Sukses

Setelah 8 Tahun Absen di Piala Dunia, Bisakah Van Gaal Kembalikan Kejayaan Belanda?

Pertandingan terakhir Belanda di Piala Dunia adalah saat menaklukkan Brasil pada 2014.

Liputan6.com, Jakarta Delapan tahun berlalu sejak Belanda terakhir memainkan pertandingan di Piala Dunia, dimana kemenangan 3-0 atas Brasil membuat mereka mendapat kehormatan tempat ketiga pada tahun 2014. Di edisi 2022 mereka kembali dengan manajer yang sama, Louis van Gaal, yang taktiknya membuat Belanda jadi salah satu tim paling menghibur di Brasil.

Namun, jejak yang ditinggalkan oleh penerusnya sebagian besar menjelaskan mengapa Belanda harus menunggu begitu lama untuk kembali tampil di Piala Dunia dan kacau di turnamen lain. Mereka kehilangan Euro 2016 di bawah Guus Hiddkink diikuti oleh kegagalan mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2018 di bawah Dick Advocaat.

Belanda tampaknya mendapatkan kembali semangat mereka di bawah Ronald Koeman dan dengan cepat mencapai Euro 2020, tetapi kepergiannya ke Barcelona membuat mereka kesulitan. Belanda gagal tampil mengesankan saat kembali ke turnamen besar dan ada sedikit kejutan ketika Frank de Boer pergi hanya dua hari setelah kekalahan babak 16 besar dari Republik Ceko.

Dan begitulah Van Gaal kembali untuk masa jabatan ketiganya bertanggung jawab atas tim nasional dan pekerjaan pertamanya sejak meninggalkan Manchester United pada 2016. Namun Van Gaal - yang awal tahun ini menjalani operasi kanker prostat - mewarisi skuad yang kurang dipoles dibandingkan era keemasan akhir 2014. Tapi setidaknya dia punya beberapa talenta bintang yang perannya akan sengat membantu skuad Belanda.

Virgil van Dijk, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt akan tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya dan di bawah Van Gaal, Belanda juga telah menemukan kembali kegembiraan mereka. 

Selain melewati Turki dan Norwegia di babak kualifikasi Piala Dunia, hasil Liga Bangsa-Bangsa mereka juga telah menunjukkan harapan - termasuk kemenangan 4-2 atas rival Belgia. Setelah memastikan diri lolos ke putaran final Liga Bangsa-Bangsa ada argumen bahwa Belanda adalah tim Eropa paling baik yang menuju ke Piala Dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pelatih Berpengalaman

Belanda tergabung di Grup A dan akan menghadapi tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Senegal di babak penyisihan Piala Dunia 2022.

Perjuangan di penyisihan grup tidak mudah. Namun, Louis van Gaal punya bekal lebih dari cukup sebagai pelatih yang sudah merengkuh banyak kesuksesan di klub-klub besar seperti Ajax, Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester United.

Pelatih yang punya nama lengkap Aloysius Paulus Maria "Louis" van Gaal ini memulai karier manajerialnya dengan awal yang baik di Amsterdam. Dia memenangkan 11 trofi dalam tujuh tahun bersama Ajax dan menjadikan namanya sebagai salah satu manajer top Eropa.

Van Gaal memiliki sejumlah pemain muda berbakat dan membentuk mereka menjadi bintang selama masa jabatannya. Dia mengasah pemain hebat seperti Dennis Bergkamp, ​​Edgar Davids dan Clarence Seedorf - yang semuanya lulus dari akademi klub.

 

3 dari 5 halaman

Gaya Eksentrik

Gaya manajerial eksentrik Van Gaal membuatnya memandu Ajax meraih gelar Eredivisie pada 1993-1994, 1994-1995, dan 1995-1996. Namun, dia paling dikenang karena melewati musim 1994-1995 tanpa terkalahkan setelah bermain 48 pertandingan.

Selama waktu itu, Ajax mencetak 106 gol, meraih gelar liga ke-25 mereka dan memenangkan Liga Champions. Sebuah pencapaian yang benar-benar luar biasa.

Sedangkan saat bersama Bayern Munchen, van Gaal memenangkan gelar Bundesliga dan Piala Jerman, dan menjadi runner up di final Liga Champions 2010.

Dia meraih sejumlah penghargaan individu termasuk Pelatih Terbaik Tahun Ini, Pelatih Terbaik Eropa (Sepp Herberger Award) dan Pelatih Terbaik Eropa Musim Ini.

Karier domestik Van Gaal terhenti segera setelah bergabung dengan raksasa Liga Premier Manchester United pada tahun 2014.

 

4 dari 5 halaman

Tak Boleh Dilewatkan

Bintang – Virgil van Djik: Cedera ACL dengan kejam menggagalkan penampilan pertama bek Liverpool di turnamen besar ketika dia absen di Euro 2020, dan dia akan menikmati kesempatan bermain di Qatar.  

Dia tetap menjadi salah satu bek top dunia, kembali ke performa terbaiknya musim lalu, dan meskipun ada tanda tanya di musim ini - kehadirannya membantu membawa kepastian dan jaminan ke sisi yang hilang selama di Euro.

Bakat terobosan – Cody Gakpo: Manchester United mengendus pemain sayap PSV musim panas ini dan minat mereka dicerminkan oleh sejumlah tim Liga Premier lainnya. 

Bakat lokal jarang bertahan lama di Eredivisie dan pemain berusia 23 tahun itu tampaknya menjadi yang berikutnya.

Gakpo adalah seorang penyerang jangkung, kurus yang terlihat memotong ke dalam dengan kaki kanannya dan tidak ragu-ragu menembak ke gawang, dia adalah salah satu pencetak gol terbanyak di Eropa musim ini.

5 dari 5 halaman

Hal yang Perlu Kamu Tahu

Prediksi skuad

Kiper: Jasper Cillessen (NEC), Mark Flekken (SC Freiberg), Remko Pasveer (Ajax)

Pertahanan: Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Ajax), Matthijs de Ligt (Bayern Munich), Stefan de Vrij (Inter), Denzel Dumfries (Inter), Hans Hateboer (Atalanta), Tyrell Malacia (Manchester United), Bruno Martins Indi (AZ), Jurrien Timber (Ajax), Virgil van Dijk (Liverpool)

Gelandang: Steven Berghuis (Ajax), Frenkie de Jong (Barcelona), Marten de Roon (Atalanta), Ryan Gravenberch (Bayern Munich), Davy Klaassen (Ajax), Teun Koopmeiners (Atalanta), Kenneth Taylor (Ajax)

Striker: Steven Bergwijn (Ajax), Memphis Depay (Barcelona), Donyell Malan (Borussia Dortmund) Cody Gakpo (PSV), Vincent Janseen (Antwerp), Wout Weghorst (Besiktas)

 

Jadwal pertandingan Belanda di Grup A

Senin 21 November: Senegal vs Belanda – pukul 23.00 WIB

Jumat 25 November: Belanda vs Ekuador – pukul 23.00 WIB

Selasa 29 November: Belanda vs Qatar – pukul 22.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.