ini menjadi kemenangan Afrika pertama melawan Brasil. Dan ini hanya bisa dilakukan oleh Kamerun, sang Indomitable Lion atau Singa yang tak bisa dikalahkan, julukannya.

Brasil didampingi Swiss lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sedangkan di grup H menampilkan kejutan karena Uruguay gagal lolos.

Meski menang 2-0 atas Ghana, Uruguay kalah produktivitas gol lawan Korea Selatan. Korsel mencetak 4 poin dengan produktivitas 4 gol dan 4 kemasukan. Sedangkan Uruguay 4 poin juga tapi 2 gol dan 2 kemasukan.

Ini tentu menjadi kegagalan menyakitkan bagi Uruguay, sang juara Piala Dunia 2 kali. Sebelumnya, tim unggulan Jerman juga tersingkir karena juga kalah produktivitas gol dari Spanyol.

Nasib Jerman juga digagalkan oleh gol telat Jepang yang secara mengejutkan kalahkan Spanyol 2-1.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Dua Kali Beruntun

Timnas Jerman harus pulang lebih awal dari Piala Dunia 2022 setelah gagal lolos dari Grup E. Der Panzer hanya mengoleksi empat poin dari hasil masing-masing sekali menang, imbang, dan kalah. Mereka kalah selisih gol dari Spanyol di posisi runner-up.

Walaupun pada laga terakhir Jerman berhasil menang 4-2 melawan Kosta Rika, hasil tersebut tidak berpengaruh karena kejutan di tempat terpisah. Jepang secara mengejutkan berhasil mengalahkan Spanyol 2-1. Samurai Biru pun memuncaki klasemen.

Fakta menyedihkannya, ini bukan kali pertama Timnas Jerman gagal lolos grup. Pada Piala Dunia 2018, Thomas Muller dan kawan-kawan juga harus pulang lebih awal karena menempati posisi buncit di grup dengan raihan tiga poin.

Ini merupakan catatan rekor terburuk Der Panzer yang back-to-back atau dua kali berturut-turut gagal lolos fase grup Piala Dunia. Lantaran, sebelum kegagalan pada Piala Dunia 2018, Jerman selalu lolos ke babak gugur.

Terakhir kali Jerman terhenti di babak awal adalah pada Piala Dunia 1938, ketika turnamen hanya diikuti 16 tim peserta dan menggunakan sistem gugur. Saat itu Jerman langsung tersingkir usai kalah 2-4 dari Swiss.

Raihan buruk lainnya yaitu di Piala Eropa 2020, Jerman hanya berhasil melaju sampai babak 16 besar. Der Panzer dikalahkan Inggris 0-2 yang saat itu melaju sampai final sebelum dikalahkan sang kampiun Italia lewat adu pinalti.

Daftar Lengkap tim yang lolos ke 16 besar besar Piala Dunia 2022 bisa Anda dapatkan di halaman berikutnya.

 

3 dari 5 halaman

Grup A-D

 

Grup A

Juara: Belanda

Runner-up: Senegal

Tersingkir: Qatar, Ekuador

 

Grup B

Juara: Inggris

Runner-up: Amerika Serikat

Tersingkir: Iran, Wales

 

Grup C

Juara: Argentina

Runner-up: Polandia

Tersingkir: Arab Saudi, Meksiko

 

Grup D

Juara: Prancis

Runner-up: Australia

Tersingkir: Denmark, Tunisia

 

4 dari 5 halaman

Grup E-H

Grup E

Juara: Jepang

Runner-up: Spanyol

Tersingkir: Jerman, Kosta Rika

 

Grup F

Juara: Maroko

Runner-up: Kroasia

Tersingkir: Kanada, Belgia

 

Grup G

Juara: Brasil

Runner Up: Swiss

Tersingkir: Kamerun, Serbia

 

Grup H

JUara: Portugal

Runner Up: Korea Selatan

5 dari 5 halaman

Jadwal Piala Dunia 2022

 

Sabtu, 3 Desember 2022

22.00 WIB: Belanda vs Amerika Serikat - SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola

Minggu, 4 Desember 2022

02:00 WIB: Argentina vs Australia - SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS