Sukses

Laju Bola Pukulan Smash Keras dan Menukik

Bola voli adalah permainan yang menarik untuk dimainkan di waktu senggang. Permainan ini dapat dilakukan oleh putra maupun putri.

Liputan6.com, Jakarta - Bola voli memiliki beberapa gerak spesifik yang harus dikuasai oleh pemain, seperti passing, servis, smash dan block.

Sebelum permainan dimulai, seorang pemain akan membawa bola ke belakang garis lapangan terlebih dahulu, barulah permainan dinyatakan sah dimulai.  

Pemain yang berada di garis belakang lapangan akan mengawali permainan dengan memukul bola ke arah lawan. Pukulan pertama inilah yang dinamakan servis. Gerak spesifik satu inilah yang harus dikuasai pemain.

Servis yang dilakukan pada permainan bola voli adalah gerakan memukul bola dari belakang garis lapangan dengan kekuatan semaksimal mungkin. Pukulan bola diarahkan pemain ke sisi lawan yang kosong, sehingga lawan tak sanggup menepisnya.

Gerak spesifik servis dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu memukul bola dari bawah dan atas.

Gerak spesifik bola voli selanjutnya adalah smash. Laju bola dari pukulan smash adalah keras dan menukik.

Smash merupakan salah satu teknik mendasar yang dilakukan pada permainan bola voli. Gerakan ini bertujuan untuk mendapatkan poin lebih. Laju bola dari pukulan smash adalah keras dan menukik inilah yang menjadi peluang bagi tim untuk mencapai kemenangan.

Pemain perlu memukul bola secara cepat menggunakan bawah telapak tangan dengan ketinggian di atas net. Pukulan smash dilakukan dengan cara memukul bagian atas bola voli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerak Spesifik Lain Bola Voli

Gerak spesifik utama yang perlu dikuasai pemain adalah servis. Jika pemain sudah bisa melakukan servis dengan benar, pemain bisa melatih kemampuan bola voli dengan gerak spesifik lainnya. Simak gerak spesifik bola voli yang bisa kalian kembangkan.

Passing

Passing merupakan cara mengumpan yang dapat dilakukan dengan dua acara, di antaranya mengumpan dari bawah dan atas.

Dilansir melalui buku Pendidikan jasmani, olahraga, dan Kesehatan kelas VII, mengumpan bola dari bawah disebut juga dengan passing bawah. Sedangkan, mengumpan bola dengan tangan atas biasa disebut dengan passing atas.

Block

Gerakan block merupakan teknik yang digunakan untuk membendung pukulan smash dari lawan, sehingga bola tak dapat melewati net. Block dapat dilakukan oleh 1, 2 atau 3 orang. Biasanya, block yang dilakukan oleh 2 atau 3 orang harus selalu menghadap ke arah net.

3 dari 4 halaman

Cara Melakukan Passing Bawah dan Atas

Passing adalah cara mengumpan yang dilakukan oleh pemain bola voli. Kemampuan pemain dalam melakukan passing perlu didukung dengan kemampuan fisik yang dimilikinya.

Kelenturan pergelangan tangan menjadi faktor utama, karena jika pergelangan tangan tidak lentur dan kuat, maka pemain tak akan mampu mengarahkan bola. Simak cara melakukan passing bawah dan atas di bawah ini:

Passing Bawah

Teknik passing bawah merupakan gerakan dalam bola voli yang dilakukan pemain saat menerima servis dari lawan. Passing bawah juga berguna untuk pemain, jika ingin mengoper bola voli ke rekan setim saat melakukan serangan menggunakan lengan bagian bawah.

Berikut adalah cara melakukan passing bawah pada permainan bola voli:

- Sikap badan jongkok dan lutut sedikit ditekuk

- Kedua tangan dirapatkan dan digenggam

- Gerakan tangan disesuaikan dengan kecepatan bola yang datang

- Pukul bola secara yakin dan tepat

 

Passing Atas

Teknik passing atas merupakan gerakan dalam bola voli yang dilakukan pemain di atas kepalanya dengan cara mendorong bola menggunakan kedua tangan. Adapun tujuan dari passing atas, yaitu mengumpan bola ke arah rekan setim untuk melakukan serangan.

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII, cara melakukan passing atas adalah sebagai berikut:

- Sikap badan sedikit jongkok dengan lutut agak ditekuk

- Condongkan badan sedikit ke depan dan tekuklah siku

- Bukalah jari-jari hingga membentuk lengkungan setengah bola. Posisikan ibu jari dan jari lain saling berdekatan hingga membentuk segitiga.

- Dorong bola dengan semua jari dan gerakan kedua tangan lurus

- Gunakan gerakan kaki sebagai dorongan tenaga

 

4 dari 4 halaman

Cara Melakukan Block Bola Voli

Block adalah salah satu gerak spesifik dalam permainan bola voli. Gerakan ini adalah teknik untuk bertahan yang dilakukan di atas net.

Berikut ini merupakan cara melakukan block pada permainan bola voli:

- Berdirilah di depan net, segeralah mengambil posisi block sebelum melakukan take off

- Sebelum melakukan gerakan take off, posisikan kedua tangan dalam keadaan sedikit ditekuk di depan badan dengan telapak tangan mengarah ke net

- Saat ingin melakukan take off, kedua kaki ditolakkan ke atas sampai lurus dan kedua lengan dijulurkan ke atas

- Saat bola datang, bukalah jari-jari tangan secara lebar dan kaku dengan posisi kedua telapak tangan saling  berdekatan

- Sesaat setelah memukul bola, segeralah mendarat dengan lengan diangkat ke belakang atas dengan cepat, guna menghindari tersentuhnya net dan mendarat dengan lentur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.