Sukses

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022: Swiss vs Kamerun

Liputan6.com, Jakarta - Laga Swiss melawan Kamerun bisa menjadi penentu bagi kedua tim di Grup G untuk mencapai babak sistem gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Sebab, ada Brasil yang difavoritkan menjadi juara grup sehingga satu slot tersisa akan diperebutkan oleh Swiss, Kamerun, dan Serbia.

Swiss telah mendapatkan momentum pada waktu yang tepat dengan kemenangan atas tim seperti Portugal, Republik Ceko, dan Spanyol dalam Nations League baru-baru ini. Tapi, mereka hanya finis ketiga dan tidak bisa lolos ke fase berikutnya.

Rossocrociati - julukan Swiss - menikmati kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yang luar biasa. Swiss tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan  dan finis pertama di Grup C dengan 18 poin, mengungguli juara Piala Eropa Italia.

Swiss juga mencapai perempat final di UEFA Euro 2020 sebelum tersingkir lewat adu penalti melawan Spanyol. Sebelumnya, Swiss mengalahkan Prancis di babak 16 besar.

Swiss telah mendapatkan pecutan setelah menderita kekalahan 0-2 dari Ghana dalam pertandingan pemanasan jelang Piala Dunia Qatar 2022. Tapi, itu hanya bisa menjadi hal yang baik jika mereka bisa bangkit kembali dalam permainan.  

Mereka berharap untuk mencapai babak sistem gugur untuk ketiga kali berturut-turut setelah sebelumnya finis di babak 16 besar pada Piala Dunia Brasil dan Rusia. Selain itu, tidak terkalahkan di babak penyisihan grup pada 2018.

Dengan bintang-bintang Liga Premier seperti Granit Xhaka, Fabian Schar, Denis Zakaria, dan Manuel Akanji, Swiss memiliki peluang kuat untuk maju ke babak 16 besar. Kemenangan melawan Kamerun akan menjadi titik awal yang baik untuk pasukan Murat Yakin.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Kekuatan Kamerun

Kamerun kembali ke Piala Dunia untuk kedelapan kalinya dalam sejarah mereka setelah gagal lolos pada edisi 2018. The Indomitable Lions - julikan Kamerun - juga bernasib baik di kualifikasi Piala Dunia, dengan mengalahkan Pantai Gading 1-0 untuk mengklaim posisi teratas.

Mereka mampu membalikkan defisit 1-0 di leg pertama dalam playoff melawan Aljazair berkat gol Karl Toko Ekambi di menit ke-124 waktu tambahan untuk lolos ke Piala Dunia dengan gol tandang. Tapi, Kamerun selalu kalah dalam enam pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, finis di posisi terbawah grup pada 2010 dan 2014.

Mereka finis ketiga di Piala Afrika 2021, berkat kemenangan play-off tempat ketiga. Sementara mereka sebagai tim yang tidak difavoritkan untuk maju ke babak berikutnya, kemenangan atas Swiss akan mengatur Kamerun dengan baik untuk pertemuan mereka melawan Serbia pada 28 November.

3 dari 5 halaman

Prediksi Taktik Swiss

Skuad Swisss memiliki pengalaman dan kualitas di semua area lapangan dan seimbang di semua lini sambil membawa beberapa veteran.

Pelatih Swiss Murat Yakin memiliki sesuatu dari generasi emas yang dimilikinya dan akan berusaha membawa mereka sejauh mungkin di turnamen. Yakin mencoba sistem 3-1-4-2 yang tidak biasa melawan Ghana tetapi bisa kembali ke 4-2-3-1 setelah menghadapi kekecewaan dengan pengaturan tersebut.

Kapten Granit Xhaka akan sangat penting bagi prospek Swiss di Qatar. Gelandang tengah yang sangat berpengalaman dan agresif ini memiliki lebih dari 100 caps untuk negaranya dan telah tampil luar biasa musim ini untuk Arsenal dalam peran box-to-box hybrid. Dia mencetak enam keterlibatan gol hanya dalam 13 pertandingan liga.

Xhaka akan bermitra dengan Remo Freuler, yang satu-satunya tugasnya di lapangan adalah menjaga segala sesuatunya terus berjalan.

Duo bek tengah Liga Premier Manuel Akanji dan Fabian Schar berada dalam performa terbaiknya di sepak bola domestik untuk Manchester City dan Newcastle United. Keduanya terkenal karena kecerdasan pertandingan, kemampuan bertahan, dan kemampuan bermain bola mereka.

4 dari 5 halaman

Prediksi Taktik Kamerun

Kamerun baru-baru ini berganti manajer, dengan Song dipromosikan dari posisi U-23 ke posisi tim utama pada Maret 2022, menyusul finis ketiga di Piala Afrika.

Song bertanggung jawab atas lima pertandingan, termasuk kemenangan dramatis playoff melawan Aljazair, dan telah menguji beberapa formasi berbeda, dari 4-3-3 hingga 4-1-4-1 hingga 4-4-2, dalam pertandingan uji coba menuju Piala Dunia.

Mengingat bakat mencolok yang mereka miliki, 4-4-2 paling cocok untuk mereka. Eric Maxim Choupo-Moting, misalnya, sedang dalam performa terbaiknya dalam mencetak gol untuk Bayern Munich musim ini. Dia adalah bintang pria Kamerun dan akan berharap untuk membawa mimpi bangsanya ke Qatar.

Selain itu, kecepatan, kekuatan, produk akhir, dan tipuan yang fantastis dari penyerang Lyon, Karl Toko Ekambi, serta Bryan Mbeumo dari Brentford, yang juga suka berlari dan menyerang kotak penalti dari area yang luas, dan tiba-tiba, mereka jelas memiliki serangan yang kompeten.

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schar, Silvan Widmer; Granit Xhaka, Remo Freuler; Ruben Vargas, Djibril Sow, Xherdan Shaqiri; Breel Embolo.

Pelatih: Murat Yakin (Swiss).

Info skuad: Tidak ada pemain absen.

 

Kamerun (4-1-4-1): Andre Onana; Enzo Ebosse, Nicolas Nkoulou, Jean-Charles Castelletto, Collins Fai; Martin Hongla; Karl Toko Ekambi, Andre-Frank Zambo Anguissa, Olivier Ntcham, Bryan Mbeumo; Eric Maxim Choupo-Moting.

Pelatih: Rigobert Song (Kamerun).

Info skuad: Tidak ada pemain absen.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.