Sukses

5 Gelar Termahal di Sepak Bola, Berapa Harga Trofi Piala Dunia?

Trofi Piala Dunia menjadi gelar termahal dalam dunia sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Trofi identik dengan juara. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi terhadap keberhasilan tim atau individu memenangkan kompetisi.

Dalam dunia sepak bola, tim pemenang dapat memboyong trofi kebanggaan. Namun, tidak semua trofi bisa diboyong. Beberapa hanya boleh diarak dalam area lapangan saja. 

Trofi dalam dunia sepak bola memiliki beragam bentuk dan variasi. Mulai dari bola, manusia, cawan, cangkir, mangkuk, dan lain-lain. Ada pula yang berbahan emas atau pun perak murni.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebuah trofi bisa menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti desain, bahan, waktu tingkat kesulitan pengerjaan, dan berbagai printilan lainnya. Tak heran bila trofi dalam dunia sepak bola rata-rata terlihat sangat mewah dan elegan. 

Lantas, ada trofi apa saja yang mendapatkan predikat sebagai trofi bernilai fantastis? Apakah trofi dari kompetisi favorit Anda salah satunya? Yuk, intip sederet trofi sepak bola termahal sepanjang sejarah  berikut ini!

1. Trofi Piala Dunia - 17 juta euro

Trofi Piala Dunia menjadi gelar termahal dalam dunia sepak bola. Fantastis, harga trofi ajang sepak bola paling bergengsi ini mencapai 17 juta juta euro atau sekitar Rp262 miliar. Penghargaan ini terbuat dari bahan emas 18 karat dengan berat 6,1 kilogram.

Megah dan mewah, trofi ini menampilkan sosok manusia yang sedang memegang bola dunia atau bumi. Selain itu, trofi ini akan tampil kembali pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Piala FA - 1 Juta Euro

Piala FA menjadi kompetisi sepak bola pria sistem gugur tahunan di Inggris. Kompetisi ini memiliki trofi termahal kedua di dunia sepak bola yakni sebesar 1 juta euro. Trofi ini memiliki desain mewah, trofi ini terbuat dari bahan perak murni dengan berat 6,3 kilogram. Arsenal tim tersukses dalam sejarah Piala FA, telah memenangkan Piala FA sebanyak 14 kali. 

3 dari 5 halaman

3. Ballon d’Or - 508 Ribu Euro

Ballon d'Or merupakan ajang penghargaan sepak bola tahunan. Apresiasi paling bergengsi pada individu terbaik dalam sepak bola ini ditandai dengan trofi seharga 508 ribu Euro. Trofi Sangat megah, trofi ini memiliki berat sekitar 12 kilogram. Selain itu, trofi ini terbuat dari bahan plat kuningan yang berbentuk persis seperti bola.

4 dari 5 halaman

4. Piala Afrika - 127 Ribu Euro

Piala Afrika menjadi ajang kompetisi sepak bola antar negara-negara Confederation of African Football (CAF). Tak main-main, harga trofi Piala Afrika mencapai 127 ribu euro. Trofi yang dinamakan  African Unity ini terbuat dari bahan perak murni. 

5 dari 5 halaman

5. Serie A - 55 Ribu Euro

Serie A adalah kompetisi sepak bola di Italia. Harga trofi dalam kompetisi ini mencapai 55 ribu euro. Trofi ini diberi nama Coppa Campioni d'Italia. Tradisi yang berubah pada 2004, para pemenang Serie A hanya diberi kesempatan untuk mengarak trofi di sekitar lapangan saja.

 

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.