Sukses

Robert Lewandowski Jadi Kapten Timnas Ukraina di Piala Dunia Qatar 2022, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia Qatar 2022 akan digelar kurang dari 100 hari lagi. Pecinta sepak bola seantero Bumi dipastikan sudah tidak sabar menyaksikan 32 negara bersaing menjadi kampiun Piala Dunia.

Menjelang Piala Dunia 2022, penyerang baru Barcelona, Robert Lewandowski bertemu dengan Andriy Shevchenko seperti yang dikutip dari laman instagram dari sang pemain, Rabu (21/9/2022).

Lewandowski dan Shevchenko, yang merupakan pelatih dan mantan kapten timnas Ukrainia itu, bertemu di Stadion Nasional Warsawa, Polandia. Saat itu, dia (Lewandowski) menerima ban kapten yang akan ia kenakan di Qatar untuk mewakili Ukraina, negara yang gagal lolos ke turnamen, setelah kalah di babak play-off.

Lewandowski ingin menunjukkan solidaritas untuk negara yang sedang dilanda perang. "Saya akan memakai warna Ukraina di Piala Dunia Qatar," kata penyerang berusia 34 tahun itu dikutip dari laman instagramnya.

"Saya akan mengenakan ban kapten Shevchenko di Piala Dunia November sebagai pengingat bahwa rakyat Ukraina tidak sendirian. Berada di sini bersama Andriy sangat berarti bagi saya," katanya menambahkan.

Shevchenko, yang bermain untuk Ukraina 111 kali mencetak 48 gol dan mewakili Dynamo Kyiv sebelum bermain di luar negeri, sedang dalam penggalangan dana untuk membangun kembali negaranya setelah invasi Rusia.

"Saya ingin berterima kasih kepada Lewandowski atas tindakan solidaritas ini dan untuk semua karyanya atas nama negara saya," balas Shevchenko atas apresisasi Lewandowski.

Di Piala Dunia 2022, Polandia berada di grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Meksiko. Sebelum ke Qatar, Robert Lewandowski dan kawan-kawan akan turun di ajang UEFA Nations League melawan Belanda pada Jumat, 23 September 2022 pukul 01.45 WIB dan Wales, tiga hari kemudian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Polandia ke Piala Dunia Qatar 2022

Perjalanan Polandia menuju Piala Dunia 2022 cukup berliku, setelah mereka harus melalui babak playoff. Sebelum tampil di babak playoff, Polandia tergabung di Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Inggris, Albania, Hungaria, Andorra, dan San Marino menjadi lawan yang mereka hadapi di Grup I. Penampilan Polandia di babak grup tak terlalu buruk, dari 10 pertandingan mereka menang enam kali, imbang dan kalah masing-masing dua kali.

Mereka pun mengoleksi 20 poin dengan mencetak 30 gol serta kebobolan 11 kali sepanjang penampilan di Grup I. Namun, mereka harus puas di posisi kedua Grup I, setelah Inggris berada di puncak dengan 26 poin sekaligus memastikan tiket otomatis ke Piala Dunia 2022.

Di babak playoff, mereka maju ke final, setelah Rusia didiskualifikasi setelah menyerang Ukraina. Polandia pun akhirnya memastikan tiket ke Piala Dunia setelah mengalahkan Swedia di final playoff dengan skor 2-0.

3 dari 5 halaman

Lewandowski Tumpuan Polandia di Qatar

Tidak banyak bintang di timnas Polandia. Namun kehadiran Robert Lewandowski membuat lini depan Si Elang Putih cukup berbahaya. Pemain Bayern Muenchen itu merupakan salah satu striker tajam Eropa. Sebelum pindah ke Barcelona, Lewandowski berulang kali tampil sebagai top skor Liga Jerman.

Penyerang berusia 33 tahun itu juga memenangkan Penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA 2020 atas prestasinya di Muenchen. Lewandowski juga menjadi top skor sepanjang masa Polandia dengan torehan 76 gol dalam 132 laga. Dan di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa, dia sudah  mencetak lima gol. 

4 dari 5 halaman

Prestasi Polandia di Piala Dunia

Seperti banyak tim nasional, Polandia memiliki generasi yang berbeda, termasuk era keemasan 1974 hingga 1986. Dilatih oleh Kazimierz Gorski yang legendaris, tim itu mengalahkan Inggris untuk lolos ke Piala Dunia 1974.

Mereka kemudian menyingkirkan Argentina, Haiti, Italia dan Swedia untuk mencapai semifinal, di mana mereka kalah dari Jerman.

Polandia delapan kali lolos Piala Dunia, tetapi belum pernah jadi juara. Penampilan terbaik mereka datang pada tahun 1974 dan 1982 ketika finis di posisi ketiga. Polandia membuat penampilan Piala Dunia pertamanya pada tahun 1938 tetapi tersingkir oleh Brasil di babak 16 besar. 

5 dari 5 halaman

Jadwal Piala Dunia 2022

Berikut ini jadwal pertandingan penyisihan grup Polandia:

Selasa, 22 November 2022

Meksiko vs Polandia: 23:00 WIB

Minggu, 27 November 2022

Polandia vs Arab Saudi: 02:00 WIB

Kamis, 1 Desember 2022

Polandia vs Argentina: 02:00 WIB

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS