Sukses

Kabar Baik untuk Senegal, Sadio Mane Bakal Fit Hadapi Piala Dunia 2022

Asisten pelatih Bayern Munchen Dino Toppmoller telah mengkonfirmasi bahwa Sadio Mane diperkirakan akan fit untuk Piala Dunia 2022 Qatar

Liputan6.com, Jakarta Sadio Mane diperkirakan akan fit untuk Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalami masalah cedera dalam kemenangan 6-1 timnya atas Werder Bremen di Bundesliga, Rabu (9/11/2022). Hal itu dikatakan oleh Asisten pelatih Bayern Munchen, Dino Toppmoller.

Senegal sangat khawatir ketika pemain bintang mereka jatuh di lapangan setelah 20 menit bermain untuk laga tersebut - yang merupakan pertandingan kedua terakhir Bayern sebelum turnamen pertengahan musim di Qatar.

Ada tren yang mengkhawatirkan dalam beberapa minggu dan bulan terakhir dengan serangkaian pemain mengalami cedera ketika bermain bersama klub mereka yang kemudian membuat mereka terpaksa harus absen membela negara masing-masing di Piala Dunia.

Daftar panjang itu termasuk duo Inggris Reece James dan Ben Chilwell ditambah Paul Pogba, Diogo Jota, N'Golo Kante dan Timo Werner. Namun, untungnya bagi Senegal, Mane tampaknya akan baik-baik saja meski tertatih-tatih di Allianz Arena.

"Dia tertembak di kaki, yang menyebabkan sedikit nyeri saraf. Tidak ada yang terlalu serius. Partisipasinya di Piala Dunia seharusnya tidak dalam bahaya," kata Toppmoller setelah kemenangan Bayern dikutip dari Express, Rabu (9/11/2022).

Mane belum memposting di media sosial setelah pertandingan ketika pendukung Senegal dengan sabar menunggu beberapa berita positif darinya. Sangat mungkin bahwa Mane akan mampu tampil melawan Werder, namun, baik Bayern dan pemain tidak siap untuk mengambil risiko ketika turnamen semakin dekat.

"Saya tidak melihatnya setelah pertandingan, saya harap itu bukan cedera besar. Tapi saya tidak tahu saat ini. Kami akan melihat besok dan kemudian memberikan pembaruan," kata pelatih kepala Julian Nagelsmann setelah pertandingan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mane Masuk Daftar.26 Skuad Senegal

Timnas Senegal yang tergabung di Grup A akan melakoni laga pertama menghadapi Belanda pada 21 November 2022. Selanjutnya melawan tuan rumah Qatar dan terakhir kontra Ekuador.

Pelatih Senegal Aliou Cisse sudah mengumumkan daftar 26 pemain di Piala Dunia Qatar.

Mane jadi andalan bersama duo Chelsea Edouard Mendy dan Kalidou Koulibaly, serta Idrissa Gueye dari Everton. Nama lain yang mendapat garansi tempat adalah Cheikhou Kouyate dan Ismaila Sarr.

Berikut daftar pemain Senegal di Piala Dunia 2022:

Kiper: Edouard Mendy, Alfred Gomis, Seny Diang

Belakang: Bouna Sarr, Saliou Ciss, Kalidou Koulibaly, Pape Abou Cisse, Abdou Diallo, Ibrahima Mbaye, Abdoulaye Seck, Fode Ballo Toure, Cheikhou Kouyate

Tengah: Pape Matar Sarr, Pape Gueye, Nampalys Mendy, Idrissa Gana Gueye, Moustapha Name, M. Loum Ndiaye, Joseph Lopy

Depan: Sadio Mane, Ismaila Sarr, Bamba Dieng, Keita Balde, Habib Diallo, Boulaye Dia, Famara Diedhiou, Mame Babe Thiam

3 dari 6 halaman

Raja Afrika

Senegal saat ini memiliki generasi emas setelah era El Hadji Diouf dan Aliou Cisse sendiri yang mengejutkan pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Senegal datang ke Piala Dunia 2022 dengan status sebagai raja Afrika. Tim berjuluk Singa Teranga itu mengelahkan Mesir pada partai final Piala Afrika 2021. Tim yang diperkuat bintang anyar Bayern Munchen Sadio Mane itu menang adu penalti 5-4.

Menariknya, Senegal menyegel tiket ke Piala Dunia 2022 juga menghadapi Mesir dalam pertandingan yang menegangkan di babak ketiga kualifikasi. Lagi-lagi, penalti adalah jalan yang harus ditempuh untuk menentukan pemenang antara Senegal dan Mesir.

Pertandingan antara Senegal vs Mesir berlangsung dua leg. Mesir unggul 1-0 di leg pertama. Namun, Senegal membalasnya pada leg kedua yang berlangsung di Stade me Abdoulaye Wade pada 30 Maret 2022. Senegal juga menang 1-0.

Alhasil, karena agregat sama 1-1, pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan. Akan tetapi, tak ada gol yang tercipta dalam waktu 2 x 15 menit.

Duel pun harus dilanjutkan melalui babak adu penalti. Tiga penenndang Segal berhasil mencetak gol, sedangkan Mesir cuma mencetak satu gol.

Alhasil, Senegal mendapatkan tiket bermain di Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Mesir lewat drama adu penalti 4-2.

4 dari 6 halaman

Piala Dunia Ketiga

Bagi Senegal, Piala Dunia 2022 adalah edisi ketiga yang mereka ikuti. Sebelumnya, Senegal tampil di Piala Dunia 2002 Jepang-Korea Selatan, dan Piala Dunia 2018 Rusia.

Senegal menorehkan prestasi terbaik di Piala Dunia 2002 dengan lolos hingga babak perempatfinal.

Dalam laju yang luar biasa itu, Senegal sang debutan berhasil menumbangkan Prancis 1-0 yang berstatus sebagai juara bertahan saat itu.

Penampilan Senegal terbilang luar biasa karena saat itu, Prancis masih diperkuat skuat juara 1998. Mereka adalah Vincent Candela, Bixente Lizarazu, Patrick Vieira, Youri Djorkaeff, Lillian Thuram, hingga Fabien Barthez. Adapun Gol kemenangan Senegal dicetak Papa Bouba Diop pada menit ke-30.

5 dari 6 halaman

Modal Penting

Kemenangan atas Prancis menjadi modal penting bagi Senegal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2002.

Karena setelah itu mereka menuai hasil imbang dua kali melawan Denmark dan Uruguay. Senegal pun lolos ke sistem gugur sebagai runner up dengan poin lima.

Di babak 16 besar, Senegal berhadapan dengan Swedia. Lewat babak tambahan waktu, Senegal mengunci kemenangan dengan skor 2-1.

Sayangnya, laju mereka harus terhenti di babak perempat final. Senegal dikalahkan Turki 0-1 lewat gol emas Ilhan Mansiz.

Saat itu, FIFA masih menerapkan golden goal alias gol emas untuk menentukan pemenang di waktu tambahan. Aturan tersebut kemudian dihapus, karena dianggap justru lebih menyakitkan.

6 dari 6 halaman

Ambisi Senegal

Di partisipasi yang ketiga, Senegal kini tidak hanya ingin menjadi tim pelengkap di Piala Dunia. Penyerang Senegal, Sadio Mane menegaskan, timnya akan bersaing untuk merah gelar juara.

"Piala Dunia adalah mimpi saya yang baru. Pertama, saya harus lolos (ke Piala Dunia). Namun, saya juga ingin percaya pada proyek gila ini. Memenangi Piala Dunia bersama Senegal adalah salah satunya," kata Mane.

"Jika kami berhasil, tentu saja, saya akan berbicara kepada semua pemain hebat yang bercita-cita untuk meraih Ballon d'Or setiap tahun," ucapnya, dilansir African Football.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.