Sukses

Hasil BRI Liga 1: Penalti Menit Akhir Pato Bikin Persebaya Kalah di Kandang Borneo

Liputan6.com, Jakarta-- Borneo FC melanjutkan tren positif di awal musim BRI Liga 1 2022/2023. Pesut Etam kali ini menang 2-1 atas tamunya Persebaya Surabaya berkat eksekusi penati Matheus Pato di menit akhir, Jumat (19/8/2022) sore WIB.

Kemenangan ini membuat Borneo FC memuncaki klasemen BRI Liga 1 2022/2023. Borneo FC mengoleksi 12 poin dari lima pertandingan. Persebaya terpuruk di posisi 13 dengan empat poin.

Bertanding di Stadion Segiri, Samarinda, Persebaya berani keluar menyerang di menit awal. Peluang emas pertama di laga ini didapat Persebaya melalui Silvio Junior. Sepakannya masih meleset tipis di atas gawang.

Peluang emas kembali didapat Persebaya di menit 26 ketika tendangan bebas yang dilepaskan oleh Leo Lelis masih bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Borneo FC Dwi Kus.

Silvio kembali membuang peluang untuk membawa Persebaya ungul di akhir babak pertama. Tendangan keras kaki kiri yang dilepaskannya masih melebar dari gawang Borneo Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Persebaya Surabaya melakukan perubahan di babak kedua Marselino Ferdinan dan Ahmad Nufiandani dimasukkan pelatih Aji Santoso guna menambah daya gedor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Drama

Dua peluang bagus didapat Persebaya di awal babak kedua lewat Leo dan Dani. Sayangnya penyelesaian akhir Persebaya buruk sehingga gol tak tercipta.

Borneo justru bisa unggul lebih dulu pada menit 63. Pato berhasil memperdaya kiper Persebaya Satria Tama. Borneo 1, Persebaya 0.

Persebaya merespons dengan sangat baik. Empat menit berselang, papan skor sudah imbang 1-1. Silvio kali ini berhasil mencetak gol lewat tendangan menyusur tanah.

Silvio seharusnya bisa membuat Persebaya berbalik unggul di menit 83. Umpan manis Marselino membuat Silvio berhadapan dengan kiper Borneo. Sayangnya tendangan Silvio masih melebar tipis.

Kegagalan ini harus dibayar mahal. Borneo mendapat hadiah penalti di menit 88 akibat pelanggaran yang dilakukan Catur di kotak penalti. Pato yang menjadi algojo sukses mencetak gol keduanya dan memastikan kemenangan 2-1 Borneo FC.

3 dari 3 halaman

Klasemen

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS