Sukses

Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Kylian Mbappe Melesat, Pemain Pengganti Ikut Ramaikan Persaingan

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 tidak hanya menghadirkan persaingan ketat dalam perebutan tiket menjuju babak 16 besar saja. Perburuan gelar Sepatu Emas bagi pencetak gol terbanyak juga berlangsung sengit. 

Kylian Mbappe sejauh ini masih menguasai klasemen top skor Piala Dunia 2022. Penyerang Prancis tersebut telah mengemas tiga gol dari dua pertandingan yang sudah dilalui bersama Les Bleus. 

Menariknya, seluruh gol yang dicetak Mbappe lahir dari skema open play. Pemain Paris Saint Germain (PSG) itu mulai membuka rekening golnya di Piala Dunia 2022 pada laga pertama Vs Australia. 

Dalam duel ini, Prancis menang 4-1 dan Mbappe menyumbang satu gol bagi timnya.

Ketajaman Mbappe kembali terlihat pada pertandingan kedua melawan Denmark. Dalam laga ini, Mbappe memborong dua gol dan membawa Les Bleus menang 2-1 atas Tim Dinamit. Kemenangan ini juga sekaligus memastikan langkah sang juara bertahan menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. 

Meski demikian, Mbappe bukan satu-satunya pemain yang menorehkan tiga gol di Piala Dunia 2022. Enner Valencia dari Ekuador yang tampil memukau juga sudah mengantongi torehan yang sama. Bedanya, satu gol Valencia dicetak dari titik putih penalti, yakni saat Ekuador mengalahkan Qatar 2-0 di laga pembuka.

Selain kedua nama di atas, penyerang-penyerang haus gol lainnya juga sudah mulai menebar ancaman. Salah satunya adalah Lionel Messi. Pemain timnas Argentina yang dijuluki La Pulga itu seakan baru bangun dari tidurnya saat menambah torehan golnya pada pertandingan krusial melawan Meksiko di Grup C. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sihir Lionel Messi

Duel ini sangat penting bagi Argentina setelah di laga perdana dipermalukan Arab Saudi 1-2. Sempat kesulitan menembus kokohnya pertahanan Meksiko, La Pulga akhirnhya menunjukkan sihirnya pada menit ke-64. Celah sempit yang terlihat di antara rapatnya barisan pertahanan Meksiko berhasil ditembusnya.

Lewat tendangan menyusur tanah, Messi yang tidak banyak berlari dalam laga ini membawa Albicelesta unggul 1-0. Ini jadi gol kedua La Pulga di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, mantan ikon Barcelona itu sudah lebih dulu mencatatkan namanya di papan skor pada pertandingan pertama melawan Arab Saudi. 

La Pulga juga jadi aktor penting di balik gol kedua Argentina ke gawan Meksiko. Kejeliannya memberi umpan matang ke sisi kanan pertahan lawan, mampu dimaksimalkan oleh Enzo Fernandez jadi gol. 

Selain Messi, striker tajam asal Polandia, Robert Lewandowski juga mulai menunjukkan kebolehannya. Pemain yang pernah jadi langganan top skor di Bundesliga itu akhirnya pecah telur di Piala Dunia 2022.

Gol perdana Lewandowski lahir saat timnya menang 2-0 atas Arab Saudi. Dalam laga ini, Lewandowski mencetak gol dari titik putih penalti pada menit ke-82, sekaligus jadi gol perdananya di ajang Piala Dunia. Wajar, setelah laga Lewandowski tampak emosional dan menangis di lapangan saking girangnya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Ancaman dari Bangku Cadangan

Predator di Piala Dunia 2022 juga tidak lahir dari pemain inti saja. Ancaman juga datang dari para pemain pengganti, seperti Alvaro Morata. Pemain asal Spanyol itu sejauh ini juga sudah mengoleksi dua gol.

Gol pertama Morata dicetak saat Spanyol membantai Kosta Rika 7-0 di Grup E. Morata yang tampil sebagai pemain pengganti berhasil menyempurnakan kemenangan Tim Matador lewat gol di masa injury time. 

Morata kembali tampil sebagai pengganti pada pertandingan kedua melawan Jerman. Dan lagi-lagi, pemain yang dipinjamkan ke Juventus itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Morata memecah kebuntuan pada menit ke-62, setelah masuk menggantikan Feran Torres pada menit ke-54. Sayang, Spanyol batal menang karena Jerman berhasil menyamakan kedudukan lewat Niklas Fuellkrug pada menit ke-83. Pemain Warder Bremen itu juga baru masuk di babak kedua menggantikan Thomas Mueller. 

 

 

4 dari 4 halaman

Daftar Top Skor Sementara Piala Dunia 2022

3 Gol

Enner Valencia (Ekuador)

Kylian Mbappe (Prancis

 

2 Gol

Alvaro Morata (Spanyol)

Andrej Kramaric (Kroasia)

Richarlison (Brasil)

Mehdi Terami (Iran)

Cody Gakpo (Belanda)

Olivier Giroud (Prancis)

Bukayo Saka (Inggris)

Ferran Torres (Spanyol)

Lionel Messi (Argentina)

Simak juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 melalui tautan ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS