Sukses

Pengelola Izinkan SUGBK Gelar Liga 1 Sebelum Piala Dunia U-20

SUGBK bisa dipakai untuk menghelat Liga 1 menjelang Piala Dunia U-20, tapi kompetisi belum jelas kapan bergulir lagi.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bisa dipakai untuk menggelar Liga 1 Indonesia sebelum Piala Dunia U-20 2023.

Dia melanjutkan, beberapa pihak sudah menghubungi PPKGBK mengenai pelaksanaan Liga 1 di SUGBK, salah satunya PSSI. Namun, dia belum bisa memberikan gambaran lebih jauh, termasuk soal biaya sewa yang harus dikeluarkan klub jika ingin bertanding di SUGBK.

"Kami berharap itu bisa dilakukan, seperti pembukaan Liga 1 pada masa pandemi COVID-19 (musim 2021-2022) yang digelar di sini. Namun, sekarang tergantung PSSI apakah Liga 1 dimulai kembali atau tidak," kata Rakhmadi seperti dikutip antara.

Untuk mendapatkan informasi ini, klub Liga 1 yang ingin memakai SUGBK dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) diminta mendatangi PPKGBK.

"Nanti akan dibicarakan soal berapa kali pertandingan, berapa banyak penontonnya, lalu jaminan kalau ada kerusakan. Regulasi soal kapasitas penonton di stadion juga akan memengaruhi total biaya sewa," kata Rakhmadi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia bernomor 38/PMK.05/2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum PPKGBK pada Kementarian Sekretariat Negara, biaya sewa SUGBK adalah Rp450 juta per 12 jam per hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Untuk Latihan

Kalau hanya untuk latihan, lapangan itu dapat digunakan dengan membayar Rp 10 juta per dua jam.

PSSI dan LIB belum memutuskan memulai lagi Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang dihentikan sementara sejak 2 Oktober 2022 karena peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang.

LIB memiliki tiga opsi tanggal mulainya Liga 1 2022-2023 yakni 18 November, 25 November dan 2 Desember 2022.Akan tetapi, kapan pun kompetisi itu dimulai, LIB menargetkan selesai 16 April 2023 demi memberikan ruang untuk Piala Dunia U-20 2023 yang dimulai pada Mei 2023.

LIB mengharapkan kepastian soal izin Liga 1 dari pemerintah bisa didapatkan sebelum Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT LIB yang digelar di Jakarta pada 15 November 2022.

3 dari 4 halaman

Disesalkan

Munculnya rekomendasi dari Komnas HAM agar PSSI membekukan sementara seluruh pertandingan sepak bola disesalkan klub-klub peserta Liga 1. Mereka berharap kompetisi bisa segera berjalan lagi setelah langsung dihentikan sesaat setelah Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Seperti diketahui Komnas HAM pekan lalu baru saja menyampaikan hasil investigasi Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. Komnas HAM kemudian mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada PSSI agar peristiwa nahas di Stadion Kanjuruhan tak pernah terjadi lagi di Tanah Air.

Salah satu rekomendasinya adalah mendesak PSSI untuk membekukan seluruh aktivitas sepak bola sampai ada standarisasi terhadap pengawas pertandingan di seluruh level kompetisi.

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi menyayangkan Komnas HAM seolah kurang merangkul aspek sepak bola dalam memberikan rekomendasi tersebut.

Achsanul menilai perspektif Komnas HAM itu lebih kepada persoalan HAM-nya, tapi tidak melihat dari unsur sepak bolanya sama sekali.

"Dia tidak melihat dari perspektif bagaimana sepak bola ini bisa segera bergulir kembali. Dia tidak punya pertimbangan itu sama sekali," kata Achsanul seperti dilansir dari Antara.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.