Sukses

10 Pemain Top dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Butuh konsistensi yang panjang untuk mewujudkan pencapaian hebat seperti para legenda di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia dimulai pada 1930 dan merupakan acara olahraga yang paling banyak ditonton. Ini adalah trofi terbesar yang bisa dimenangkan oleh pemain atau tim mana pun.

Namun tidak mudah berjodoh dengan trofi Piala Dunia. Bahkan, pemain terbaik seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar Jr belum sekalipun memenangkan Piala Dunia.

Cap untuk tim nasional adalah pencapaian besar. Namun pencapaian yang lebih besar lagi adalah bermain untuk negara di Piala Dunia. 

Berikut adalah 10 pemain teratas dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

10. Grzegorz Lato (Polandia) – 20 penampilan

Grzegorz Lato bermain untuk timnas Polandia antara 1971-1984. Selama waktu itu, dia membuat 100 penampilan, di mana dia mencetak 45 gol. Pemain sayap itu adalah bagian dari generasi emas Polandia pada 1970-an. Lato telah mewakili Polandia di banyak turnamen besar.

Polandia memenangkan medali emas di Olimpiade musim panas 1972. Puncak kariernya adalah di Piala Dunia 1974 ketika dia menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen.

Lato adalah satu-satunya pemain Polandia yang mencapai prestasi ini. Pemain sayap itu adalah bagian dari tim Polandia yang finis ketiga di Piala Dunia 1984 di Spanyol.

9. Philipp Lahm (Jerman) – 20 pertandingan

Philipp Lahm adalah salah satu full-back terbaik sepanjang masa. Bek Jerman itu sukses di level domestik dan internasional. Dia bermain dalam metodologi disiplin yang ketat dan tidak pernah menerima kartu merah dalam kariernya.

Lahm adalah salah satu pemain Jerman paling legendaris dan salah satu kapten terbaik mereka. Dia membuat 113 penampilan untuk Jerman dan bermain di Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014. Dia membuat 20 penampilan di Piala Dunia untuk timnas Jerman.

Lahm adalah satu-satunya pemain yang bermain setiap menit di Piala Dunia 2010. Legenda Bayern Muenchen itu menjadi kapten Der Panzer di Piala Dunia 2014, di mana mereka mengalahkan Prancis dan kemudian Brasil 7-1. Jerman kemudian memenangkan final melawan Argentina. Setelah Piala Dunia 2014, Lahm pensiun dari sepak bola internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satu-satunya Pemain yang Tampil di Tiga Final Piala Dunia Berturut-turut

8. Bastian Schweinsteiger (Jerman) – 20 pertandingan

Schweinsteiger, sama seperti Philipp Lahm, adalah legenda Bayern Muenchen dan juga Jerman. Gelandang itu berada di urutan keempat dalam daftar pemain Jerman dengan caps terbanyak sepanjang masa. Dia mendapatkan 124 caps untuk negaranya, mencetak 24 gol.

Schweinsteiger juga membuat 20 penampilan di Piala Dunia seperti halnya Lahm. Dia juga bermain di tiga Piala Dunia (2006, 2010, 2014). Dia adalah seorang gelandang yang sangat baik dan sangat serbaguna juga. Pemain Jerman itu bermain sebagai gelandang bertahan, gelandang box-to-box, playmaker dan kadang-kadang dalam peran yang sangat dalam.

Kontribusi utama Schweinsteiger adalah di Piala Dunia 2014, di mana dia memainkan peran yang sangat vital di final melawan Argentina. Dia berhasil bertahan melawan Lionel Messi. Setelah itu, timnya memenangkan turnamen.

7. Cafu (Brasil) – 20 pertandingan

Cafu dianggap sebagai salah satu bek kanan terbaik sepanjang masa, bersama Dani Alves dan Philipp Lahm. Dia cukup diremehkan di antara generasi saat ini, tetapi pemain Brasil itu memiliki reputasi yang cukup baik di kalangan sepak bola.

Full-back Brasil itu memiliki caps terbanyak sepanjang masa. Dia membuat 142 penampilan untuk tim nasional dan tampil di empat Piala Dunia. Cafu juga membuat 20 penampilan di Piala Dunia.

Namun, dia memegang rekor unik atas namanya. Pemain Brasil itu adalah satu-satunya pemain dalam sejarah yang tampil di tiga final Piala Dunia berturut-turut. Dia memenangkan Piala Dunia pada 1994 dan 2002.

6. Wladyslaw Zmuda (Polandia) – 21 pertandingan

Zmuda adalah pemain yang sangat tidak dikenal di antara generasi sepak bola saat ini. Bek ini adalah legenda Polandia. Tapi, dia tentu pantas mendapatkan lebih banyak pengakuan dan rasa hormat.

Bek ini memiliki 91 caps untuk Polandia, di mana dia mencetak dua gol dan tampil di empat Piala Dunia. Dia membuat 21 penampilan di Piala Dunia, yang membuatnya berada di atas banyak legenda terkenal. Zmuda terikat di tempat ketiga dengan Uwe Seeler dan Maradona. Bek itu juga dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Turnamen di Piala Dunia 1974.

3 dari 4 halaman

Ketika Momen Sejarah Gol 'Tangan Tuhan' Tercipta

5. Diego Maradona (Argentina) – 21 pertandingan

Diego Maradona tidak perlu diperkenalkan. Mantan pemain Argentina itu dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada, bersama Pele, Messi dan Ronaldo. Maradona adalah seorang playmaker yang luar biasa dengan keterampilan dan visi yang patut dicontoh.

Dia membuat 91 penampilan untuk Argentina, mencetak 34 gol. Dia juga memiliki 21 penampilan di Piala Dunia.

Legenda Argentina itu juga tampil di empat Piala Dunia. Dia bersinar di Piala Dunia 1986, di mana Argentina mengalahkan Jerman Barat di final. Namun, Maradona mengukir dua momen bersejarah di Piala Dunia 1984 dan keduanya saat melawan Inggris. Diego mencetak dua gol melawan Three Lions untuk memastikan kemenangan. Gol pertama, lebih sering dikenang sebagai "Tangan Tuhan," adalah pelanggaran yang tidak diberikan oleh wasit. Gol kedua menjadi ikon karena Maradona bermain solo, menggiring bola melewati lima pemain Inggris dan mencetak gol.

4. Uwe Seeler (Jerman) – 21 pertandingan

Jerman memiliki rekor terpuji di sepak bola domestik dan internasional. Uwe Seeler adalah salah satu contohnya. Dia adalah seorang striker yang sangat produktif. Penyerang itu membuat 72 penampilan untuk timnas Jerman, mencetak 43 gol.

Dia juga tampil di empat Piala Dunia (1958, 1962, 1966 dan 1970). Seeler memiliki 21 penampilan. Namun, dia tidak memenangkan satu pun dari empat Piala Dunia yang dia ikuti.

Meskipun demikian, Seeler ini memegang banyak catatan atas namanya. Dia adalah orang pertama yang membuat 20 penampilan di Piala Dunia. Pemain pertama yang mencetak gol di empat Piala Dunia dan yang pertama mencetak dua gol masing-masing dalam empat Piala Dunia. Legenda Jerman itu mencetak sembilan gol di empat Piala Dunia.

3. Paolo Maldini (Italia) – 23 pertandingan

Maldini dianggap sebagai salah satu bek terbaik sepanjang masa. Ayahnya, Cesare Maldini adalah pemain sepak bola profesional juga. Cesare memanggil Paolo ke tim Italia U-21. Legenda AC Milan itu melakukan debut seniornya di usia 19 tahun.

Secara keseluruhan, dia mengumpulkan 126 caps selama 16 tahun dia bermain untuk Italia. Dia membuat 23 penampilan untuk negaranya di Piala Dunia.

Maldini memegang rekor menit bermain terbanyak di Piala Dunia (2216 menit). Maldini membuat dampak instan di Piala Dunia pertamanya pada 1990, memainkan semua tujuh pertandingan. Dia berada di jantung pertahanan yang menjaga clean-sheet dalam lima pertandingan berturut-turut.

4 dari 4 halaman

Dua Legenda Der Panzer yang Begitu Dihormati

2. Miroslav Klose (Jerman) – 24 pertandingan

Klose adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Jerman. Dia adalah salah satu dari sedikit pemain yang telah memenangkan medali perunggu, perak, dan emas di Piala Dunia. Klose membuat 137 penampilan untuk Jerman dan terkenal sebagai striker yang produktif.

Penyerang itu membuat dampak instan pada debutnya di Piala Dunia 2002 saat dia mencetak lima gol. Dia kemudian mengulangi prestasi ini pada edisi 2006, memenangkan Sepatu Emas. Striker Jerman itu kemudian mencetak empat gol di turnamen 2010 dan dua kali di Piala Dunia terakhirnya pada 2014.

Secara keseluruhan, dia mengumpulkan 24 penampilan di Piala Dunia. Penghitungan 16 golnya menempatkannya di atas Ronaldo Luis Nazario de Lima. Dia pensiun dari timnas Jerman tak lama setelah kemenangan menakjubkan di Piala Dunia 2014.

1. Lothar Matthaus (Jerman) – 25 pertandingan

Tidak mengherankan, seorang legenda Jerman ini berada di puncak daftar, yang merupakan bukti betapa bagusnya mereka selama bertahun-tahun. Matthaus mungkin adalah salah satu pemain Jerman terhebat sepanjang masa.

Gelandang serbaguna itu bisa bermain sebagai pemain menyerang atau bertahan juga. Dia tampil sebagai gelandang box-to-box utama karena stamina, passing, dan kemampuan teknisnya. Matthaus mengumpulkan 150 caps untuk Jerman dan 25 penampilan di Piala Dunia.

Gelandang Jerman itu tampil dalam lima edisi Piala Dunia yang berbeda. Dia menjadi kapten timnya untuk meraih kemenangan pada 1990 dan memenangkan Ballon d'Or di tahun yang sama. Dia menjadi pemain kedua yang tampil di lima Piala Dunia, bersama Antonio Carbajal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini