Sukses

Jadwal Lengkap Timnas Jepang di Piala Dunia 2022

Asia mengirim wakil terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia. Selain tuan rumah Qatar, turut berpartisipasi Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Asia mengirim wakil terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia. Selain tuan rumah Qatar, turut berpartisipasi Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia.

Salah satu kekuatan utama Asia adalah Jepang. Pada kualifikasi, Samurai Biru menduduki peringkat kedua fase akhir kualifikasi dengan perolehan 22 poin dari 10 laga. Jepang pun lolos bersama juara grup Arab Saudi.

Namun, perjalanan sulit menanti mereka di turnamen utama. Hasil undian fase grup Piala Dunia 2022 menempatkan mereka bersama dua raksasa Eropa, Spanyol dan Jerman, plus Kosta Rika di Grup E. Jerman dan Spanyol adalah lawan paling berat. Keduanya pernah membawa pulang trofi Piala Dunia.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, juga menyadari hal ini. Namun, dia tetap optimistis pasukannya mampu melewati rintangan tersebut.

“Melawan tim yang memiliki jejak dalam memenangkan Piala Dunia sangat berarti bagi kami. Karena kami ingin menghadapi yang terbaik di dunia,” ungkapnya dilansir World Football.

Piala Dunia Qatar akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Masih ada waktu bagi Samurai Biru untuk mempersiapkan diri menghadapi dua raksasa tersebut.

"Kami akan menganalisis lawan. Kami tak akan melihat mereka lebih baik dari kami. Kami akan tunjukkan kekuatan kami sendiri,” tegasMoriyasu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Piala Dunia

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi kompetisi ke-22 sejak pertama kali berlangsung pada tahun 1930 di Urugay. Ajang ini sempat absen karena Perang Dunia II pada tahun 1942 dan 1946. Piala Dunia digelar setiap empat tahun sekali. Belakangan muncul gagasan untuk mengubahnya menjadi dua tahun sekali.

Gagasan ini muncul dari Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal. FIFA mendukung ide tersebut dan berdiskusi dengan enam konfederasi. Namun, usulan Wenger mendapatkan respon negatif. Ada pihak yang tak setuju jika Piala Dunia diadakan dua tahun sekali. Hal ini dikarenakan dapat berdampak negatif bagi fisik pemain.

Di samping itu, proses kualifikasi perlu dilakukan secara bertahap dan memakan waktu yang panjang. Apalagi, Piala Dunia hanya diikuti 32 dari 211 negara di dunia. Perlu proses rumit untuk mencari tim nasional terbaik yang pantas maju ke turnamen utama.

FIFA menetapkan babak kualifikasi berdasarkan zona konfederasi, yakni UEFA (Eropa), CONMEBOL (Amerika Selatan), CONCACAF (Amerika Utara), CAF (Afrika), AFC (Asia), dan OFC (Oseania).Selanjutnya, 32 tim terbaik akan dibagi menjadi delapan grup mulai dari A sampai H.

Jepang jadi salah satu negara tersebut dan masuk Grup E. Berikut jadwam Tim Samurai: 

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup Lengkap Piala Dunia 2022

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Perancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Urugay, Korean Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Jepang di Piala Dunia

Rabu, 23 November 2022

Pukul 20:00 WIB: Jerman vs Jepang (Stadium Internasional Khalifa)

 

Minggu, 27 November 2022

Pukul 17:00 WIB: Jepang vs Kosta Rika (Stadium Al Rayyan)

 

Jumat, 2 Desember 2022

Pukul 02:00 WIB: Jepang vs Spanyol (Stadion Internastional Khalifa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.