Sukses

Pertama Kali dalam Sejarah FIFA, Sederet Wasit Perempuan dalam Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola memang identik dengan laki-laki. Namun, jangan salah sangka, jenis kelamin tidak menjadi penghalang bagi siapa pun untuk terbang tinggi dalam bidang ini.  Perempuan juga bisa. Piala Dunia 2022 Qatar menjadi edisi pertama  dilibatkannya wasit perempuan dalam sejarah pertandingan Piala Dunia. 

Dalam Piala Dunia 2022 total ada 6 wasit perempuan. Tiga perempuan sebagai wasit utama dan tiga lainnya sebagai asisten wasit. Bukan tanpa alasan, wasit-wasit perempuan hebat ini pun memiliki segudang prestasi dalam dunia sepak bola.

Jam terbang tinggi, mereka tampil di berbagai ajang kompetisi sepak bola.  Kemampuan mereka patut diacungi jempol. Bahkan, beberapa wasit tersebut sudah tergabung dalam daftar wasit FIFA sejak lama. 

Lantas, ada perempuan hebat mana saja yang dipercaya menjadi wasit dalam kompetisi sepak bola internasional paling bergengsi ini? Apakah wasit perempuan favoritmu salah satunya? Yuk, intip sederet wasit perempuan dalam Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar berikut ini!

1. Yamashita Yoshimi

Berasal dari Jepang, Yamashita Yoshimi terpilih menjadi salah satu wasit perempuan dalam Piala Dunia 2022 di Qatar. Dirinya memiliki jam terbang tinggi di kancah internasional. Sebelumnya Yamashita pernah tampil sebagai wasit dalam Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis.

Perempuan berumur 36 tahun tersebut juga pernah menjadi wasit dalam Liga Champions AFC 2020. Yamashita berhasil membuktikan bahwa perempuan Asia pun dapat mendobrak dunia sepak bola bergengsi. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Stephanie Frappart

Staphanie Frappart dari Prancis bisa dibilang menjadi salah satu wasit paling menonjol yang terdaftar dalam Piala Dunia 2022. Dirinya memiliki catatan impresif karier di dunia wasit internasional.

Perempuan berusia 38 tahun ini sudah berada dalam daftar wasit FIFA sejak tahun 2009. Stephanie juga telah menjadi wasit dalam kompetisi sepak bola lain seperti Liga Champions UEFA. Berkat prestasinya, Stephanie berhasil membawa pulang penghargaan Wasit Terbaik Dunia IFFHS selama 3 tahun berturut-turut sejak 2019.

3 dari 4 halaman

3. Salima Mukansanga

Rwanda Salima Mukansanga pun terpilih menjadi wasit perempuan dalam Piala Dunia 2022. Tercatat telah masuk daftar wasit FIFA sejak 2012. Pada awal tahun ini, perempuan berusia 34 tahun ini juga terpilih menjadi wasit perempuan pertama di Piala Afrika.

Dirinya juga berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo pada tahun 2020. 

4 dari 4 halaman

4. Asisten Wasit

Dalam Piala Dunia 2022 terpilih 3 asisten wasit perempuan. Ketiga perempuan hebat tersebut adalah Noiza Park dari Brasil, Catherine Nesbitt dari Amerika, dan Karen Dias Medina dari Meksiko. Ketiga siap membantu para wasit utama untuk menegakkan aturan permainan selama pertandingan. 

 

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.