Sukses

Bandara Internasional Qatar Kerja Keras Sambut Pengunjung Piala Dunia 2022

Lalu lintas udara di bandara internasional Qatar bakal mengalami peningkatan luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar menghadapi dilema bagi ribuan fans sepak bola yang bakal mengunjungi Negeri Timur Tengah tersebut. Banyak kekhawatiran muncul, salah satunya ‘tidak siapnya’ bandara utama Qatar menampung masuknya penumpang secara massal.

Menurut sumber dari Sportmail, orang dalam Hamad International merasa prihatin. Mereka tidak siap dan takut akan kenyamanan para pengunjung yang segera membanjiri Qatar.

Polemik itu makin menyeruak ketika surat kabar asal Inggris ini telah diberitahu bahwa Pemerintah Qatar masih gencar dalam merekrut sejumlah staf dari seluruh dunia. Mereka sekarang berpacu dengan waktu untuk mendapatkannya (para staf untuk servis bandara) untuk dilatih dengan standar yang dipersyaratkan.

Beberapa staf khawatir bahwa tingkat lalu lintas yang meningkat, dengan aktivitas lebih dari dua kali lipat, akan membuat pekerja yang sudah di bawah tekanan tidak dapat mengatasinya.

Sementara Otoritas Penerbangan Sipil Qatar (QCAA) mengatakan mereka telah meningkatkan sistem kontrol dan 'melaksanakan rencana yang cermat' dengan 'pelatihan berkelanjutan untuk pengontrol lalu lintas udara sesuai dengan persyaratan internasional'.

Dapat disimpulkan bahwa situasi tersebut digambarkan oleh seorang pejabat yang panik sebagai 'titik krisis'.

Kekhawatiran serius muncul atas proses rekrutmen. Di tengah keyakinan bahwa orang-orang yang ditawarkan pekerjaan itu, tapi mereka tidak menyelesaikan pelatihan yang diperlukan.

Namun, staf telah diperingatkan siapa pun yang dianggap 'menyabotase' operasi itu akan 'ditangani oleh negara'. Mereka sejatinya hanya berusaha keras mengakomodir para fans selama berada di Qatar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rintangan Memasuki Qatar

Selama Piala Dunia, yang dimulai bulan depan, penerbangan masuk dan keluar dari bandara akan melonjak dari 700 per hari menjadi 1.600. Tetapi, sejumlah pekerja, yang semuanya ingin tetap anonim karena takut akan tuduhan, khawatir menghadapi itu.

Mereka percaya fasilitas yang berbasis di Doha tidak mampu menangani lalu lintas ekstra di tengah kekurangan staf kontrol lalu lintas udara.

Beberapa merasa penerbangan akan ditunda atau dialihkan ke Dubai, yang berjarak enam setengah jam perjalanan, dengan penggemar yang akan membayar ongkos lebih mahal dengan risiko serius kehilangan waktu penting menonton pertandingan.

Turnamen ini akan menjadi pertama yang beroperasi di satu kota, dengan Bandara Internasional Doha melayani sebagian kecil dari mereka yang datang. Dan, staf khawatir bahwa Hamad International tidak memiliki infrastruktur atau tenaga kerja untuk mengatasinya.

Mereka percaya masalah di sana akan jauh melampaui kekhawatiran tentang akomodasi atau larangan minuman keras.

Orang dalam, yang telah menyuarakan keprihatinan mereka di forum online untuk para profesional bandara, mengklaim rekrutan baru diberikan 20 hingga 30 jam pelatihan, yang menurut mereka tidak cukup waktu untuk membuat mereka terbiasa dengan tata letak area dan masalah operasional. Ada juga pembicaraan tentang dampak potensial dari hubungan Qatar yang tegang dengan negara tetangga, seperti Bahrain.

Orang dalam menunjukkan bahwa Bahrain memiliki hak atas wilayah udara atas Qatar, yang diserahkan pada 8 September. Mereka merasa bahwa tidak memberikan cukup waktu untuk mempersiapkan peningkatan besar lalu lintas yang akan datang.

Situasinya sangat buruk, sehingga staf telah disumpal dan dilarang pergi untuk mengambil pekerjaan di tempat lain. Dan, Sportsmail telah melihat memo mengerikan dari manajemen QCAA kepada staf.

Di dalamnya, para pekerja diberitahu bahwa Piala Dunia 'sangat penting bagi Qatar dan ada harapan yang sangat tinggi dari tingkat tertinggi di negara bagian'.

Mereka menambahkan bahwa pekerja akan 'dimonitor secara ketat oleh individu tingkat tinggi dan perwakilan mereka'.

3 dari 4 halaman

Kebijakan Ketat dan Tegas yang Diberlakukan Tuan Rumah

Dalam apa yang tampaknya menjadi ancaman terselubung, dokumen tersebut menyatakan 'tindakan yang tidak diinginkan dari individu untuk menyabotase acara atau menjadi bagian dari faktor untuk menunda atau bahkan gagal beberapa proyek tidak dapat diterima dan ditangani dengan tegas oleh pemerintah negara'.

Memo itu juga memperingatkan bahwa mereka yang 'mengetahui tindakan tersebut' yang tidak melaporkannya akan 'dipertanggung jawabkan dan diinterogasi'. Catatan yang tegas menyimpulkan: 'Staf yang diyakini tidak sepenuhnya termotivasi menuju kesuksesan akhir dan juga memotivasi orang lain untuk tidak mengambil bagian dalam pengiriman yang sukses dapat dianggap memiliki agenda tersembunyi untuk menyabotase rencana negara.'

Orang dalam mengatakan rencana saat ini didasarkan pada semua yang berjalan dengan lancar dan berhasil. Mereka tidak mengizinkan faktor eksternal seperti cuaca buruk, dengan turnamen berlangsung selama musim hujan di Qatar.

Mereka percaya peningkatan lalu lintas dapat memaksa pesawat yang berputar-putar untuk mendarat di Dubai dan merasa beberapa penggemar mungkin diberitahu bahwa mereka hanya dapat membawa tas tangan untuk mempercepat waktu penyelesaian.

4 dari 4 halaman

Optimisme Tinggi Qatar

Dalam upaya untuk mengatasi situasi, semua hak cuti selama empat bulan dari Agustus hingga akhir Desember telah dibatalkan. Tetapi, kekhawatiran atas kualitas rekrutan baru telah meningkat.

"Kontrol lalu lintas udara QCAA beroperasi dengan standar internasional tertinggi dan mengambil tanggung jawabnya dengan sangat serius,” sebut pernyataan QCAA.

“Tujuan utama kami adalah untuk memastikan arus lalu lintas udara yang aman dan cepat serta meningkatkan perjalanan penumpang untuk semua pengguna.”

“Untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas selama Piala Dunia, Negara Bagian Qatar telah meningkatkan sistem kontrol lalu lintasnya dan menjalankan rencana cermat yang disusun jauh sebelum menjadi tuan rumah acara tersebut.”

"Pengendali lalu lintas udara menjalani pelatihan dan pemeriksaan berkelanjutan sesuai persyaratan internasional. Sistem manajemen pelatihan dan keselamatan QCAA memenuhi dan melampaui standar yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional dan kami telah berhasil diaudit dengan standar tersebut."

"Kapasitas tambahan yang dihasilkan dari peningkatan sistem kami telah divalidasi menggunakan metode simulasi dan verifikasi terbaru,” lanjut QCAA.

“Akibatnya, Qatar akan memiliki kapasitas untuk mendukung 100 gerakan lepas landas atau mendarat per jam, yang melebihi jumlah puncak yang diharapkan 80 per jam selama Piala Dunia.”

“Kemampuan kami untuk secara efisien mengelola pertumbuhan lalu lintas udara yang pesat dalam beberapa tahun terakhir tanpa insiden adalah bukti kuat akan kualitas dan profesionalisme tim pengontrol kami. Kami berkomitmen untuk mempertahankan standar tinggi yang sama selama Piala Dunia.”

Seorang juru bicara MATAR, Qatar Company for Airports Operation and Management menambahkan: “MATAR berhasil mengoperasikan dua bandara internasional, Doha International dan Hamad International sebagai pemenang penghargaan, yang telah memenangkan penghargaan Bandara Terbaik Dunia pada 2021 dan 2022.”

“Persiapan bandara untuk Piala Dunia telah berlangsung selama bertahun-tahun dan telah diuji secara menyeluruh dan ditinjau oleh rekan sejawat. MATAR yakin akan kemampuannya untuk memberikan pengalaman bandara yang aman dan lancar bagi semua pengunjung yang akan datang melalui gerbangnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini