Sukses

Hadapi Laga Perdana Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Bima Sakti Ogah Bergantung pada Tim Lain

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-16 bakal segera memulai perjuangannya dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Rangkaian pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, mulai Sabtu (1/10/2022) hingga Minggu (9/10/2022) mendatang.

Pasukan Garuda Asia tergabung dalam grup B bersama empat tim lain, yakni Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan akan meladeni perlawanan Guam di laga perdana yang dihelat pada Senin (3/10/2022).

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti menyimpan ambisi besar jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17. Sosok yang sukses mengantar Indonesia menjadi kampiun Piala AFF U-16 2022 itu bertekad meraih kemenangan dalam setiap laga yang dilakoni.

Bima Sakti mengaku pihaknya ogah bergantung pada tim lain. Ia ingin memastikan Garuda Asia lolos ke putaran selanjutnya, tanpa harus menunggu hasil pertandingan pesaing-pesaingnya.

“Ini pengalaman pertama kami melawan Timnas Guam. Kami tidak begitu mengerti juga kekuatan mereka, tetapi seperti yang saya sampaikan, setiap pertandingan sangat penting,” ujarnya dalam sesi pre match press conference di Hotel Lorin Sentul, Jumat (30/9/2022).

“Tiap pertandingan akan kami manfaatkan sebaik mungkin, (dengan) memenangkan laga. Karena kami tidak mau di akhir kualifikasi ini, kita tergantung dengan tim lawan atau bergantung pada (hasil) pertandingan di grup lain,” kata Bima Sakti.

“Seperti di (Piala) AFF kemarin, (kami ingin) memenangkan setiap pertandingan,” pungkas juru taktik berusia 46 tahun tersebut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 tampil dominan dalam Piala AFF. Garuda Asia berhasil menaklukkan musuh bebuyutannya Vietnam dengan skor tipis 1–0 di babak final. Capaian ini membuat pasukan Bima Sakti berhak mengeklaim trofi Piala AFF U-16 2022.

Penggawa muda Merah Putih diharapkan mampu melanjutkan tren positifnya di Piala Asia U-17 2023. Hasil tersebut juga diperlukan demi melengkapi raihan Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-20 yang telah lebih dulu lolos ke Piala Asia.

Demi merujudkan misi itu, Bima Sakti telah melaksanakan rangkaian persiapan bersama skuad racikannya. Ia sempat mengadakan pemusatan latihan (TC) serta laga uji coba jelang menyongsong Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Kita (sudah) memulai TC pasca Piala AFF kemarin pada tanggal 5 September sampai 25 September di Jogja. Kemudian (dari tanggal 25) sampai hari ini, kami pindah ke Bogor."

"(Sebagai) persiapan, ada lima laga uji coba (yang kami lakukan) dengan tim-tim lokal, yakni akademi-akademi di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Terakhir, kami melawan PPLP Kemenpora pada hari Rabu malam," ungkap Bima Sakti dalam kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Ketidaksempurnaan

Bima Sakti tak menutupi bahwa masih ada ketidaksempurnaan dalam persiapan yang ia lakukan bersama Timnas Indonesia U-16. Berbeda dari negara-negara lain, Pasukan Garuda Asia tidak melakukan laga uji coba dengan tim-tim di level internasional.

Guna menyiasati hal ini, juru taktik berusia 46 tahun tersebut rutin memutarkan video pertandingan calon lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Di samping itu, jadwal laga yang tak mengharuskan Garuda Asia tampil sejak hari pertama juga akan dimanfaatkan untuk memantau pola permainan pesaing-pesaingnya.

"Untuk persiapan, memang kami tidak bertanding (dengan tim di level) internasional. Akan tetapi dengan melihat jadwal, kami diuntungkan. Besok rencananya kami akan menugaskan beberapa tim pelatih untuk melihat pertandingan pertama (dan) pertandingan kedua."

"Kami juga setiap makan siang atau malam, menyetelkan pertandingan-pertandingan mereka (di laga) uji coba, kemudian pertandingan-pertandingan Arab Cup. (Cara ini digunakan) untuk memberi gambaran bagi para pemain ketika melawan tim-tim Arab yang memiliki postur tubuh lebih tinggi," sambung Pelatih Timnas Indonesia U-16.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Berikut adalah jadwal pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Senin, 3 Oktober 2022

20.00 WIB: Timnas U-16 Indonesia vs Guam

Rabu, 5 Oktober 2022

20.00 WIB: Timnas  U-16 Indonesia vs Uni Emirat Arab

Jumat, 7 Oktober 2022

20.00 WIB: Timnas U-16 Indonesia vs Palestina

Minggu, 9 Oktober 2022

20.00 WIB: Timnas U-16 Indonesia vs Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.