Sukses

Trio Wasit Wanita Bakal Pimpin Duel Hidup Mati Kosta Rika vs Jerman di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA menunjuk trio wasit yang semuanya perempuan untuk memimpin pertandingan Kosta Rika dan Jerman di ajang Piala Dunia Qatar 2022.

Wasit Stephanie Frappart akan bergabung dengan asisten Neuza Back dari Brasil dan Karen Diaz dari Meksiko untuk pertandingan penting di Grup E, Kamis atau Jumat dini hari WIB (2/12/2022).

Duel hidup mati Kosta Rika kontra Jerman ini tersaji di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor. Seluruh tim Grup E masih sama-sama memiliki peluang untuk tembus ke babak 16 besar. Hanya saja, Jerman saat ini berada di posisi yang paling terdesak.

Tim Panser cuma bisa bertengger di peringkat empat klasemen sementara dengan torehan satu poin. Mereka tercatat belum sekali pun memetik kemenangan dari dua laga perdana Piala Dunia 2022 yang sudah dilakoni.

Karenanya, duel kontra Kosta Rika pun menjadi laga yang patut dimenangkan oleh Tim Panser jika ingin mengais asa untuk lolos ke babak 16 besar. Walau begitu, perlu dicatat bahwa raihan tiga poin saja tidak cukup untuk mengamankan posisi Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sejarah

Seperti diketahui, penunjukkan wasit wanita untuk memimpin di Piala Dunia pria adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah FIFA.

Frappart dari Prancis adalah satu dari tiga wasit wanita di antara 36 wasit yang dipilih untuk turnamen di Qatar, bersama wasit Rwanda Salima Mukansanga dan wasit Jepang Yoshimi Yamashita.

Mereka juga akan bergabung dengan Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina dari Meksiko dan Kathryn Nesbitt dari Amerika, yang menuju Piala Dunia sebagai tiga dari 69 asisten wasit.

Berikut profil Yamashita Yoshimi, Salima Mukansanga, dan Stephanie Frappart yang ditunjuk memimpin pertandingan di Piala Dunia

3 dari 5 halaman

Yamashita Yoshimi

Wasit Jepang Yamashita Yomishi akan tampil di Piala Dunia kedua berturut-turut setelah memimpin Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis.

Dia juga memimpin Olimpiade 2020, yang diadakan pada tahun 2021, dalam pertandingan antara Amerika Serikat dan Swedia.

4 dari 5 halaman

Salima Mukansanga

Wasit Rwanda Salima Mukansanga telah memimpin laga FIFA sejak 2012. Mukansanga sudah tidak asing lagi di pentas dunia, setelah juga memimpin Piala Afrika putra pada awal 2022, Piala Dunia Wanita 2019, Olimpiade Tokyo 2020, dan sekarang di Piala Dunia di Qatar.

5 dari 5 halaman

Stephanie Frappart

Stephanie Frappart dari Prancis melakoni debutnya pada tahun 2019 di Piala Dunia di Prancis dan kemudian menjadi wasit di final Piala Super UEFA di tahun yang sama.

Pada tahun 2020, dia menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pria. Setahun kemudian dia memimpin saat Atletico Madrid menghadapi Chelsea di leg kedua babak 16 besar di Liga Champions UEFA putri.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS