Sukses

Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Timnas Indonesia Hancurkan Hong Kong 5-1

Timnas Indonesia mengalahkan Hong Kong 5-1 pada matchday kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Keempat gol skuad Garuda Nusantara dicetak Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, Zanadin Fariz, dan Marselino Ferdinan (2 gol).

Liputan6.com, Surabaya - Timnas Indonesia meraih poin penuh atas Hong Kong pada matchday kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ini setelah skuad Garuda Nusantara menang 5-1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022) malam WIB.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-20 memiliki poin sama seperti Vietnam, yakni enam dari dua pertandingan kualifikasi Piala Asia U-20. Selain itu, kedua tim yang bakal bertemu pada laga ketiga, Minggu (18/9), juga punya jumlah gol sama, sembilan memasukkan dan satu kemasukan.

Mendapatkan dukungan penuh dari penonton, Indonesia tampil menekan sejak awal laga. Skuad racikan Shin Tae-yong melancarkan serangkan dari sisi sayap kiri dan kanan.

Upaya Hong Kong menahan gempuran tidak berlangsung bertahan lama. Sebab di menit ke-10, sundulan Rabbani Tasnim menyambut tendangan bebas Zanadin Fariz tidak bisa diantisipasi kiper Pong Cheuk Hei.

Unggul 1-0, pemain Timnas Indonesia semakin gencar melancarkan serangan. Gol kedua akhirnya tercipta melalui kaki Alfriyanto Nico di menit ke-22 usai memanfaatkan umpan satu dua di kotak penalti.

Di menit ke-43, Zanadin Fariz mencetak gol ketiga Indonesia. Gol ini bermula dari aksi Zanadin melewati empat pemain Hong Kong dan kerja sama dengan Rabbani sebelum mencungkil bola untuk menaklukkan kiper Pong Cheuk Hei.

Indonesia menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 atas Hong Kong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak kedua

Sudah memimpin tiga gol, Timnas Indonesia tidak mengurangi tekanan kepada Hong Kong pada babak kedua. Sejumlah peluang didapat Zanadin Fariz dan kawan-kawan. Namun, belum ada gol tambahan yang tercipta.

Pada menit ke-63, Hong Kong mendapat hadiah penalti setelah salah satu pemain Indonesia handball di kotak terlarang. Insiden ini juga diwarnai benturan antara kiper Indonesia Cahya Supriadi dan rekannya Rahmat Beri Santoso.

Cahya yang terkena lutut Rahmat ketika menyapu bola sempat tergeletak di lapangan. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans dan digantikan Aditya Arya Nugraha.

Baru masuk ke lapangan, Aditya langsung menghadapi eksekusi penalti pemain Hong Kong Chen Ngo Hin. Aditya sukses memblok tendangan penalti Chen, tetapi bola liar langsung disambar pemain nomor 11 itu dengan sepakan kaki kiri dan gol.

Skor 3-1 untuk masih keunggulan Indonesia, pelatih Shin Tae-yong kemudian memainkan Marselino Ferdinan dan Robi Darwis. Belum lama di lapangan, Marselino mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-85 usai memanfaatkan umpan terobosan dari Robi Darwis.

Enam menit berselang, Marselino mencetak gol keduanya melalui titik putih. Hadiah penalti diberikan setelah Marselino dijatuhkan di kotak terlarang.

Unggul 5-1 ternyata belum membuat pemain Indonesia puas. Pada menit ke-90+3, Rabbani Tasnim nyaris mencetak gol keduanya jika saja sundulan tidak diblok kiper Hong Kong Pong Cheuk Hei dengan gemilan.

Hingga tambahan waktu enam menit, skor tidak berubah untuk kemenangan Indonesia atas Hong Kong.

 

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-20: 1 Cahya Supriadi; 2 Ahmad Rusadi, 3 Barnabas Sobor; 6 Zanadin Fariz, 11 Arsa Ramadan Ahmad, 12 Achmad Maulana Syarif, 15 Dony Tri Pamungkas, 16 Dia Syayid, 18 Alfriyanto Nico, 19 Rabbani Tasnim, 21 Rahmat Beri Santoso

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Hong Kong U-20: 1 Pong Cheuk Hei; 2 Ryan Lee, 4 Xavier Chang, 6 Ellison Tsang, 8 Tang In Chim, 9 Adriel Chan,10 Sohgo Ichikawa, 11 Chen Ngo Hin, 16 Osmond Chan, 17 Lee Lok Him, 21 Lak Cheuk Hei

Pelatih: Cheung Kin Fung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini