Sukses

Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Chou Tien Chen Comeback Dramatis, Jojo Gagal Melangkah ke Semifinal

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal mengamankan tiket ke babak semifinal. Pemain peringkat tujuh dunia itu tumbang oleh unggulan keempat asal China Taipei, Chou Tien Chen, lewat drama rubber game 21-14, 11-21, dan 20-22, dalam pertarungan fase delapan besar di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada Jumat (26/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie gagal merebut tempat di semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 usai takluk dari unggulan keempat asal China Taipei Chou Tien Chen dengan 21–14, 11–21, dan 20–22 dalam pertandingan babak delapan besar di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Jumat (26/8/2022).

Jonatan Christie sejatinya tampil dominan di awal game pertama. Perolehan poinnya tak sekali pun mampu dikejar oleh Chou Tien Chen. Pemain yang bertengger di peringkat tujuh dunia itu unggul dengan 11–6 saat interval set pembuka.

Chou Tien Chen mencoba memperkecil ketertinggalan selepas jeda. Ia melancarkan serangan bertubi-tubi ke area permainan Jojo, sehingga membuat kedua pemain hanya terpaut tiga angka di kedudukan 13–10.

Wakil Indonesia balas menebar ancaman ke kubu China Taipei. Namun, upayanya untuk mempertahankan keunggulan beberapa kali terganggu oleh kesalahan sendiri. Smash keras yang dilepaskan Chou Tien Chen juga kerap gagal diantisipasi oleh Jojo.

Memasuki poin-poin kritis, penggawa Tanah Air tampil lebih solid. Ia sanggup mengakhiri pertarungan di game pembuka lewat dropshot tajam ke sisi kanan bidang permainan lawan. Alhasil, Jojo unggul dengan 21–14 di set pertama.

Chou Tien Chen memberi perlawanan yang lebih alot di permulaan game kedua. Ia sempat memimpin dengan 3–1 atas Jonatan Christie. Tunggal putra Indonesia segera menyamakan kedudukan dan berbalik unggul.

Namun, Chou Tien Chen mampu mengambil alih kendali pasca kedudukan 4–4. Ia memanfaatkan unforced errors dari kubu Indonesia dan mengumpulkan lima angka berturut-turut yang membuatnya dominan 9–4.

Jojo berusaha memangkas selisih jarak jelang interval. Sayangnya, Chou Tien Chen terlampau tangguh. Pemain tunggal putra asal China Taipei masih memimpin cukup jauh dengan 11–6 di jeda game kedua.

Wakil Merah Putih sanggup mongleksi dua angka tambahan pasca interval. Namun, raihan positifnya terputus akibat pengembalian yang menyangkut di net.

Jojo terpaut makin jauh dari Chou di kedudukan 8–15. Ia gagal mencuri angka usai terlibat rally-rally panjang. Pengamatannya yang tidak akurat juga berkontribusi menambah torehan poin bagi lawan. Game kedua pun gagal diamankan setelah Jojo tunduk 11–21.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Penentu

Chou Tien Chen tampil makin percaya diri di set penentu. Ia sanggup mengambil dua angka pertama, yang membuat Jojo tertinggal 0–2. Tunggal putra Indonesia berkesempatan menyamakan skor menjadi 2–2.

Sayang situasi tersebut tak bertahan lama. Pemain China Tapei balas mengambil dua angka tambahan. Kedudukan kembali berubah menjadi 2–4 untuk keunggulan Chou Tien Chen.

Jojo tak mau menyerah. Ia mengumpulkan enam poin secara berturut-turut setelah sempat tertinggal 4–6. Namun, Chou Tien Chen juga kian ganas. Wakil China Taipei membuntuti perolehan angka penggawa Tanah Air dengan 11–9 di jeda set kedua.

Jonatan Christie terus berupaya menjaga jarak pasca interval. Ia mampu menciptakan selisih tujuh poin di kedudukan 17–10. Kendati demikian, Chou Tien Chen tak langsung ciut. Netting tipis yang dimainkan membuatnya hanya terpaut empat angka dari Jojo di kedudukan 18–14.

Jojo lebih dulu mendapat match point opportunity ketika Chou Tien Chen baru mencapai skor 15. Akan tetapi, lawan tunggal putra Indonesia sangat ulet. Ia sanggup mengumpulkan lima angka tambahan, sehingga terjadi deuce 20–20.

Keadaan berbalik. Chou Tien Chen unggul 21–20. Dengan dramatis, Jojo kehilangan satu angka. Ia pun harus merelakan tiket menuju babak semifinal.

3 dari 4 halaman

Wakil Lain

Indonesia menempatkan total empat wakilnya di babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Dua berasal dari sektor ganda putra, sedangkan dua lainnya bermain di nomor tunggal putra.

Sebelumnya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan telah merebut tiket ke babak semifinal. Fajar/Rian melenggang ke empat besar usai menaklukkan Ben Lane/Sean Vendy asal Inggris dengan straight game 21-11 dan 21-16.

Hasil serupa juga diraih Ahsan/Hendra kala menghadapi wakil India M.R. Arjun/Dhruv Kapila. The Daddies tampil solid dan mengakhiri permainan lewat keunggulan 21–8 dan 21–14 hanya dalam durasi waktu 29 menit.

Adapun Anthony Sinisuka Ginting bakal menjadi tunggal putra kedua yang melakoni laga perempat final BWF World Championships edisi ini. Pemain peringkat enam dunia harus meladeni unggulan pertama asal Denmark Viktor Axelsen demi merebut tempat ke babak semifinal.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan Hari ke-5

Lapangan 1:

Pertandingan 2: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs M. R. Arjun/Dhruv Kapila (India); 21–8, 21–14

Pertandingan 7: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen (Denmark)

 

Lapangan 2:

Pertandingan 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris); 21–11, 21–16

Pertandingan 5: Jonatan Christie vs Chou Tien Chen (China Taipei); 21–14, 11–21, 20–22

 

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.