Sukses

Resmi! Proliga 2023 Bakal Bergulir Mulai 5 Januari Tahun Depan

Kompetisi bola voli Proliga 2023 dipastikan bakal bergulir mulai 5 Januari hingga 19 Maret tahun depan dengan teknis layaknya sebelum pandemi. Perhelatan tersebut bakal berputar di beberapa kota dan boleh dihadiri penonton.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi Bola Voli Proliga 2023 telah dietatapkan bergulir mulai 5 Januari hingga 19 Maret 2023 mendatang. Kick-off perhelatan ini akan dihelat di Bandung dengan tuan rumah Bandung Bank BJB Tandamata yang menjadi juara putri edisi lalu.

Berbeda dari pelaksanaan Proliga di tahun-tahun sebelumnya, kompetisi voli kasta tertinggi Tanah Air musim ini akan dilangsungkan selama empat hari, mulai Kamis hingga Minggu setiap pekannya.

"Kalau dulu kita mulai tiap Jumat, sekarang tiap Kamis sampai Minggu," ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, usai memimpin pertemuan virtual dengan calon peserta Proliga 2023 pada Selasa (30/8/2022).

Menurut Hanny, pemilihan hari pelaksanaan kompetisi pada Kamis hingga Minggu didasari pada pertimbangan jadwal final yang dekat dengan Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Di samping itu, terdapat pula SEA Games Kamboja pada Mei tahun depan.

Lebih lanjut, Hanny menuruturkan, perbedaan lain Proliga musim 2023 juga terletak pada total uang pembinaan. Jika sebelumnya, dana yang digelontorkan hanya mencapai satu miliar, tahun ini jumlahnya bakal digandakan menjadi dua miliar.

“Kalau sebelumnya total uang pembinaan  Rp 1 miliar, sekarang kita naikkan 100 persen menjadi Rp 2 miliar,” tambah Hanny yang juga menjabat sebagai Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Peserta

Kompetisi bola voli yang telah memasuki tahun ke-21 pelaksanaan ini diperkirakan bakal diikuti oleh lima tim putri dan tujuh tim putra. Namun, tak menutup kemungkinan ada tambahan peserta lain yang masih ditunggu konfirmasinya.

“Diharapkan di bagian putri, masih ditunggu konfirmasi satu tim untuk ikut serta, dan di bagian putra dipastikan bertambah satu tim, Bhayangkara Polri,” kata Hanny dalam kesempatan yang sama.

Adapun kelima tim putri yang masih memiliki kontrak untuk ikut serta di kompetisi musim 2022 dan 2023 adalah Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Fastron, Bandung Bank bjb Tandamata, dan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

Sementara itu, tujuh tim putra yang juga terikat kesepakatan terdiri atas Jakarta Pertamina Pertamax, Bogor Lavani, Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Palembang Bank SumselBabel, dan Kudus Sukun Badak.

Sebagai informasi, peserta Proliga memang diwajibkan menandatangani kontrak untuk ikut kompetisi dua musim atau dua tahun. Jika mengundurkan diri dengan hanya mengikuti satu musim atau berhenti di tengah jalan, tim terkait bakal dikenakan denda sebesar Rp 1 miliar.

3 dari 3 halaman

Dihelat di Beberapa Kota

Kompetisi Proliga 2023 dipastikan bakal berlangsung dengan teknis layaknya sebelum pandemi. Perhelatan ini akan berputar di beberapa kota dan boleh dihadiri penonton.

“Kita mengikuti izin dari pemerintah, sudah diperbolehkan berlangsung di kota-kota dan ada penonton,” ujar Hanny terkait teknis pelaksanaan.

Seperti diketahui, pandemi COVID-19 membuat kompetisi musim 2022 lalu hanya berlangsung di satu tempat, yakni Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor. Sementara itu di musim 2021, Proliga justru ditiadakan.

Meski sudah memperobolehkan adanya penonton, perhelatan Proliga 2023 masih akan disiarkan secara langsung di beberapa stasiun televisi dan platform live streaming, yakni Moji TV, Vidio.com, dan Champions TV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.