Sukses

Menangi Race 1 WSBK Mandalika, Toprak Razgatlioglu Akui Siap ke MotoGP

Liputan6.com, Mandalika Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu sulit dibendung pada Race 1 WSBK Mandalika yang berlangsung di sirkuit Pertamina Mandalika International Circuit, Sabtu (12/11/2022). Toprak finis pertama dan ungguli pembalap Aruba it Ducati, Alvaro Bautista dengan jarak 4,324 detik.

Kemenangan ini membuat Toprak sukses menahan Alvaro Bautista untuk menjadi juara WSBK 2022. Namun ada satu momen menegangkan yang dirasakan Toprak saat mengikuti race 1.

Toprak tak terbendung sejak start di posisi pertama pada race 1. Modal kecepatan sejak kualifikasi, Toprak sulit dikejar lawan.

Awalnya, dia dibayangi rekan setim Andrea Locatelli. Namun Locatelli sukses disalip Jonathan Rea di tikungan 10 pada lap 2.

Meski begitu, Rea tak juga mampu menyusul Toprak. Pembalap Pata Yamaha asal Turki ini pun stabil dengan kecepatan dengan waktu lap 1 menit 33 detik untuk meraih finis pertama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Blunder

 

Meski terlihat sempurna, Toprak sebenarnya melakukan blunder pada tikungan 7. Dia harus mengambil jalan memotong pada tikungan S.

Ini membuat jaraknya dengan Alvaro Bautista sempat diperpendek menjadi 1,1 detik. Namun dia gaspol lagi sehingga pembalap asal Spanyol itu tak bisa menyusulnya.

Saat melahap tikungan 7 di lap ke-13, dia sempat teringat insiden highside yang dialami Marc Marquez pada awal tahun lalu. Ini membuat dia sempat ketakutan.

"Di tikungan 6, saya melewati area berpasir dan saya terpaksa tutup gas di tikungan 7 karena bagian belakang motor saya bergeser," kata Toprak seperti dikutip situs WSBK.

"Saya pun langsung ingat dengan insiden Marc Marquez yang mengalami crash parah di sini. Saya selalu takut dengan tikungan 7 karena hanya ada satu racing line."

 

3 dari 4 halaman

Dekati Waktu Quartararo

 

Hebatnya Toprak membuat publik tercengang karena waktu lapnya saat pole mendekati waktu lap Fabio Quartararo saat kualifikasi MotoGP Mandalika. Saat itu, Quartararo juga raih pole dengan torehan waktu sedikit lebih baik.

"Ya, saya mungkin bisa di posisi ketiga di kualifikasi MotoGP. Saya mungkin akan membawa motor superbike di MotoGP, tapi hanya untuk satu lap gak mungkin untuk banyak lap," katanya, sedikit bergurau.

4 dari 4 halaman

Hasil Race 1

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing - Ducati)

3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)

5. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing - Ducati)

6. Xavi Vierge (Team HRC)

7. Garrett Gerloff (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

8. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

9. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK)

10. Loris Baz (Bonovo Action BMW)

11. Xavi Fores (BARNI Spark Racing Team

12. Scott Redding (BMW Motorrad WorldSBK Team)

13. Hafizh Syahrin (MIE Racing Honda Team)

14. Eugene Laverty (Bonovo Action BMW)

15. Kohta Nozane (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team)

16. Oliver Konig (Orelac Racing Verdnatura)

Michael van der Mark (BMW Motorrad WorldSBK Team)

Kyle Smith (TPR Team Pedercini Racing)

Leandro Mercado (MIE Racing Honda Team)

Philpp Oettl (Team Goeleven)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS