Sukses

BWF World Championship 2022: Anthony Ginting Sempat Tegang di Laga Perdana

Anthony Ginting sempat tegang pada laga perdana BWF World Championship 2022. Kalah di gim pertama, tunggal putra Indonesia bangkit untuk mengalahkan Ygor Coelho dari Brasil.

Liputan6.com, Tokyo - Anthony Sinisuka Ginting melangkah ke babak 32 besar BWF World Championship 2022. Tunggal putra Indonesia itu mengalahkan Ygor Coelho asal Brasil dengan rubber game 13-21, 21-15, dan 21-12 dalam durasi 52 menit.

Meski menang, Anthony Ginting mengaku sempat tegang di awal-awal pertandingan. Ini yang membuat pebulu tangkis kelahiran Cimahi, 20 Oktober 1996, kehilangan gim pertama.

"Di gim pertama saya bermain cukup tegang, dari pergerakan kaki juga terlalu lambat jadi kurang bisa bermain dengan pola saya sendiri," kata Ginting usai pertandingan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Senin, 22 Agustus.

"Di gim kedua serta ketiga coba buat percepat tempo permainan, dan berhasil. Akhirnya permainan lebih bisa berkembang dan lebih bisa menikmati pertandingan juga lebih tenang. Puji Tuhan bisa menang," ucap atlet badminton peringkat enam dunia BWF itu.

Disinggung mengenai Coelho, Anthony Sinisuka Ginting tanpa segan memuji permainan lawannya itu. "Ygor adalah pemain yang bagus jadi tadi memang saya harus waspada," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jonatan Christie

Kemenangan Anthony Sinisuka Ginting diikuti tunggal putra Indonesia lainnya, Jonatan Christie. Dia mengatasi perlawanan pebulu tangkis Prancis Toma Junior Popovdua gim langsung 21-9 dan 21-11.

Pada pertemuan terakhir melawan Toma, Jojo menang dengan skor ketat 21-18, 16-21, dan 24-22 dalam durasi 79 menit di perempat final Swiss Open 2022. "Di pertemuan terakhir pertandingan sangat ketat, makanya tadi sudah mengira akan kembali ketat. Ttapi, memang hari ini saya sudah tahu harus bermain bagaimana melawan dia," katanya.

"Sebenarnya yang mengagetkan adalah kondisi lapangan yang berubah anginnya. Sedikit lebih kencang dari kemarin. Dengan kondisi lapangan yang berbeda kan harus berbeda juga strateginya. Dan mungkin tadi saya unggul di faktor itu. Selain itu, serangan saya hari ini cukup ok," imbuhnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Chico dan Tommy terhenti

Sayang, kemenangan Anthony Ginting dan Jonatan Christie gagal diikuti dua rekan lainnya. Chico Aura Dwi Wardoyo dan Tommy Sugiarto kandas oleh lawan-lawannya.

Chico belum berhasil revans atas Ng Tze Yong asal Malaysia. Dia kalah 16-21, 10-21. "Hari ini memang lawan bermain sangat baik sementara saya bermain kurang tenang dan mudah mati sendiri," kata Chico.

"Tidak ada tegang walau ini Kejuaraan Dunia pertama saya. Tetapi, memang saya tidak bisa mengeluarkan permainan terbaik saya. Terutama di gim kedua, saya kurang enak mainnya."

Chico memang terus tertekan sepanjang pertandingan, terutama di gim kedua saat ia tertinggal poin jauh 2-11. Walau sudah berupaya mengejar, Chico akhirnya harus mengakui keunggulan sang lawan.

"Kondisi lapangan dibanding uji coba kemarin, menang dan kalah anginnya lebih terasa. Tapi, itu bukan alasan juga karena lawan pasti merasakan hal yang sama. Ke depan saya ingin perbaiki pola permainan dan how to play nya juga kalau sudah di lapangan. Ketenangan juga harus lebih lagi," ujar Chico.

Nasib serupa dialami Tommy Sugiarto. Tommy dikalahkan Kunlavut Vitidsarn unggulan 16 asal Thailand, 17-21 dan 10-21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.