Sukses

Atlet Para Badminton Mancanegara Kagum dengan Keindahan Candi Prambanan dan Berburu Buah Tangan di Malioboro

Para atlet dari 10 negara menjalani city tour setelah berlaga di FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022. Mereka diajak berkeliling kompleks Candi Prambanan, santap siang di Ramayana Resho hingga mencari buah tangah di kawasan Malioboro.

Liputan6.com, Yogyakarta - Usai bertanding selama lima hari penuh dalam ajang FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 yang berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta, para atlet dari 10 negara menjalani city tour pada Minggu (28/8). Mereka mengunjungi sejumlah tempat ikonik di Kota Gudeg.

Atlet para bulu tangkis diajak berkeliling kompleks Candi Prambanan. Santap siang di Ramayana Resto hingga mencari buah tangan di kawasan Malioboro.

Mereka tampak antusias menelusuri kompeks candi Hindu (Syaiwa) terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi itu. Para atlet kagum dengan keindahan Candi Prambanan dan tak ingin kehilangan momen dengan melakukan swafoto maupun foto bersama.

Ekspresi bahagia terlihat jelas terpancar dari wajah mereka. Hal serupa juga dilakukan para wasit luar negeri serta ofisial dari federasi bulu tangkis dunia.

Rombongan yang terbagi dalam beberapa grup ini mengitari kompleks candi didampingi oleh pemandu wisata yang menjelaskan mengenai sejarah maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik dari para atlet.

Puas menjelajahi candi selama kurang lebih dua jam, mereka santap siang di Ramayana Resto. Mereka sangat menikmati berbagai menu tradisional seperti mi goreng, soto, tahu bacem, tempe mendoan, dan lainnya. Tidak sedikit di antara mereka yang merasa ketagihan ketika menyantap sate ayam.

Setelah memanjakan lidah, seluruh atlet melanjutkan perjalanan ke Malioboro untuk berburu oleh-oleh. Meski tampak sedikit kebingungan memilih buah tangan, sebagian besar dari mereka akhirnya memutuskan membeli baju, tas, gantungan kunci, hingga beragam jenis bakpia untuk dibawa ke negaranya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen berharga

Atlet asal Australia Grant Manzoney mengatakan berlaga di FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 dan mengikuti rangkaian city tour menjadi momen berharga untuknya. Atlet yang turun di nomor tunggal putra WH 2, ganda putra, dan ganda campuran WH 1 - WH 2 tersebut sangat terkesan dengan keramahan masyarakat maupun keindahan alam Indonesia.

"FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 adalah turnamen yang baik, mungkin terbaik di antara turnamen-turnamen yang pernah saya ikuti," kata Grant.

"Saya sangat menikmati selama sepekan berada di Yogyakarta. Saya bertemu dengan orang-orang yang sangat ramah dan di sisi lain saya juga mendapatkan hasil yang cukup bagus di turnamen ini."

"Dalam perjalanan karier saya di para badminton, memang saya banyak berkunjung ke berbagai kota di dunia. Namun, turnamen ini menurut saya adalah pengalaman yang menarik. Banyak hal baru yang saya dapatkan, terutama dari segi budaya seperti di belakang saya ini (Candi Prambanan)," lanjut Grant.

Hal senada diungkapkan Hector Jesus Salva Tunque yang cukup terkejut melihat megahnya Candi Prambanan. Dengan menggunakan telepon seluler yang tak pernah lepas dari genggamannya, dia merekam beragam sudut candi.

"Ini candi yang indah sekali. Selain foto-foto dan video, saya juga mendapatkan penjelasan yang membuat saya cukup penasaran dengan kultur serta budaya Indonesia," tutur atlet yang datang dari Lima, Peru, ini.

"Saya berharap dapat kembali lagi bermain atau bahkan berlibur di Indonesia. Yang pasti, saya akan ke Solo untuk berlatih bulu tangkis dengan para atlet Indonesia," Hector, menambahkan.

Atlet yang turun pada nomor ganda, ganda campuran, dan ganda putra ini tidak lupa berterima kasih kepada para pebulu tangkis, pelatih Indonesia, dan NPC Indonesia karena telah memberikan banyak masukan untuk mendongkrak prestasinya. "Saya merasa bersyukur atas kesempatan bermain dan belajar bulu tangkis, begitu pun kultur serta budaya Indonesia," ucap Hector. 

3 dari 4 halaman

Di atas standr BWF

Para Badminton Manager Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Syahmi Sabron mengungkapkan penyelenggaraan FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 berjalan dengan baik serta lancar. Bahkan, di atas standar yang telah ditetapkan BWF.

Syahmi juga mengapresiasi penyelenggara yang mengusung konsep sport tourism dengan diadakannya city tour untuk para atlet. Menurutnya, rangkaian tersebut cukup penting agar atlet dapat menikmati waktu berkualitas selepas turnamen dan membawa pengalaman menarik ke negaranya masing-masing.

"Penyelenggaraan FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 melebihi standar yang kami sarankan. Turnamen ini boleh dijadikan contoh untuk pelaksanaan turnamen para badminton lainnya," kata Syahmi.

"Bagi saya, Indonesia seperti rumah untuk olahraga badminton. Dengan adanya city tour saya rasa juga sangat bagus agar atlet bisa mengetahui tempat ikonik di Yogyakarta."

"Atlet bukan hanya datang untuk bertanding saja, tapi bisa merasakan suasana yang berbeda di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Terima kasih kepada penyelenggara dan sponsor," pungkas Syahmi.

 

4 dari 4 halaman

Juara umum

FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 diselenggarakan selama lima hari dari 23 hingga 27 Agustus 2022 di GOR Among Rogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Turnamen Grade 2 Level 3 dalam kalender federasi bulu tangkis dunia (BWF) ini diikuti oleh 69 atlet yang terdiri dari 10 negara.

Skuad Merah Putih berhasil mempersembahkan 17 gelar juara dari 18 kategori yang dipertandingkan. Dengan demikian, Indonesia menjadi juara umum turnamen ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.