Sukses

Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Absen Latihan Jelang Korea Selatan vs Portugal, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Megabintang Portugal Cristiano Ronaldo dilaporkan tak muncul dalam sesi latihan bersama timnya, Rabu (30/11/2022) waktu setempat. Padahal, skuad asuhan Fernando Santos bakal menghadapi Korea Selatan, Jumat (2/12/2022).

Absennya Ronaldo berbarengan dengan ketidakhadiran Danilo Pereira, Nuno Mendes, dan Otavio yang dilaporkan mengalami cedera. Situasi tersebut memunculkan spekulasi mengenai kondisi Ronaldo jelang laga pemungkas Grup H Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, CR7 hingga kini masih menjadi sosok penting bagi Timnas Portugal. Ia menyandang predikat sebagai pesepak bola pertama yang mampu mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia berbeda usai membobol gawang Ghana, Kamis (24/11/2022) lalu.

Pesepak bola berusia 37 tahun sempat mengeklaim dirinya kembali mencetak angka pembuka di laga kontra Uruguay. Namun, sensor membuktikan bahwa umpan Bruno Fernandes memang sudah mengarah ke jaring, tanpa bantuan sundulan CR7.

Tampil tanpa Cristiano Ronaldo di duel pemungkas sejatinya bukan hal yang terlalu berbahaya buat Portugal. Pasalnya, Selecao das Quinas sudah dipastikan melangkah ke babak 16 besar usai mengoleksi kemenangan beruntun dari dua pertandingan perdana Piala Dunia 2022.

Laga melawan Korea Selatan hanya bakal menuntukan status Portugal di babak selanjutnya. CR7 dan kawan-kawan bisa menyandang predikat juara grup apabila mereka mampu mengamankan minimal satu poin saat bersua dengan Taeguk Warriors.

Hingga kini belum diketahui secara pasti alasan Ronaldo mangkir dari sesi latihan skuad Portugal. Walau begitu, Marca melaporkan eks bintang Real Madrid itu justru fokus melakoni latihan individu, alih-alih bergabung bersama rekan-rekan setimnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rotasi Pemain

Terlepas dari ketidakhadiran CR7 dalam latihan grup, Ronaldo diprediksi masih berambisi untuk tampil sejak menit pertama di pertandingan terakhir. Sebabnya, laga kali ini bisa dijadikan kesempatan bagi peraih Ballon d’Or lima kali untuk menambah koleksi golnya di Piala Dunia.

Walau begitu, Mirror menyebut bos Timnas Portugal nampaknya lebih tertarik melakukan rotasi pada penggawa lini serang. Posisi Selecao das Quinas yang sudah aman memberi peluang bagi sang juru taktik untuk mengistirahatkan anak-anak asuhnya jelang babak 16 besar.

Terdapat sejumlah nama yang berpotensi mendapat promosi ke starting line-up jika Fernando Santos benar-benar melakukan perubahan susunan pemain. Nama-nama tersebut ialah Rafael Leao, Goncalo Ramos, serta Matheus Nunes.

3 dari 4 halaman

Ronaldo di Klub

Berbeda dari situasinya bersama Timnas Portugal di Piala Dunia, kondisi Ronaldo di level klub terbilang memprihatinkan. Kontraknya baru saja diputus oleh Manchester United (MU), menyusul wawancara kontroversial yang dilakukan sang pemain dengan Piers Morgan.

CR7 kala itu mengkritik habis-habisan manajemen MU. Ia melontarkan kecaman pedas pada manajer Erik ten Hag serta mantan rekan setimnya di Old Trafford. Akibat hal ini, Ronaldo dan MU kompak mengakhiri kesepakatan lebih awal.

Agen CR7 Jorge Mendes telah berupaya mencari klub baru untuk kliennya. Raksasa Liga Inggris Chelsea sempat dikaitkan dengan kepindahan sang pemain. Pemilik The Blues Todd Boehly memang terang-terangan menunjukkan ketertarikannya pada Ronaldo.

Sayang, wacana kepindahan CR7 ke Stamford Bridge nampaknya menemui batu sandungan besar. Juru taktik Chelsea Graham Potter dilaporkan kurang berminat pada prospek penandatanganan megabintang asal Portugal.

4 dari 4 halaman

Hijrah ke Arab

Tak bisa bertolak ke London Barat, Ronaldo punya alternatif lain. Klub Arab Saudi digadang-gadang rela menggelontorkan dana besar demi menyewa jasanya.

Laporan terkini mengeklaim CR7 agaknya sudah mulai terbuka pada peluang hijrah ke luar Eropa. Pemberitaan Marca menyebut pesepak bola berusia 37 tahun sepakat bergabung dengan Al Nassr melalui kontrak senilai 200 juta euro.

Sumber yang sama juga mengungkap Ronaldo bakal memperkuat klub Arab Saudi itu dengan kontrak 2,5 tahun yang berlaku hingga musim panas 2025. Kesepekatan antara kedua belah pihak konon hampir rampung dan tinggal menunggu pengumuman resmi.

Sekadar informasi, Al Nassr saat ini ditangani oleh mantan pelatih AS Roma dan Marseille Rudi Garcia. Kedatangan Ronaldo diprediksi bakal menjadi dorongan besar bagi Al Nassr yang berusaha mendapatkan kembali dominasinya di liga domestik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS