Sukses

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Pelatih Timnas Malaysia Waspadai Pemain ke-12 Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Malaysia U-17 Osmera Omaro mulai waspada terhadap Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pasalnya, skuad racikan Bima Sakti yang bermain di kandang sendiri bakal diperkuat oleh pemain ke-12 alias suporter.

Seperti diketahui, skuad muda Harimau Malaya tergabung dalam grup B. Hal ini membuat Timnas Malaysia U-17 mau tak mau harus melakoni persaingan dengan empat negara lainnya yakni Palestina, Guam, Uni Emirat Arab (UEA), dan Indonesia.

Adapun laga kontra Palestina pada Sabtu (1/10/2022) pukul 16.00 WIB bakal menjadi pertandingan pembuka Harimau Malaya di perhelatan kali ini. Sementara itu, laga pemungkas kontra Indonesia dijadwalkan berlangsung di Stadion Pakansari Bogor, Minggu (9/10/2022).

Omaro tak menampik bahwa Indonesia merupakan salah satu tim favorit di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Apalagi, Garuda Asia saat ini menyandang predikat sebagai juara Piala AFF U-16 2022. Walau begitu, pelatih Malaysia mengaku tak ingin tertekan saat menghadapi Indonesia.

“Indonesia saya lihat sebagai (tim) favorit. Mereka (juara) Piala AFF, pemain-pemainnya bagus, (dan berstatus sebagai) tuan rumah,” ujar Omaro dalam sesi pre match press conference yang dihelat di Hotel Lorin Sentul pada Jumat (30/9/2022) siang WIB.

“Indonesia juga kemungkinan akan tampil dengan pemain ke-12 yaitu pendukung mereka. Tentu saja kami tidak mau kalah, (tetapi) kami tidak mau terlalu under pressure ketika melawan Indonesia. Itu targetnya untuk saat ini,” sambung juru taktik pasukan muda Harimau Malaya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Ambisi Timnas Indonesia

Di sisi lain, Timnas Indonesia menyimpan ambisi besar jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pelatih Garuda Asia, Bima Sakti, bertekad mengantar anak-anak asuhnya meraih kemenangan dalam setiap laga yang dilakoni.

Bima Sakti mengaku ogah bergantung pada tim lain. Ia ingin memastikan Timnas Indonesia U-16 lolos ke putaran selanjutnya, tanpa harus menunggu hasil pertandingan pesaing-pesaingnya.

“Tiap pertandingan akan kami manfaatkan sebaik mungkin (untuk) memenangkan laga. Karena kami tidak mau di akhir kualifikasi ini, kami tergantung dengan tim lawan atau bergantung pada (hasil) pertandingan di grup lain,” ujarnya pada Jumat (30/9/2022).

“Seperti di (Piala) AFF kemarin, (kami ingin) memenangkan setiap pertandingan,” pungkas sosok yang sukses mengantar skuad Merah Putih meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

3 dari 4 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Demi merealisasikan keinginan tersebut, Bima Sakti telah melaksanakan serangkaian persiapan bersama skuad racikannya. Ia sempat mengadakan pemusatan latihan (TC) serta laga uji coba sebelum menyongsong Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

“Kami (sudah) memulai TC pasca Piala AFF kemarin pada tanggal 5 September sampai 25 September di Jogja. Kemudian (dari tanggal) 25 sampai hari ini, kami pindah ke Bogor.”

“(Sebagai) persiapan, ada lima laga uji coba (yang kami lakukan) dengan tim-tim lokal, yakni akademi-akademi di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Terakhir, kami melawan PPLP Kemenpora pada hari Rabu malam,” ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Berikut adalah jadwal pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Senin, 3 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Guam

Rabu, 5 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Uni Emirat Arab

Jumat, 7 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Palestina

Minggu, 9 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.