Sukses

Proliga 2023: Peserta Wajib Daftarkan Tujuh Pemainnya 7 Desember 2022

Tujuh pemain yang sudah didaftarkan para peserta Proliga 2023 tidak bisa didanti lagi. Setiap tim nantinya dipersilakan mendaftarkan 18 pemain, plus maksimal dua pemain asing dan minimal satu pemain asing.

Liputan6.com, Jakarta - Klub peserta Proliga 2023 diwajibkan sudah mendaftarkan pemainnya paling lambat pada 7 Desember 2022. Direktur Proliga Hanny S. Surkatty mengatakan minimal tujuh pemain yang akan dimainkan pada kompetisi bola voli ini didaftarkan seluruh tim.

"Diharapkan semua tim sudah memasukkan minimal tujuh pemainnya kepada kami," kata Hanny di Jakarta, Minggu (27/11/2022), seperti dikutip dari rilis PBVSI.

Hanny menambahkan ketujuh pemain yang telah didaftarkan untuk Proliga tak bisa diganti lagi. "Nama-nama pemain itu yang sudah pasti. Karena, yang sudah didaftarkan itu tidak bisa diganti lagi," ucap pria yang juga menjabat Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI itu.

Setiap tim nantinya dipersilakan mendaftarkan 18 pemain plus maksimal dua pemain asing dan minimal satu pemain asing. "Pemain lainnya untuk melengkapi 18 pemain didaftarkan satu hari menjelang dimulainya kompetisi, yaitu pada 4 Januari 2023," papar Hanny.

Pemain yang sudah didaftarkan nantinya bisa diganti menjelang putaran kedua, yaitu pada 1 Februari 2023, pada waktu pertemuan teknik di Gresik. Penggantian hanya diperbolehkan dua pemain domestik dan satu pemain asing.

"Namun, jika tidak mengganti pemain asing, maka setiap klub boleh mengganti tiga pemain domestiknya," pungkas Hanny.

Pemain asing yang diturunkan wajib memiliki Kitas atau kartu ijin tinggal sementara dan ITC (International Transfer Certificate). Sedangkan pelatih asing hanya diminta memiliki Kitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuh putra dan enam putri

Proliga 2023 akan dimulai pada 5 Januari hingga 19 Maret. Sebanyak tujuh tim putra dan enam putri akan meramaikan kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia yang telah memasuki tahun ke-21 itu.

Ketujuh tim putra antara lain Bogor Lavani, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, Kudus Sukun Badak, dan tim pendatang baru Jakarta Bhayangkara.

Sedangkan enam tim putri terdiri dari Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan tim pendatang baru Jakarta BIN.

Proliga 2023 ini akan berlangsung di delapan kota, yakni Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Bandung menjadi tempat laga pembuka pada 5 Januari 2023 dan berakhir di Yogyakarta pada 19 Maret 2023.

Proliga mulai kembali diputar pada musim 2022 setelah terhenti karena pandemi Covid-19. Pada musim 2020, Proliga terhenti pada putaran kedua adanya Covid-19 yang mengguncang dunia.

Pada 2021, kompetisi ditiadakan dan kembali dimulai pada 2022 yang berlangsung di satu tempat yakni Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

 

3 dari 3 halaman

Daftar peserta

Putra: Bogor Lavani, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, Kudus Sukun Badak, dan Jakarta Bhayangkara.

Putri: Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan Jakarta BIN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.